Definisi Tipe Data, Basis Data dan Fungsinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Type data dapat di artikan sebagai 2 kata yang berbeda, kata type yaitu sesuatu mempresentasikan jenis atau model. Sedangkan kata data yaitu bahan atau komponen atau juga hasil dari suatu proses pengolahan, benda, digital, files (music, video, gambar, dll).

    Type data merupakan sebuah kelompok yang mempunyai jenis – jenis tertentu. Dengan demikian, kata lain dari type data ini adalah sebuah cara yang digunakan untuk menentukan jenis – jenis pada suatu data tersebut atau biasa disebut dengan deklarasi variable. Dalam bahasa pemrograman memiliki banyak type jenis – jenis tipe data yang dapat digunakan.

    Contoh jenis – jenis type data yang umum di gunakan saat pemrograman : Integer, Float, Char, Varchar, Boolean.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Pengertian type data serta fungsi dari masing – masing type data :

    1. Integer

    Integer adalah jenis type data yang hanya digunakan untuk mengolah data berupa angka, jika type data ini di gunakan untuk mengolah huruf maka fungsi dari type data ini tidak akan berjalan (error).  Dan type data integer hanya digunakan untuk mendeklarasikan variable/data sebagai bilangan bulat. Contoh 1, 2, 3, …

    Biasanya type data integer digunakan untuk melalukan sebuah pengoperasian dalam bentuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian.

    1. Float

    Type data float juga ada kesamaan dengan type data integer, yaitu sama – sama digunakan untuk pengoperasian data berupa angka, namun bedanya yaitu tipe data float hanya bisa digukan untuk mengoperasikan bilangan dalam bentuk pecahan atau decimal, sedangkan integer mengoperasikan bilangan berupa bilangan bulat tidak untut pecahan. Contoh bilangan float : 4.5, 3.3, 6.6, ...Pada bilangan ini bentuk komanya adalah titik (.) seperti contoh di atas.

    1. Char

    Char atau character yaitu type data yang dapat digunakan untuk deklarasi variable dalam bentuk symbol. Character ini dapat berupa symbol – symbol, alphabet atau angka.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Pembangunan Indonesia

    1. String

    Pada type data ini khususnya string merupakan type data yang hanya digunakan untuk mendeklarasikan data – data berupa huruf dan kalimat. Type data string tidak bisa mendeklarasikan bentuk lain yang berupa angka atau symbol.

    1. Boolean

    Type data Boolean ini jauh berbeda dengan type data yang lain, dikarenakan bahwa type data Boolean ini hanya bisa digunakan untuk data yang memiliki dua (2) nilai saja, nilainya yaitu true dan false.

    Basis Data (database)

    Basis data atau database merupakan kumpulan informasi yang di simpan di dalam computer secara sistematik sehingga kita bisa melakukan pengecekan dan pemeriksaan menggunakan sebuah program pada computer untuk mendapatkan informasi dari basi data (database) tersebut. Perangkat lunak atau software yang di jadikan untuk mengelola atau memanggil query pada database adalah Database Management System (DBMS). System basis data ini bisa kita pelajari dalam ilmu informasi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Komponen basis data

    • Hardware
    • Software pengelola basis data
    • Software system operasi
    • Software program aplikasi
    • Basis data
    • Pemakai atau user

    Konsep Dasar Basis Data

    Kumpulan dari catatan / potongan dari pengetahuan. Pada basis data terdapat penjelasan struktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya, hal ini di sebut dengan skema. Skema menggambarkan yang di wakili oleh suatu basis data dan hubungan di antara objek tersebut.

    Data dalam basis data (database) bersifat integrated dan shared.

    • Integrated adalah berkas – berkas filr atau data yang ada pada basis data saling terkait (terjadi depedensi data),
    • Shared atau berbagi adalah data yang sama dapat dipakai oleh sejumlah pengguna dalam waktu yang sama atau secara bersamaan, sifat ini dinamakan dengan system multiuser.

    Fungsi Basis Data

    1. Untuk mengklasifikasi data yang mudah dipakai dan dimengerti.
    2. Menghindari terjadinya duplikasi
    3. Memudahkan untuk mengakses serta menyimpan data
    4. Menjamin kualitas data dan informasi
    5. Mendukung kinerja aplikasi pada saat menyimpan data
    6. Memudahkan untuk melakukan update atau perubahan  pada data
    7. Dapat memilih data yang ingin di hapus sesuka hati.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Definisi Tipe Data, Basis Data dan Fungsinya
    Sangat Suka

    75%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    25%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar