Cara Menjaga Kesehatan Pada Sistem Ekskresi Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Manusia memiliki banyak organ-organ dalam yang amatlah penting. Yang tentunya sesuai peranan dan fungsinya masing-masing. Misalnya saja paru-paru yang memiliki fungsi sebagai alat pernafasan kita, juga jantung sebagai pemompa darah keseluruh tubuh, ada juga yang memiliki peranan sebagai sistem saraf manusia, sistem reproduksi, sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi organ-organ dalam yang sangat penting.

    Namun, ada juga nih yang biasa dikatakan dan sudah tidak asing lagi di pendengaran kita yakni sistem Ekskresi Manusia. Sistem ekskresi manusia ini mencakup beberapa organ dalam dan juga bagian luar yang mengambil peranan terpenting bagi tubuh manusia. Organ-organ tersebut adalah :

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Kulit
    • Paru-paru
    • Ginjal
    • Hati

    Berikut sekilas penjelasan mengenai organ-organ yang mengambil peranan terpenting dan yang pastinya turut berperan dalam pembangunan sistem ekskresi pada tubuh manusia.

    • Kulit, disini kulit memiliki salahs satu peranan atau fungsi yakni sebagai alat untuk mengeluarkan keringat yang ada didalam tubuh manusia. Adapun jaringan yang ikut terlibat dalam membantu proses ekskresi manusia ini yakni kulit jagat, kulit ari, kulit bagian bawah yaitu kulit ikat.
    • Paru-paru, selain sebagai sistem pernafasan manusia, ternyata paru-paru juga termasuk salah satu sistem ekskresi manusia loh, dimana dari hasil proses pernafasan paru-paru ini akan menghasilkan keluaran yang berupa uap air dan CO2 atau gas karbondioksida.
    • Ginjal, organ yang berbentuk seperti kacang ini memiliki peranan atau fungsi sebagai penyaring kotoran-kotoran yang ada pada tubuh manusia, yang nantinya akan keluar serentak dengan pengeluaran urine (air kencing) dari dalam tubuh kita.
    • Hati, hati merupakan salah satu organ bagian dalam yang mengambil peranan paling banyak, salah satunya sebagai sistem ekskresi manusia, dimana hati ini akan mengeluarkan getah-getah yang tidak memiliki manfaat bagi tubuh menuju luar-luar organ tubuh manusia.

    Setelah membaca sekilas penjelasan tadi, telah kita ketahui bahwa mereka memiliki peranan yang begitu penting bagi tubuh kita. Lantas, bagaimana cara kita menjaga sistem ekskresi kita agar senantiasa sehat?. Berikut uraian mengenai tata cara penjagaan sistem ekskresi manusia.

    Baca juga : Perbedaan Yang Terdapat Pada Mitosis dan Meiosis

    GINJAL

    • Senantiasa memperhatikan pola makan

    Jika kita tidak memperhatikan pola makan kita maka akan berdampak pada kesehatan ginjal kita. Misalnya saja memakan makanan yang mengandung garam atau lemak yang berlebihan akan mengganngu keinerja ginjal sebagai sistem ekskresi manusia. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk memakan makanan yang mengandung banyak vitamin yang sangat baik bagi ginjal.

    • Senantiasa bergerak dan usahakan untuk aktif

    Pergerakan sangat memengaruhi kesehatan pada ginjal, terutama bergeraknya dalam olahraga. Ginjal akan merespon dan senantiasa terjaga kesehatannya, dan sudah dipastikan pula kamu mendapatkan sistem ekskresi yang baik dan bagus.

    • Memperhatikan berat badan

    Ginjal sangat rentan dengan keadaan tubuh yang memiliki bobot atau berat yang berlebihan atau keadaan ini biasa kita sebut sebagai obesitas. Berat badan yang melebihi batas maksimum sama saja dengan memaksakan kinerja ginjal agar semakin keras hingga lama-kelamaan ginjal akan melemah dan tidak mampu menopang beban yang diterimanya.

    • Meminum air putih

    Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan sangat membantu ginjal untuk bekerja. Ginjal akan bersih dengan kita banyak meminum air putih. Sebaliknya, jika kita sering mengkonsmsi minuman yang mengandung alcohol akan merusak ginjal secara perlahan.

    HATI

    • Memakan sayuran

    Kita sudah tahu bahwa sayuran sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Tidak hanya itu saja, sayur juga mampu dalam menjaga kesehatan hati kita hingganya hati dapat berfungsi secara maksimal.

    • Memakan buah-buahan

    Tidak hanya sayuran, buahan juga memiliki peranan penting sebagai pendukung kesehatan hati.

    • Meminum minuman yang ber-alkohol

    Sama halnya dengan ginjal, jika sering meminum minuman yang banyak mengandung alcohol akan berakibat fatal bagi kesehatan hati.

    Baca juga : Langkah-Langkah Dalam Menginstal Xampp

    KULIT

    • Memakan sayuran dan buah-buahan

    Bagian tubuh manapun jika kita rajin mengkonsumsi dua buah makanan ini akan memberikan kesehatan bagi kita, terutama bagi kulit kita. Dikarenakan sayuran dan buah-buahan banyak mengandung vitamin yang diperlukan oleh kulit manusia.

    • Beristirahat dengan cukup

    Dengan menjaga waktu istirahat kita, akan membantu kulit dalam menjaga sel-sel serta jaringan yang terdapat pada kulit kita yang nantinya kulit tersebut akan senantiasa sehat dan menjadi sistem eksresi manusia yang bagus.

    • Menghindari polusi dari luar

    Polusi dari dunia luar akan membuat lubang pori-pori menjadi tersumbat sehingga mengakibatkan kulit tidak mampu mengeluarkan keingat secara menyeluruh.

    PARU-PARU

    • Hindari paru-paru dari asap rokok
    • Cobalah untuk menghindarkan paru-paru dari polusi dan usahakan agar paru-paru senantiasa mendapatkan udara yang bersih
    • Dengan berolahraga paru-paru akan terjaga kesehatannya dari penyakit-penyakit yang merugikan kita dan pastinya tidak akan melemah sebagai bagian dari sistem ekskresi manusia
    • Mengatur pola makan, maksudnya adalah memakan makanan yang mengandung nilai gizi yang tinggi dan pastinya menyehatkan untuk paru-paru. (Hamdani)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menjaga Kesehatan Pada Sistem Ekskresi Manusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar