Generasi Bahasa Pemrograman

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada artikel ini, kita akan belajar tentang berbagai generasi pemrograman komputer dan kelebihannya. Diserahkan oleh Prerana Jain, pada 26 Juni 2018 Generasi bahasa pemrograman Bahasa pemrograman telah dikembangkan sepanjang tahun secara bertahap.

    Setiap fase yang dikembangkan telah membuat bahasa pemrograman lebih ramah pengguna, lebih mudah digunakan dan lebih kuat. Setiap fase peningkatan yang dilakukan dalam pengembangan bahasa pemrograman dapat disebut sebagai generasi. Bahasa pemrograman dalam hal keandalan dan ketahanan kinerja mereka dapat dikelompokkan ke dalam lima generasi yang berbeda,

    • Bahasa generasi pertama (1GL)
    • Bahasa generasi kedua (2GL)
    • Bahasa generasi ketiga (3GL)
    • Bahasa generasi keempat (4GL)
    • Bahasa generasi kelima (5GL)

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru 

    1. Bahasa Generasi Pertama (Bahasa Mesin)

    Bahasa pemrograman generasi pertama juga disebut bahasa pemrograman tingkat rendah karena mereka digunakan untuk memprogram sistem komputer pada tingkat abstraksi yang sangat rendah yaitu di level mesin. Bahasa mesin juga disebut sebagai bahasa asli dari sistem komputer adalah bahasa pemrograman generasi pertama.

    Dalam bahasa mesin, seorang programmer hanya berurusan dengan angka biner. Keuntungan bahasa generasi pertama Mereka adalah terjemahan gratis dan dapat langsung dieksekusi oleh komputer. Program yang ditulis dalam bahasa ini dijalankan dengan sangat cepat dan efisien oleh CPU dari sistem komputer.   Program-program yang ditulis dalam bahasa-bahasa ini menggunakan memori secara efisien karena memungkinkan untuk melacak setiap bit data.

    1. Bahasa Generasi Kedua (Bahasa Majelis)

    Bahasa pemrograman generasi kedua juga termasuk dalam kategori bahasa pemrograman tingkat rendah. Bahasa generasi kedua terdiri dari bahasa rakitan yang menggunakan konsep mnemonik untuk program penulisan. Dalam bahasa assembly, nama simbolik digunakan untuk mewakili opcode dan bagian operan dari instruksi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardika

    Keuntungan bahasa generasi kedua Sangat mudah untuk mengembangkan memahami dan memodifikasi program yang dikembangkan dalam bahasa-bahasa ini dibandingkan dengan yang dikembangkan dalam bahasa pemrograman generasi pertama. Program-program yang ditulis dalam bahasa-bahasa ini tidak terlalu rentan terhadap kesalahan dan karenanya dapat dipertahankan dengan kasus yang bagus.

    1. Bahasa Generasi Ketiga (Bahasa Tingkat Tinggi)

    Bahasa pemrograman generasi ketiga dirancang untuk mengatasi berbagai keterbatasan bahasa pemrograman generasi pertama dan kedua. Bahasa generasi ketiga dan selanjutnya dianggap sebagai bahasa tingkat tinggi karena memungkinkan pemrogram untuk berkonsentrasi hanya pada logika program tanpa mempertimbangkan arsitektur internal sistem komputer.

    Keuntungan bahasa pemrograman generasi ketiga Sangat mudah untuk mengembangkan, mempelajari dan memahami program. Karena program yang ditulis dalam bahasa-bahasa ini kurang rentan terhadap kesalahan, mereka mudah dipelihara. Program yang ditulis dalam bahasa-bahasa ini dapat dikembangkan dalam waktu yang sangat sedikit dibandingkan dengan bahasa generasi pertama dan kedua.

    Contoh: FORTRAN, ALGOL, COBOL, C ++, C

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Bahasa generasi keempat (Bahasa Tingkat Tinggi)

    Bahasa-bahasa generasi ini dianggap sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang membutuhkan banyak waktu dan upaya yang memengaruhi produktivitas seorang programmer. Bahasa pemrograman generasi keempat dirancang dan dikembangkan untuk mengurangi waktu, biaya, dan upaya yang diperlukan untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi perangkat lunak.

    Keuntungan bahasa generasi keempat Bahasa pemrograman ini memungkinkan penggunaan data secara efisien dengan menerapkan berbagai basis data. Mereka membutuhkan lebih sedikit waktu, biaya, dan upaya untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi perangkat lunak. Program yang dikembangkan dalam bahasa ini sangat portabel dibandingkan dengan program yang dikembangkan dalam bahasa generasi lain. Contoh: SOL, CSS, coldfusion

    1. Bahasa generasi kelima (Bahasa Kecerdasan Buatan)

    Bahasa pemrograman generasi ini terutama berfokus pada pemrograman kendala. Bidang utama di mana bahasa pemrograman generasi kelima digunakan adalah Kecerdasan Buatan dan Jaringan Syaraf Tiruan Keuntungan bahasa generasi kelima Bahasa-bahasa ini dapat digunakan untuk query database secara cepat dan efisien. Dalam generasi bahasa ini, pengguna dapat berkomunikasi dengan sistem komputer secara sederhana dan mudah. Contoh: merkuri, prolog, OPS5.(Fykral)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Generasi Bahasa Pemrograman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar