Error Handling dan Exception Pada Java

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Java ialah salah satu bahasa pemrograman yang memiliki banyak cabang atau akar-akar ilmu yang wajib dipelajari hingga tuntas. Banyak hal yang tidak kita ketahui yang berada di dalam bahasa pemrograman yang satu ini. Salah satunya yang akan dijelaskan dalam artikel kali ini, yakni Exception Handling pada Java.

    Kata exception merupakan bagian terkecil dari kelas java.lang.Trhowable. Karena merupakan sebuah kelas maka Exception pada dasarnya ketika program hendak berjalan hingga timbul bug atau sebuah kesalahan maka kesalahan atau bug tersebut biasanya dianggap saja sebagai sebuah object.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Hingga pada saat ditampilkan pada layar java akan melakukan pemanggilan method toString yang terkandung di dalam objek yang memiliki tipe Exception ini. Jadi, Exception Handling ini merupakan objek yang terjadi bug atau kesalahan yang disebabkan oleh mekanisme, dimana java telah memberikan akses kepada developer untuk mengambil dan mengamati objek yang terjadi bug atau kesalahan ini.

    Exception Handling juga dapat dikatakan sebagai fasilitas yang disediakan oleh Java dimana exception handling ini memberikan kenyamanan atau fleksibelitas kepada developer atau pengembang untuk menangkap dan menangani kesalahan yang terjadi ketika program hendak berjalan. Berikut penjelasan mengenai perbedaan Class (Kelas) Error dan Class (Kelas) Exception pada Java.

    Sama halnya dengan Exception, Class Error juga merupakan bagian terkecil (subclass) dari java.lang.Trhowble. Pada umumnya Class Error dan Class Exception merupakan class yang berbeda. Perbedaan diantara keduanya adalah Class error ialah masalah yang timbul tetapi developer tidak dapat menangkap dan menanganinya dikarenakan tidak ada alas an yang kuat. Berbeda dengan Class Exception yang merupakan kesalahan kecil yang timbul dan akan ditangkap oleh developer untuk segera ditangani. Di dalam Exception Handling terdapat lima (5) kata kunci (key word) yang mendukung salah satu fasilitas java ini. Berikut sedikit penjelasan mengenai lima kata kunci (Key Word) yang terdapat di dalam Exception Handling ini.

    Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Pada Sistem Ekskresi Manusia

    1. try

    Biasanya keyword yang satu ini digunakan di dalam sebuah block program yang digunakan untuk mencoba (tes) menjalankan sebuah block program dan nantinya akan timbul dimana letak kesalahan program itu ketika hendak di proses. Kata kunci ini wajib dipasangkan dengan kata kunci lain misalnya “catch” dan “finally”, hal ini dikarenakan kata kunci “try” merupakan kata kunci yang tidak dapat tegak dengan sendirinya untuk menjalankan sebuah program.

    2. catch

    Pada bahasa pemrograman java, kata kunci “catch” ini haruslah digandengkan dengan kata kunci “try”. Dimana kata kunci yang satu ini memiliki kegunaan untuk menangkap kesalahan yang terjadi dalam proses block try. Setelah berhasil menangkap terjadinya kesalahan developer akan melakukan apapun pada block catch sesuai dengan yang diinginkan oleh developer supaya program dapat berjalan.

    3. finally

    Kita sudah tahu bahwa finally memiliki arti akhir, namun pada bahasa pemrograman java, kata “finally” digunakan sebagai salah satu kata kunci dalam exception handling, dimana kata “finally” inilah yang akan menunjukkan sebuah block program senantiasa diperikasa (di eksekusi) walaupun ada atau tidaknya kesalahan yang timbul di dalam program tersebut.

    Baca juga : Perbedaan Yang Terdapat Pada Mitosis dan Meiosis

    4. trhow

    throw merupakan salah satu kata kunci yang biasanya digunakan dalam fasilitas exception handling pada java ini. Dimana kata kunci yang satu ini digunakan untuk melemparkan sebuah kesalahan yang telah dibuat secara manual.

    5. throws

    Berbeda dengan throw, throws merupakan salah satu kata kunci pada fasilitas exception handling, dimana kata kunci yang satu ini digunakan pada sebuah method atau class yang memungkinkan untuk menghasilkan suatu kesalahan hingga error pada masalah tersebut harus ditangkap.

    Itulah sekilas penjelasan mengenai beberapa kata kunci atau keyword yang tersedia di dalam salah satu fasilitas yang disediakan oleh java. Semoga dapat menjadi sumber ilmu bagi kita semua.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Error Handling dan Exception Pada Java
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    0%

    Komentar