Interaksi Antar Komponen Biotik Netralisme

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Interaksi biotik adalah hubungan yang saling berpengaruh terhadap satu sama lainnya. Di habitatnya, setiap unsur biotik mempunyai peranan masing-masing untuk menyambung kehidupan makhluk hidup satu sama lain.

    Interaksi tersebut, bukan hanya berupa hubungan memakan atau dimakan seperti produsen konsumen. Namun, hal ini juga terjadi pada komunitas lainnya. Berikut jenis interaksi yang dilakukan saat berhubungan satu sama lain. Interaksi antar organisme, interaksi sederhana dengan dilanjutkan interaksi antar komunitas, dan interaksi antar kelompok. Peran interaksi biotik disini sangat penting terhadap jumlah organisme alam. Hal ini terus berjalan seiringnya waktu ke waktu.

    • Interaksi antar komunitas

    Komunitas merupakan sekelompok organisme yang hidup dan saling berinteraksi di dalam suatu populasi tertentu. Contohnya yaitu komunitas hutan bakau, yang di dalamnya terdapat komunitas yang hidup di hutan bakau di daerah pantai. Hubungan sesama makhluk hidup dalam suatu populasi ada hubungan erat dan ada hubungan kurang erat. Hubungan antar sesama organisme dibagi menjadi beberapa kelompok, sebagai berikut :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Antagonisme

    Antagonisme merupakan 2 jenis makhluk hidup, dimana makhluk hidup yang satu merugikan makhluk hidup yang lainnya. Interaksi antar makhluk hidup yang termasuk antagonism sebagai berikut:

    1. Kompetisi (persaingan)
      Kompetisi (persaingan) yang bisa terjadi kapanpun, antar organisme makhluk hidup yang dapat menimbulkan perselisihan sehingga terjadi perpecahan. Persaingan tersebut terbagi menjadi 2 kategori yaitu kompetisi intra spesifik yang berarti persaingan antar organisme dalam satu spesies yang sama. Sedangkan, kompetisi antar spesifik yakni persaingan antar organisme yang berbeda jenis.
    2.  Amensalisme
      Amensalisme merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari dua organisme atau lebih yang hidup bersama di daerah tertentu dengan salah satu jenis akan terpengaruh oleh keberadaan makhluk hidup lainnya.
    3. Parasitisme
      Parasitisme adalah hubungan organisme yang hidup secara berkelompok, tetapi hanya menguntungkan satu pihak saja. Yaitu dengan cara mengambil makanan yang dilakukan oleh suatu organisme terhadap organisme lainnya. Organisme tersebut hidup sebagai parasite di induk inang.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yadika Bangil

    1. Predasi atau predatorisme
      Predasi atau predatorisme ialah suatu serangan yang dilakukan oleh organisme secara langsung dan diberikan kepada satu organisme terhadap organisme lain. Hal ini sangat erat dikarenakannya tanpa ada mangsa maka predator bias mati, dalam rantai makanan predator mendapati posisi sebagai konsumen sekunder
    2. Antibiosis dan alelopati
      Antibiosis adalah penghambatan perkembangan suatu populasi yang diakibatkan oleh adanya pembentukan (pengeluaran) zat beracun oleh organisme lain. Hubungan antibiosis, hubungan yang terjadi antar makhluk hidup. Jika satu diantaranya mengeluarkan zat kimia yang mampu merusak atau bahkan membunuh makhluk hidup lainnya. Hal ini diakibatkan oleh adanya penghambatan, sehingga makhluk hidup lain tidak bisa memperoleh makanan dengan baik. Inilah penyebab perkembangan organisme menajdi lambat.
    1. Protagonisme

    Protagonisme yaitu bentuk hubungan antar dua organisme dengan yang lain saling menguntungkan dan saling membantu tanpa ada kerugian terhadap organisme lain. Berikut beberapa aspeknya:

    • Mutualisme
      Mutualisme merupakan hubungan timbal balik yang saling menguntukan.
    • Komensalisme
      Komensalisme adalah kondisi dimana sutau populasi yang bermacam-macam hidup bersama dengan jenis makanan yang sama tanpa adanya pengaruh satu sama lain.
    • Protokooperasi
      Protokooperasi ialah hubungan yang terjadi antar organisme satu yang memperoleh keuntungan dengan adanya asosiasi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau 

    1. Netral

    Suatu hubungan yang tidak berpihak (tidak ikut atau tidak membantu salah satu pihak). Hubungan antar organisme yang saling tidak mengganggu. Berikut jenis interaksi antar komponen yaitu:

    • Predasi

    Interaksi serangan yang menghancurkan secara langsung satu organisme terhadap organisme lainnya. Seperti serangan sesama spesies maupun serangan dengan spesies yang berbeda.

    • Simbiosis

    Simbiosis adalah keadaan makhluk hidup dengan eratnya hidup Bersama. Dengan jenis yang berbeda, keadaan ini menguntungkan pembentuk dua jenis zat yang dapat bersama di lingkungan yang serupa.(Manda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Interaksi Antar Komponen Biotik Netralisme
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar