Pengertian Daya Tahan Otot Dalam Kebugaran Jasmani

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kemampuan otot untuk melakukan sesuatu aktivitas berulang ulang dan dalam jangka waktu yang lama. Seperti mengangkat beban dan lain-lain, untuk mendapat daya tahan otot yang baik maka ada beberapa cara dan tips untuk mendapatkannya.

    1. Melakukan olah raga

    Untuk mendapatkan daya tahan otot yang baik, maka kita harus rajin olah raga dan dalam porsi yang tepat dan teratur dan juga jangan berlebihan dalam berolah raga seperti pushup(otot tangan), situp (otot perut), angkat beban, pullup(untuk otot tangan), backup(untuk otot punggung), plank(untuk otot tangan).Untuk mendapatkan daya tahan otot ini lakukan lah olah raga dengan porsi yang tepat, kalau anda tidak tau porsi olah raga yang tepat maka coba anda cari di google atau pergi ke pusat olah raga terdekat.

    1. Mengatur pola dan porsi makan yang tepat

    Untuk mendapat daya tahan otot yang baik tidak cukup hanya dengan berolah raga saja, mesti adanya keseimbangan antara olah raga dan pola makan. Karena kalau anda berolah raga sudah teratur dan pola makan tidak teratu mungkinolah raga yang anda lakukan sia sia,kenapa begitu?, untuk mendapat daya tahan otot yang baik anda harus menyesuaikan porsi olah raga anda dengan pola makan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Rajin beraktivitas yang baik

    Setelah anda melakukan olah raga dan mengatur pola makan, selanjut nya anda haru melakukan aktivitas yang baik. Seperti melakukan aktivitas yang menghilangkan stress (menurut yang say abaca stress dapat mengurangi kebugaran jasmani seseorang),pergi berkumpul dengan teman.

    1. Hindari makanan berlemak jahat

    Untuk daya tahan otot yang baik, hindari memakan makanan berlemak seperti sate kambing, gulai kambing, soto kambing. Sebenarnya anda tidak harus menghindari tapi harus mengatur pola makan nya, kalau anda ingin juga makan itu, imbangilah dengan olah raga teratur.

    1. Mengkonsumsi cukup air

    Tubuh manusia terdiri dari sebagian besar air, maka konsumsilah air putih yang cukup setiap hari, karena manusia sangat membutuhkan air. Dengan mengkonsumsi cukup air tubuh anda akan terasa lebih segar dan ringan, yang akan membuat anda semangat berolah raga.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bina Darma

    1. Mengkonsumsi cukup buah

    Buah adalah sebuah benda yang memiliki banyak manfaat, untuk daya tahan otot yang baik cobalah mengkonsumsi buah dengan teratur dan jangan berlebihan. Dengan rasa buah yang enak maka usahakan mengkonsumsinya dengan teratur dan cukup.

    1. Hindari mengkonsumsi bahan makanan berpengawet

    Pengawet sebenar nya tidak berbahaya pada tubuh manusia tapi mengkonsumsi dalam jumlah banyak mungkin akan membahayakan tubuh manusia. Maka dari itu cobalah mengkonsumsi makanan berpengawet, seperti buah buahan, beras, roti dan hindari mengkonsumsi makanan ringan.

    1. Hindari merokok

    Anda mau daya tahan otot yang baik, maka hindari lah merokok dan jangan berdiri di samping orang merokok, karena merokok dapat menyebabkan kerusakan paru-paru, hati, jantung, ginjal, mempengaruhi kerja otot.

    1. Penting sekali hindari narkoba

    Narkoba memang sangat mengerikan karena bisa membuat orang kecanduan dan kematian. Nah daya tahan otot sangat erat kaitan nya dengan narkoba maka hindari lah mengkonsumsi narkoba.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Manfaat daya tahan otot

    1. Tubuh jadi sehat

    Kalau anda sudah mempunyai daya tahan oto yang baik maka anda sudah dikategorikan orang sehat, bersyukur lah anda dengan melakukan kegiatan yang baik dan menjaga daya tahan otot tersebut.

    1. Jiwa juga sehat

    Ini sangat penting, karena jika jiwa sudah sehat kebahagiaan akan mudah anda dapat. Maka dengan daya tahan otot yang baik tubuh dan jiwa anda akan saling berinteraksi dengan baik.

    1. Disukai banyak orang

    Dengan daya otot yang baik ditambah tubuh anda yang atletis mungkin banyak yang akan suka pada anda, dan juga ini dapat memotivasi orang lain untuk jadi sehat juga.

    1. Mudah menjalani hidup

    Dengan daya tahan otot yang baik pasti anda akan merasa hidup anda lebih baik, karena olah raga teratur dan anda mendapat apa yang anda inginkan hidup anda akan lebih baik.(Alfikri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Daya Tahan Otot Dalam Kebugaran Jasmani
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar