Langkah-Langkah Dalam Menginstal Xampp

Daftar Isi

    LancangKuning.com - XAMPP ialah sebuah software yang berbasis open source atau gratis, yang pastinya sudah tersedia di berbagai sistem operasi yang berupa paket dari sekumpulan software-software yang dibutuhkan dalam pengembangan sebuah web. Dengan menggunakan xampp kita tentunya dapat menjalankan sebuah web server pada komputer pribadi kita. Kata XAMPP sendiri merupakan singkatan atau ringkasan dari 4 kata yaitu :

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    1. X, yang memiliki makna cross platform atau multiplaform, maksudnya xampp bisa berjalan di berbagai sistem operasi (OS) seperti windows, linux, dan mac OS.
    2. Apache, merupakan sebuah web server open source dan multiplatform yang memiliki fungsi sebagai media untuk menjalankan sebuah situs web. Apache menggunakan protokol HTTP untuk menjalankan fasilitas web / www ini. Apache mempunyai banyak fitur-fitur canggih seperti tampilan pesan error yang dapat dikonfigurasikan, autentikasi dengan database, dan sebagainya.
    3. MariaDB, adalah database management system yang dikembangkan dari MySQL. MariaDB merupakan DBMS open source yang dikembangkan secara mandiri oleh komunitas developer. Sejak MySQL diakusisi oleh Oracle, Monty Program yang merupakan penulis awal source code MySQL memisahkan diri dan membuat versi mandiri yaitu MariaDB.
    4. PHP, adalah sebuah bahasa scripting yang bekerja pada server side dan dapat disisipkan pada kode HTML. PHP merupakan bahasa yang banyak digunakan dalam membangun sebuah situs web yang bersifat dinamis. PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessing.
    5. Perl, adalah  bahasa yang mempunyai banyak kegunaan. Bahasa ini pertama kali dikembangkan oleh seseorang bernama Larry Wall pada mesin Unix. Perl banyak dipakai dalam program CGI dan pada berbagai internet protocol.

    Baca juga : Keadaan Ekonomi Pada Masa Praaksara

    Sejarah XAMPP

    Software XAMPP merupakan project dari tim pengembang dengan nama Apache Friends. Apache Friends adalah project yang bertujuan dalam mempromosikan apache. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam menginstall web server apache, dan akan lebih rumit lagi jika ingin mengintegrasikannya dengan program-program lain seperti MariaDB, PHP, dan Perl. Oleh karena itulah, Apache Friends membuat XAMPP agar dapat memudahkan para pengembang untuk menggunakan web server apache.

    Bagian-Bagian Yang Mempunyai Peranan Penting dalam XAMPP

    1. Htdocs, merupakan sebuah folder yang terdapat pada direktori instalasi XAMPP. Folder ini merupakan sebuah folder default yang memiliki fungsi untuk menyimpan semua file-file situ web kamu.
    2. PhpMyAdmin, merupakan sebuah software open source yang ditulis dengan bahasa PHP dan berfungsi untuk mengelola administrasi DBMS MySQL melalui www. Pada dasarnya pengelolaan MySQL perlu dilakukan melalui pengetikan perintah pada command line interface. Hal tersebut tentunya akan memberikan kesulitan terhadap pengembang yang ingin mengelola databasenya. Dengan menggunakan phpmyadmin pengembang akan dipermudah dalam mengelola database menggunakan MySQL tanpa perlu lagi menghafal semua baris baris perintah MySQL.
    3. XAMPP Control Panel, jika kamu sudah pernah melakukan hosting maka sudah pasti mengenal istilah Cpanel. Dengan xampp control panel kita bisa menjalankan fitur-fitur pada XAMPP seperti menjalankan apache, MySQL, FTP Client, dan lain sebagainya.

    Baca juga : Pengertian dan Keuntungan Dari CSS

    Cara Menginstall XAMPP

    1. Download aplikasi XAMPP dari situs https://www.apachefriends.org/index.html. Kamu akan diberikan beberapa versi xampp, pilih yang anda inginkan, atau jika bingung pilih saja versi terbaru.
    2. Setelah download selesai, jalankan installer XAMPP.
    3. Kemudian, disitu akan muncul jendela untuk pemilihan bahasa, pilih saja English lalu klik OK.
    4. Untuk beberapa komputer mungkin akan muncul beberapa pesan peringatan setelah meng-klik OK, jangan panik dan klik saja OK atau YES.
    5. Setelah itu XAMPP akan meminta kamu untuk menghentikan segala program yang berjalan sebelum menginstall XAMPP. Jika kamu telah menghentikan seluruh program-program yang berjalan, klik Next.
    6. Selanjutnya, kamu akan diberikan pilihan terhadap program apa saja yang ingin kamu install, jika kamu baru pertama kali menggunakan XAMPP dan tidak tahu apa yang akan diinstall beri saja tanda ceklis semuanya. Lalu klik Next.
    7. Langkah selanjutnya, kamu akan diminta untuk menentukan direktori instalasi XAMPP. Secara default XAMPP akan diinstall pada direktori C:\xampp, tapi kamu dapat menggantinya sesuai keinginan. Lalu klik tombol install.
    8. Tunggu beberapa saat hinggal proses instalasi XAMPP selesai. Jika sudah selesai akan muncul jendela yang memberitahu bahwa XAMPP telah berhasil di install. Klik Finish.
    9. Selanjutnya, akan muncul jendela yang akan menanyakan apakah kamu ingin langsung menjalankan control panel XAMPP. Jika ya, pilih yes.
    10. Untuk mulai menggunakan XAMPP, pada control panel kamu tinggal menekan tombol start pada aplikasi yang kamu ingin jalankan. Jika kamu ingin menjalankan apache maka tinggal tekan tombol start pada kolom actions.
    11. Setelah program yang kamu inginkan telah berjalan, buka browser dan ketik localhost pada address bar. Untuk membuka phpmyadmin, navigasi ke halaman localhost/phpmyadmin. Untuk bisa menggunakan phpmyadmin kamu harus menjalankan terlebih dahulu MySQL-nya.(Athallah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Langkah-Langkah Dalam Menginstal Xampp
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar