Teknologi Reproduksi dan Bioteknologi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Reproduksi ialah usaha manusia dalam melakukan untuk mengembangkan makhluk hidup secara rekayasa dengan tahap tahapan yang alami, atau reproduksi adalah ilmu tentang perkembangbiakan yang menggunakan alat untuk menghasilkan suatu produk (keturunan). Teknologi Reproduksi banyak jenis diantaranya, produk teknologi reproduksi manusia, hewan, dan tumbuhan.

    Produk teknologi reproduksi pada hewan

    1. Kawin suntik

    Kawin suntik (sapi) maksud nya adalah dengan mengambil sperma pada hewan jantan dan menyuntikkan sperma tersebut ke organ reproduksi betina agar mendapat keturunan yang kualitasnya yang baik, jika ingin mendapatkan keturunan yang baik maka di perlukan bibit hewan jantan yang baik dan langka fungsinya diantara nya agar meningkatnya bibit hewan dan mengurangi / menghindari kelangkaan pada hewan tersebut contoh nya sapi di besar di Australia.

    1. Bayi tabung

    Tentunya tidak semua pasangan (suami istri) mendapat keturunan karena adanya kendala seperti masalah pada ovulasi dan sebagai nya yang membuat pasangan tersebut tidak dapat keturunan nya, oleh karena itu di buat lah cara khusus agar mendapat keturunan (bayi tabung), mungkin jika hewan yang tinggi kelangkaan akan di lakukan proses bayi tabung agar mengurangi kelangkaan pada hewan tersebut contoh nya seperti : komodo dan harimau yang ada di jawa.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Kloning

    Pada dasarnya klonig merupakan peniruan dalam bentuk hampir sama persis dari aslinya, pada hewan kloning merupakan cara reproduksi tanpa pembentukan serta gabungan sel gamet yang menggunakan sel somatik (tubuh). Keturunan yang di hasilkan dari klon mempunyai kesamaan gen pada ibunya (induknya), pada awalnya hewan yang menjadi objeknya adalah katak dan berhasil dikloningkan pada tahun 50a, dan di coba juga ke domba yang bernama dolly dengan cara yang sama setelah berhasil dikloning mulailah semua peneliti membuat kloning lainnya dengan cara yang sama.

    Produk teknologi reproduksi pada tumbuhan

    1. Hidroponik

    Menanamkan tumbuhan dengan cara menanamnya tanpa menggunakan tanah namun dengan larutan nutrisi dan mineral, tanamannya berupa tanaman darat berupa tomat, timun, terong, melon dan lainnya, pada dasarnya dalam menggunakan teknik ini di dalam wadah yang sudah tersedia nutrisi dan bisa menggunakan bahan-bahan seperti arang, kerikil serta yang lainnya yang tak larut di dalam air, tumbuhan tersebut akan menyerap nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalam air tersebut (ion-ion penting).

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Negeri Lampung

    1. Vertikultur

    Merupakan cara menanam tumbuhan dengan cara membentuk vertikal menggunakan sebuah pipa yang ukuran nya sedang tujuannya sebagai peningkatan jumlah tanaman tersebut. Tujuan dari menanam secara vertikultur adalah untuk memanfaatkan lahan yang sempit agar bisa du gunakan seoptimal mungkin. Teknik vertikultur ini sangat bagus untuk daerah perkotaan karena tempat lahannya yang di gunakan tidak perlu luas, tidak butuh banyak air dan umur tanaman nya yang pendek jadi bisa gonta-ganti sayuran yang ditanam seperti salada, seledri, dan sebagainya.

    1. Kultur Jaringan tumbuhan

    Suatu cara memperbanyak tumbuhan dengan cara mengambil salah satu bagian di tumbuhan (sel, jaringan, organ), selanjut nya bagian tumbuhan yang di ambil tadi akan di tumbuhan di kondisi yang baik bagi tumbuhan mengandung nutrisi dan juga hormon lalu bagian itu akan memperbanyak dirinya dan akan berkembang hingga menjadi tanaman yang lengkap (daun, batang, akar). Tujuan dari Metode ini di gunakan untuk memperbanyak tumbuhan, tidak banyak memakan waktu, kualitas yang sama serta sifat nya yang sama dengan induknya. Semua jenis tanaman bisa di kembangkan lewat metode ini tapi menggunakan cara perawatannya yang berbeda pula karena setiap tanaman itu perlakuannya khusus agar mendapat hasil yang baik dan bagus contoh tanamannya yang menggunakan metode ini cokelat, kelapa sawit, dan sebagainya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Bioteknologi

    Bioteknologi berasal dari dua kata yaitu biologis yang artinya kehidupan dan teknologi, dapat disimpulkan ilmu yang menerapkan makhluk hidup sebagai komponen penting dengan menggunakan bantuan alat teknologi. Ada dua macam bioteknologi :

    1. Bioteknologi konvensional (tradisional), yaitu bioteknologi yang sudah digunakan waktu dulu sebelum teknologi yang belum begitu canggih oleh karena itu ada juga dampak dan juga kesusahan bagi para peneliti untuk meneliti sebuah objek
    2. Bioteknologi Modern yaitu bioteknologi yang mencakup memanipulasi gen dan lainnya dengan menggunakan alat moderen untuk membantu pekerjaan peneliti dalam meneliti sesuatu, contoh nya seperti di atas yaitu bayi tabung tersebut, membuat bayi tabung tersebut tentunya menggunakan teknologi yang canggih agar penelitiannya berjalan dengan baik dan sukses.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Teknologi Reproduksi dan Bioteknologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar