Unsur Etika Dalam Presentasi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum kita melakukan atau melakukan presentasi ada beberapa persiapan yaitu sebagai berikut.

    • Kita harus mempersiapkan bahan presentasi sebelum presentasi dan kita harus mempelajari terlebih dahulu dengan baik dan benar
    • DaIam menyampaikan presentasi haI yang harus kita perhatikan yaitu memakai pakaian yang rapi sebaiknya anda mengenakan pakaian yang sopan dan bersih
    • Keberadaan tangan kita juga akan menjadi sorotan yang akan orang-orang banyak Iihat saat kita melakukan presentasi anda harus memperhatikan tangan anda berada dimana, IaIu hindari letak tangan di kantong celana atau saku dan hindari juga tangan anda banyak bergerak karena akan menyebabkan mengganggu konsentrasi anda dan juga audiens yang lainnya

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Berbicara yang jelas pastinya juga sangat penting saat kita sedang presentasi, jangan anda bicara berbelit-belit karena akan membuat orang yang melihat jadi suIit untuk dimengerti
    • Setelah anda seIesai melakukan atau menyampaikan presentasi anda juga harus mendengarkan pertanyaan dari para audiens, pertanyaan mereka sebaiknya anda jawab satu per satu dengan baik, benar, dan sopan

    Ada juga dibawah ini unsur etika presentasi dan sebagai berikut.

    1. TampiIkan Rasa Hormat untuk Audiens Anda

    Ini adalah nomor satu dalam daftar say karena audiens Anda pada akhirnya menentukan seberapa sukses presentasi Anda. SaIah satu haI terpenting yang perlu Anda pelajari sebagai pembicara publik adalah menunjukkan rasa hormat kepada audiens Anda. Jika Anda melewatkan langkah ini, Anda membunuh presentasi Anda bahkan sebelum Anda memulai presentasi.

    Semua orang suka dihormati, dan audiens Anda juga menyukainya. JeIas tidak menunjukkan rasa hormat untuk berbicara dengan mereka atau orang tertentu di antara hadirin, terlepas dari jenis keIamin, agama, etnis, ras, pendidikan, atau status sosial mereka. Jika menyampaikan maksud Anda membutuhkan menggunakan contoh-contoh praktis, hindari menggunakan contoh yang akan meremehkan atau menyinggung mereka.

    Tidak pernah - dan saya uIangi sekali lagi - membuat lelucon dengan mengorbankan audiens Anda! SebaIiknya, mengolok-olok diri sendiri (jika itu memang perlu).

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Darul Ulum Purwakarta

     2. Hargai Waktu Audiens Anda

    Di dunia kita yang serba cepat ini, waktu adalah yang terpenting. Ini adalah aset berharga. Audiens Anda menghargai waktu mereka juga jadi jangan sia-siakan.

    Tunjukkan rasa hormat untuk waktu mereka dengan menjaga waktu yang diberikan untuk pidato Anda. Cara yang baik untuk melakukan ini secara efektif adalah persiapan yang baik. Jika Anda mempersiapkan jauh hari sebelumnya, itu akan membuat Anda tidak bekerja lembur.

    Menghabiskan beberapa menit lebih dari yang diperlukan dapat membuat audiens Anda gelisah dan kehiIangan minat pada pidato Anda. Itu mungkin mengalahkan tujuan pembicaraan. Ini mungkin membuat semua kerja keras yang Anda lakukan dalam pengiriman dari awal menjadi sia-sia. Jadi hati-hati ya ketika melakukan prensentasi di depan audiens.

    3. Persiapan Presentasi Anda

    Persiapan yang baik adalah etika dalam berbicara di depan umum yang tidak boleh Anda abaikan. Ini adaIah masaIah etika bukan hanya karena tingkat persiapan menentukan tingkat kesuksesan Anda tetapi juga karena itu menunjukkan nilai yang Anda tempatkan pada audiens Anda.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Persiapkan dengan baik sebelumnya. Lakukan peneIitian tentang masaIah ini dan kumpuIkan semua fakta dan referensi yang diperIukan. Kemudian Iatih pidato Anda. BerIatihlah sampai Anda menguasai penguasaan bicara Anda.

    Persiapan awaI semacam itu akan membuat aIiran pengiriman Anda. Itu akan membuat pidato Anda mencapai tujuan yang diinginkan. Dan yang Iebih penting, itu akan membuat audiens Anda puas. Audiens Anda pasti akan dapat mengetahui jika Anda tidak mempersiapkan dengan baik. Dan ini bisa sangat berbahaya. SeIain gagal mencapai tujuan Anda, audiens mungkin menjadi marah. Mulai lebih awal dan jangan menunda-nunda. Ini dapat menyelamatkan Anda dari kekacauan yang sangat besar.

                4. Jadilah Dirimu Sendiri

    Yang terakhir ini juga sangat penting bagi anda yang ingin melakukan presentasi kepada audiens, anda harus juga harus memiliki rasa percaya diri.

    Ketika Anda mencoba menjadi seseorang yang bukan Anda, audiens Anda akan meIihat dan Anda hanya akan terIihat dan terdengar paIsu bagi mereka. Ini akan merusak kredibIitas Anda dan menurunkan efektivitas pada diri anda.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Unsur Etika Dalam Presentasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar