Komponen-Komponen Listrik dan Fungsinya Dalam Rangkaian Listrik Sederhana

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Komponen elektronika adalah elemen terkecil dalam rangkaian elektronika. Setiap komponen elektronika dibuat dengan nilai dan fungsi yang berbeda menurut produsen pembuat komponen elektronika tersebut. Setiap komponen elektronika memiliki tipe, nilai dan simbol yang berbeda-beda.

    Komponen Rangkaian Listrik - Dalam dunia elektronika terdapat istilah “perangkat elektronika”. Perangkat elektronika sebuah perangkat yang tersusun dari berbagai jenis komponen elektronika, dimana masing-masing komponen memiliki fungsi tersendiri. Saat ini semakin banyak jenis elektronika dan semakin berkembang seiring maju nya teknologi, walaupun demikian komponen dasar elektronika masih di gunakan sampai saat ini.

    Jenis-jenis komponen elektronika

    1. Reguler

    Komponen ini digunakan untuk membuat sistem sederhana yang tidak mengharuskan bentuk fisik perangkat kecil atau sistem daya perangkat yang besar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

          2.  SMD (Surface Mount Device)

    Komponen ini di desain untuk mengharuskan bentuk fisik yang kecil. Komponen ini  biasanya di gunakan di perangkat komputer (RAM, VGA dan motheboard komputer.)

    Dalam rangkaian elektronika pada umumnya terdiri dari komponen pasif dan komponen aktif

    Komponen pasif

    Komponen pasif adalah komponen elektronika yang pada saat menjalankan nya tidak membutuhkan sumber tegangan atau sumber arus itu sendiri. Komponen pasif digunakan untuk membatasi semua arus agar tidak terlau berlebihan saat menggunakannya, membagi tegangan menjadi beberapa bagian. Berikut adalah yang termasuk dalam komponen- kompone npasif dan fungsi secara umum dari komponen pasif tersebut:

    1. Resistor

    Resistor adalah salah satu jenis komponen yang pasif. Berfungsi sebagai penghambatan arus listik yang akan mengalir dalam sebuah rangkaian elektronika, sesuai dengan kebutuhan yang akan kita gunakan.

    1. Induktor

    Induktor adalah salah satu jenis komponen pasif yang terbuat dari kawat. Indikator memiliki fungi sebagai filter, frekuensi dan penyambung.  Komponen ini biasa nya terdapat di berbagai rangkaian yaitu televisi dan radio. Biasa juga komponen induktor di gunakan untuk menahan arus AC dan DC.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Pekalongan

    1. Kapasitor

    Kapasitor juga termasuk dalam jenis komponen pasif. Sebagaimana kapasitor mempunyai fungsi untuk penyimpanan energi sementara, biasanya komponen kapasitor ini berada di power supply.

    1. Saklar

    Saklar termasuk jenis komponen aktif. Berfungsi sebagai Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutus arus listrik. Saklar ini mempunyai dua bagian utama yaitu kontraktor dan tuas saklar. Biasa disebut sebagai tombol ON/OFF. Di rumah kita pastinya ada dong ya.

    1. Diode

    Diode juga termasuk dalam jenis elektronika pasif. Fungsi nya adalah sebagai pengantar arus satu arah dan menghentikan arus yang akan masuk ke tempat yang lain

    Komponen aktif

    Komponen elektronika aktif adalah komponen elektronika yang memiliki peran menghantarkan atau memperkuat aliran listrik dalam sebuah rangkaian.

    1. Transistor

    Transistor adalah jenis elektronika aktif. Komponen ini banyak sekali fungsinya sebagai rangkaian elektronika, mulai dari penguat arus, stop kontak, penyetabil tegangan, penyearah, sampai dengan penguat sinyal. Komponen ini pastinya akan selalu digunakan dalam masa modern. Transistor pun memiliki beberapa jenis yaitu:

    Transistor terdiri dari dua jenis. Dari dua jenis tersebut transistor dibagi lagi mejadi dua jenis menjadi transistor bipolar (kutub) dan transistor unipolar(luar kutub).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Thyristor

    Thyristor adalah salah satu jenis komponen aktif dan banyak orang yang menggunakannya sebagai saklar elektronik. Thyristor sering juga digunakan sebagai saklar elektronik pada rangkaian listrik yang bekerja dengan sumber tegangan AC. Thyristor adalah perkembangan dari diode.

    1. IC (Integrated Circuit)

    Ic juga termasuk dalam komponen elektronika aktif.  Komponen ini memiliki beberapa jenis komponen yaitu transistor, resistor, dan beberapa komponen lain yang tersusun menjadi satu.

    1. Transducer

    Transducer adalah salah satu komponen aktif. Berfungsi sebagai Elektronika yang dapat mengubah besaran fisik menjadi besaran listrik atau pun sebaliknya. Biasa juga di sebut pemeriksaan.(Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen-Komponen Listrik dan Fungsinya Dalam Rangkaian Listrik Sederhana
    Sangat Suka

    22%

    Suka

    13%

    Terinspirasi

    11%

    Tidak Peduli

    31%

    Marah

    22%

    Komentar