Kodim Inhil Taja Pelatihan dan Sosialiasi Pengolahan Sabut Kelapa

Daftar Isi

    Foto: Humas

    LancangKuning.com, INHIL -- Bertempat di Pendopo Koramil 12/Batang Tuaka, Kodim 0314/Inhil taja pelatihan dan sosialisasi pengolahan sabut Kelapa kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa, 14 Januari 2020.

    Pelatihan dan sosialisasi tersebut dilakukan, karena masyarakat setempat menilai sabut Kelapa sebagai barang yang tidak bermutu dan tidak ada harganya, dari itu Kodim 0314/Inhil dengan gebrakannya merubah mindset pola pikir masyarakat. Apalagi memang Inhil dikenal dengan Negeri Hamparan Kelapa Dunia.

    Baca Juga: Polresta Pekanbaru Temukan Mayat Wanita Membusuk di Parit

    Dalam sambutannya, Camat Batang Tuaka diwakili oleh Sekcam Usman S Sos mengucapkan terima kasih kepada Dandim dan jajarannya karena Ia menilai sosialisasi tersebut sangat penting dilakukan untuk memanfaatkan sabut Kelapa yang tadinya hanya untuk dibakar atau dibuang kelaut jan menjadi sampah laut yg mengganggu akses lalulintas laut.

    "Ini merupakan cara paling bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya alam yang sia-sia begitu saja, dan saya berharap sosialisasi ini dapat betul-betul diperhatikan oleh masyarakat untuk selanjutnya dikembangkan," ujar Usman.

    Baca Juga: Dituding Nepotisme dalam Pelantikan Pejabat Pemprov, BKD Riau: Jangan Dipolitisasi

    Turut pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kab. Inhil Yulizal berterima kasih kepada Dandim yang membantu menggebrak dan berusaha mencari solusi terhadap perekonomian masyarakat.

    "Dengan adanya kegiatan ini, kedepan sabut Kelapa bisa dijadikan Home Industri (Industri lokal) yang berfungsi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa. Bahan kita melimpah, harga mesinpun terjangkau oleh masyarakat dan mesin pengolahan mudah dibawa kemana-mana," imbuhnya.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Sementara itu Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal yang diwakili Kasdim 0314/Inhil Mayor Untung Kusmanto saat membuka secara resmi pelatihan dan sosialisasi tersebut dalam sambutanya mengatakan bahwa ternyata sabut Kelapa bisa membuat lapangan pekerjaan dan menambah pendapatan masyarakat.

    "Namun pelatihan ini tidak akan berguna jika tidak ada motivasi dan kemauan dari masyarakat itu sendiri untuk berkembang dan bangkit bersama serta hanya bermalas-malasan, Kodim hanya memotifator saja dengan memperhatikan keadaan wilayah yang kaya akan Kelapa, hingga tercanang dari Kodim 0314/Inhil untuk melaksanakan sosialisasi ini, mengingat bahan baku berupa sabut Kelapa sangatlah melimpah.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Namun kegiatan ini tentunya perlu kerja sama dengan Pemerintah terutama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Desa, agar peluang ini bisa berjalan dan berkembang dengan baik. Semoga dengan mengikuti pelatihan ini, masyarakat Inhil bisa meningkatkan taraf ekonominya," pungkasnya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kodim Inhil Taja Pelatihan dan Sosialiasi Pengolahan Sabut Kelapa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar