Macam-macam Teknologi pada Reproduksi Hewan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Teknologi reproduksi adalah usaha yang digunakan oleh manusia untuk mengembangbiakkan hewan ataupun tumbuhan. Yang biasa mengatasi permasalahan perkembangbiakkan.

    Ada beberapa contoh teknologi reproduksi pada hewan,yaitu:

    1. Inseminasi Buatan

    Inseminasi buatan merupakan teknik memasukkan sperma pada tubuh hewan. Adapun nama lain dari inseminasi yaitu kawin suntik. Dilakukannya kawin suntik ini untuk meningkatkan kualitas keturunan. Mempermudah proses perkawinan. Menghindari kelangkaan jenis hewan jantan. Dan juga mengurangi penularan penyakit kelamin. Contoh hewan yang menggunakan metode ini adalah sapi, ikan, dan kucing.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2. Hibridisasi

    Hibridisasi adalah kegiatan mengawinkan dua hewan atau tumbuhan yang berbeda jenis dan memiliki beberapa jenis unggul. Hibridisasi juga dapat dilakukan seperti kawin suntik. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil mutu yang baik dan berkualitas. Mempercepat dan memperbanyak angka kelahiran. Metode ini juga bagus untuk perkembang-biakkan hewan. Contohnya adalah perkawinan antara kucing Persia dan kucing angora.

    3. Kloning

    Kloning adalah proses mengganti sel telur dengan sel somatis yang menghasilkan individu-individu yang sama persis dengan individu sebelumnya. Dengan mengawinkan dua individu yang berbeda. Salah satu jenis hewan yang melakukan metode kloning adalah domba dolly. Dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak upaya-upaya menciptakan hal baru yaitu kloning. Namun, metode kloning ini dilarang dalam hukum islam. Sebab sangat bertentangan dengan agama.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Lampung

    Nah, mari kita gunakan metode yang sederhana untuk mengatasi proses perkawinan dengan kelangkaan jenis jantan. Sebab hewan dengan jenis jantan merupakan bibit unggul yang harus dikembangbiakkan. Serta untuk mengatasi penularan penyakit kelamin pada hewan.

    Di negara kita Indonesia lebih sering menggunakan metode inseminasi buatan. Untuk menghasilkan bibit yang berkualitas dan juga proses yang cepat. Contohnya, dalam peternakan dan perikanan. Daerah yang menggunakan metode inseminasi buatan pada hewan ikan adalah desa Hangtuah, kec. Perhentian raja. Para peternak ikan yang menyuntikkan sel sperma jantan kepada sel telur induk betina. Dalam pembelajaran SMKN 1 Perhentian Raja menggunakan metode ini untuk siswa jurusan perikanan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Untuk negara yang menggunakan teknik kloning terbesar adalah china. Negara tersebut mampu melakukan teknik kloning kepada hewan dan tumbuhan dengan jumlah besar. Bukan hanya hewan dan tumbuhan, negara china juga mampu melakukan kloning pada manusia.

    Sungguh mengejutkan, bukan? Ternyata negara china bukan hanya melakukan hal aneh lainnya. Mereka juga mampu melakukan kloning pada manusia.(Manda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam-macam Teknologi pada Reproduksi Hewan
    Sangat Suka

    12%

    Suka

    75%

    Terinspirasi

    12%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar