Pengertian Virus, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Fungsinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Virus memiliki arti racun dalam Bahasa latin. Virus merupakan suatu parasit yang berukuran super kecil yang dapat mengganggu pertumbuhan suatu sel organisme pada makhluk hidup. Virus termasuk salah satu parasit karena hidupnya bergantung dan dapat merugikan makhluk hidup lainnya yang memiliki ukuran tidak terlihat dengan mata.

    Menurut para ahli, virus ini dapat dikatakan sebagai makhluk hidup dan juga dapat dikatakan sebagai suatu benda yang mati. Virus dapat dikatakan sebagai makhluk hidup karena dapat berkembang biak. Dan dapat juga dikatakan sebagai benda mati karena dapat dikristalkan atau dibekukan. Hal ini membuat virus masih menjadi perdebatan beberapa ilmuwan.

    Berikut ini adalah para ilmuwan yang menemukan virus yaitu :

    • Pada tahun 1892, D. Iwanoski menemukan virus yang ada pada tumbuhan tembakau.
    • Pada tahun 1898, Frooch dan Loffren menemukan virus yang menjadi penyebab penyakit pada kaki dan mulut kemudian berhasil memisahkan virus tersebut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Pada tahun 1900, Reed juga menemukan virus yang menjadi penyebab penyakit kuning.
    • Pada tahun 1917, Twort dan Herelle menemukan Bakteriofag yang merupakan virus yag dapat menyerang bakteri.
    • Dan pada tahun 1935, Wendell M. Stanley telah berhasil mengkristalkan virus yang ada pada tumbuhan tembakau.
    1. Ciri- ciri virus

    Virus memiliki ciri-ciri yang berukuran sangat kecil (mikroskopis), dapat berbentuk bulat, kumparan, bahkan oval. Ciri-ciri virus lainnya yaitu dapat dikristalkan atau dibekukan, dapat merugikan makhluk hidup lainnya karena dia hidup di dalam sel makhluk hidup tersebut.  Virus juga memiliki asam nukleat yang terselubung dengan protein.

    1. Jenis-jenis virus

    Jenis virus dapat dibedakan menjadi 3 bagian antara lain jenis virus yang berdasarkan International Comitte On Taxonomy Viruses atau disingkatkan dengan ICTV, jenis virus yang berdasarkan asam nukleat, dan jenis virus yang berdasarkan inangnya.

    • Jenis virus yang berdasarkan International Comitte On Taxonomy Viruses dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu Ordo, Famili, Genus, dan Spesies.
    • Jenis virus yang berdasarkan asam nukleat dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu virus RNA dan virus DNA.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbankan Indonesia 

    • Virus RNA merupakan virus yang memiliki materi genetik asam nukleat yang berantai tunggal ataupun berantai ganda tetapi saling berpilin. Contoh virus RNA ini adalah virus yang menyebabkan rabies seperti penyakit kuning, virus influenza, demam berdarah, HIV AIDS, virus rubella, dan lain sebagainya.
    • Virus DNA merupakan virus yang memiliki materi genetik asam nukleat yang berantai ganda dan saling berpilin. Contoh virus DNA ini adalah virus yang menyebabkan cacar seperti cacar pada sapi, cacar air, roseola, herpes simpleks I, herpes simpleks II, dan lain sebagainya.
    • Jenis virus yang berdasarkan inangnya dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu virus pada hewan, virus pada tumbuhan, bakteriofag, dan virus mikroorganisme eukariot.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau 

    • Virus pada hewan merupakan virus yang dapat hidup dalam sel pada hewan ataupun dalam sel pada manusia. Contohnya rabies pada hewan peliharaan yang dapat menyerang atau tertular ke pemiliknya.
    • Virus pada tumbuhan merupakan virus yang dapat hidup dalam tumbuhan. Contohnya virus yang ada pada tumbuhan tembakau.
    • Bakteriofag merupakan virus yang dapat hidup pada suatu bakteri. Contohnya virus t4 yang menyerang bakteri Escherichia coli.
    • Dan virus mikroorganisme eukariot merupakan virus yang dapat hidup di dalam organisme eukariot. Contohnya virus yang dapat menyerang suatu jamur.
    1. Fungsi dari virus

    Selain memberikan penyakit pada makhluk, ternyata virus juga dapat digunakan untuk keperluan dalam dunia medis. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari virus bagi makhluk hidup :

    • Untuk vaksinisasi atau antibodi
    • Dapat melemahkan bakteri
    • Serta dapat dibuat sebagai anti-toksin.(Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Virus, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Fungsinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar