Tata Nama Senyawa Hidrokarbon

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Hidrokarbon atau senyawa hidrokarbon merupakan senyawa yang tersusun dari atom unsur C (karbon) dan H (Hidrogen). Berdasarkan jenisnya senyawa karbon dapat di dibedakan menjadi 2 yaitu senyawa hidrokarbon yang jenuh dan yang tidak jenuh, pada hidrokarbon yang jenuh terdapat ikatan kovalen yang tunggal dan di hidrokarbon yang tidak jenuh satu atau lebih ikatan rangkap. Hidro karbon di bentuk menjadi 3 bagian yaitu :

    1. Hidrokarbon yang terbuka (Hidrokarbon alifatik) dengan memiliki 2 ikatan (jenuh, dan tidak jenuh).
    2. Hidrokarbon rantai yang tertutup atau biasa di sebut hidrokarbon alisiklik
    3. Hidrokarbon dimana ikatannya berbentuk lingkaran dengan ikatan konjungsi (Hidrokarbon aromatik)

    Di bawah ini merupakan tata nama senyawa Hidrokarbon Alifatik

    Alkana, merupakan senyawa yang dimana sifat dan rumus nya memiliki kemiripan yang sama. Rumus dari Alkana CnH2n+2. Penamaannya sesuai dengan apa yang ada di bawah Berikut merupakan nama dan juga rumus molekul.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Metana            = CH4
    2. Etanan             = C2H6
    3. Propana           = C3H8
    4. Butana             = C4H10
    5. Pentana           = C5H12
    6. Heksana          = C6H14
    7. Heptana           = C7H16
    8. Oktana            = C8H18
    9. Nonana            = C9H20
    10. Dekana            = C10H22

    Alkena merupakan senyawa hidrokarbon yang tak jenuh memiliki ikatan 2 rangkap. Umumnya Alkena memiliki rumus yaitu CnH2n. penamaan pada Alkena cukup simple tinggal di ubah huruf nya contohnya seperti Alkana (metana) kalau di jadikan rumus Alkena penamaan nya menjadi metena.

    Alkuna merupakan senyawa hidrokarbon yang tak jenuh memiliki ikatan 3 rangkap. Rumus umum yang di gunakan pada alkuna yaitu CnH2n – 2. Penamaan yang di berikan pada Alkuna adalah dengan nama rantai yang diberikan pada alkena dengan jumlah C . Sehingga dengan begitu penamaannya kata ena di change menjadi una conoth nya seperti etena menjadi etuna. Nah penamaannya cukup mudah bukan, hanya bermain pada ana – ena – una jadi jika ingin menghafal namanya cukup mudah.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi

    Contoh senyawa pada Hidrokarbon

    Plastik merupakan salah satu senyawa pada Hidrokarbon, plastik ini terbentuk atau terbuat dari Petrokimia dan petrokimia ini hanya memiliki hidrokarbon kimia yang berbeda.

    Gas alam dan bahan bakar, gas alam tentunya mengandung hidrokarbon dan bahan bakar juga termasuk senyawa dari Hidrokarbon.

    Parafin yaitu lilin / pengawet / keperluan medis yang mengandung hidrokarbon

    Isopropyl alkohol, tentunya Isopropyl alkohol ini memiliki atau mengandung hidrokarbon dan terkait pada atom karbon lanjut.

    Asphalt tentunya kalian tidak asing lagi dengan nama ini ?? asphalt ini yang ada pada jalanan dan asphalt ini mengandung sebuah zat, zat ini umumnya digunakan harus di panaskan terlebih dahulu agar terbentuk tar substansi. Lalu akan di campurkan dengan zat-zat yang lainnya untuk membentuk seperti semen namun keras yang biasa di sebut dengan asphalt ( alas jalan ).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Manfaat dari senyawa Hidrokarbon

    1. Manfaat nya sebagai bahan bakar, dari dulu hingga sekarang masih belum ada yang bisa menggantikan bahan bakar. Contoh nya seperti minyak bumi, minyak bumi mengandung hidrokarbon jenuh. Minyak bumi sekarang di olah sehingga menjadi bahan bakar, bensin, solar dan yang lainnya.
    2. Manfaatnya sebagai bahan makanan, nah perlu kalian ketahui bahwa karbon hidrat jenis dari hidrokarbon.
    3. Manfaatnya sebagai bahan pakaian, umumnya seragam yang terbuat dari benang / bahan yang sintetis memiliki harga yang jauh terjangkau. Namun serat ini masih kalah lembut dengan serat katun dan sutra.
    4. Manfaat nya sebagai peralatan rumah tangga, contoh nya seperti kursi, meja, piring, sendok dan lainnya yang sering di gunakan alat rumah tangga.

    Nahh dari sekian banyak ya, ternyata manfaat dari Hidrokarbon berdampak begitu besar bagi kehidupan kita sehari hari.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tata Nama Senyawa Hidrokarbon
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar