Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ilmu ekonomi adalah program studi yang bertajuk perilaku individu serta masyarakat tentang membuat pilihan apakah mereka pilihan yang berkaitan dengan uang atau pilihan yang tidak berkaitan dengan uang. 

    Selain itu menggunakan beberapa sumber daya terbatas melalui beberapa pilihan alternative yang terbaik untuk menghasilkan sesuatu seperti jasa ataupun barang sebagai satu bentuk pemenuhan kebutuhan beberapa manusia yang mungkin jumlahnya relatif banyak dan bisa saja tidak terbatas. Jasa dan barang yang kita hasilkan nantinya akan dikirim kembali ke kebutuhan di masa saat ini dan masa depan baik oleh individual maupun beberapa kelompok di masyarakat.

    Menurut tokoh ekonomi yakni Adam Smith, Ekonomi itu adalah suatu penelitian yang berkaitan dengan kondisi juga sebab munculnya kekayaan suatu Negara. Tokoh itu adalah satu tokoh politik penting juga tokoh ekonomi dimana ia telah mencetuskan sistem ekonomi kapitalis saat abad ke-18 sampai ke-19 pada benua eropa bagian barat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Sejarah Ilmu Ekonomi

    Tokoh yang pertama kali yang mengembangkan ilmu ekonomi adalah bapak Adam Smith pada kurang lebih abad 18 M. Adam Smith awalnya hanya mencari pengetahuan tentang sejarah-sejarah perkembangan suatu Negara di benua Eropa yang pada akhirnya menghasilkan beberapa tokoh pemikir seperti Karl Marx, Edmund Phelps, Alfred Marshall, dan juga J.M Keynes sebagai orang yang meraih nobel di dalam bidang ekonomi pada tahun 2006 silam.

    Awalnya perkembangan ekonomi ini bermula dari adanya aliran classic yang mengemukakan pendapat bahwa adanya invisible hand dalam mengatur berbagai macam pembagian sumber daya. Karena hal itu, peran pemerintah pun sangat terbatas. Pada tahun 1930-an aliran tersebut mengalami kegagalan besar dan kemudian disempurnakan kembali oleh salah satu tokoh pemikir yaitu J. M. Keynes. Ia berkata bahwa, tidak selamanya pasar bisa menciptakan keseimbangan, oleh karena itu intervensi pemerintah sangat dibutuhkan untuk mengatur skema distribusi sumber daya supaya bisa sesuai dengan sasaran.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Syaikhona Kholil Sidogiri Pasuruan

    Akhirnya Kedua aliran tersebut saling bersaing satu dengan yang lain dalam mengembangkan ilmu ekonomi dan sangat banyak menciptakan aliran ekonomi yang baru sama halnya seperti monetarist, new Keynesian, neo klasik, juga lainnya. Selain dari itu, tumbuh juga beberapa aliran baru tentang teori pertentangan mengenai kelas yang dikembangkan oleh Friedrich Engels dan Karl Marx juga aliran-aliran institusional dipelopori oleh Douglass C. dan Thorstein Veblen.

    Ruang Lingkup dari Ilmu Ekonomi

    Ruang lingkup dari ilmu ekonomi adalah ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro yang memudahkan seseorang untuk mempelajari ilmu ekonomi. Kedua ruang lingkup itu juga mempunyai suatu batasan-batasan tertentu yang mempunyai beberapa asumsi yang lebih jelas.

    1. Ekonomi Makro

    Ekonomi makro ini merupakan cabang ilmu dari ekonomi yang mempelajari khusus tentang mekanisme jalan nya sebuah perekonomian masyarakat yang bisa dianggap sebagai suatu keseluruhan dimana saling berkaitan dengan bermacam penggunaan faktor-faktor dari produksi yang sudah disediakan secara efisien sehingga memungkinkan kita dapat mewujudkan kemakmuran masyarakat secara lebih maksimal.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Inti dari pembelajaran mengenai ilmu ekonomi dari ekonomi makro adalah supaya kita dapat menganalisis tingkat dari kegiatan perekonomian yang bisa dinilai dari tingkat pendapatan. Oleh sebab itu ilmu ekonomi makro senantiasa selalu dikenal sebagai sebutan teori pendapatan.

    2. Ekonomi Mikro

    Ekonomi mikro ini merupakan cabang ilmu dari ekonomi yang mempelajari khusus tentang bagian kecil dari ekonomi tersebut, baik itu dimulai dari aspek individual sampai juga dengan keseluruhan dalam kegiatan perekonomian.

    Analisa yang kita gunakan dalam teori ekonomi mikro ini diantaranya adalah mengenai perilaku seorang pembeli atau sering juga kita disebut dengan sebutan konsumen serta perilaku seorang produsen yang secara individual. Inti dari pembelajaran mengenai ekonomi mikro adalah tentang permasalahan harga sesuatu jasa atau barang sehingga dari ekonomi mikro senantiasa selalu dikenal dengan teori harga.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar