Penerapan Bioteknologi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Penerapan sistem bioteknologi dalam hidup manusia kini sudah banyak di lakukan pada berbagai hal misalnya makanan seperti tempe, minuman seperti natade coco , tanaman hidroponik, bermacam jenis obat, bahkan bayi tabung juga termasuk bioteknologi. Sebelum lebih jauh lagi apakah anda tahu apa itu bioteknologi ? arti  dari bioteknologi  yakni sebuah cabang atau pembagian bidang ilmu yang mempunyai fokus tentang cara pemanfaatan dari makhluk yang masih hidup agar dapat menghasilkan jasa & barang.

    Peran makhluk hidup sendiri yakni sebagai badan atau agen biotek, makhluk nya itu berupa mikro organisme yang dapat menunjang proses biotek dapat berjalan dengan lancar. Mikroorganisme yang di pakai dalam kegiatan ini juga bisa dalam rupa atau keadaan yang utuh bisa juga hanya sebagian. Contoh dari pemanfaatan mikro organisme yang utuh mempunyai arti bahwa dalam melakukan kegiatan biotek tertentu memakai mikroorganisme yang utuh misalkan dalam proses membuat tempe, kacang kedelai yang sudah di sediakan di tambahkan langsung dengan bakteri yang bernama rhizopus oryzae, dalam peroses membuat natade coco dapat di tambahkan langsung dengan bakteri xwlinum (acetobacter xylinum).

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Sedangkan penggunaan setengah dari mikroorganiseme dalam proses biotek misalkan dalam suatu pembuatan barang tertentu hanya memakai sel DNA atau enzim nya saja untuk mendukung keberhasilan dari proses pembuatan nya. Walaupun dalam proses membuat makanan / minuman diatas menggunakan peran dari bakteri namun kamu tidak perlu cemas atau khawatir bahwa bakteri itu akan mengganggu kesehatanmu, karena bakteri bakteri yang di pakai sudah melalui tahap ujji coba oleh para ahli kesehatan sehingga aman untuk orang orang tanpa adanya resiko yang dapt membahayakan diri.

    Jika di dasarkan oleh penggolongan bioteknologi di bagi atas dua (2) yakni:

    1. Bioteknologi konvensional / bersifat sederhana
    • Memakai bakteri / mikroorganisme yang masih utuh secaralangsung tanpa ada proses lainya terlebih dulu.
    • Menggunakan alat alat yang terbilang cukup sederhana.
    • Bakteri hanya bisa di manfaatkan sesuai batasannya.
    • Contoh; aspergilus wenti (membuat kecap), rizopus oriza (tempe), lactobasilus bulgarius (dalam membuat yoghurt & keju).

    Baca juga : Jenis-jenis Bakteri Pada Kehidupan Manusia

           2. Bioteknologi modern  canggih

    • Hanya memakai setengah atau sebagian dari bakteri yang di gunakan (berupa enzim dan sel DNA nya).
    • Memakai alat alat yang juga termasuk sederhana sama seperti halnya biotek sedehana.
    • Pemanfaatan atau penggunakan bateri telah di campuri oleh teknologi yang sudah maju (modern).
    • Contoh; Kloning hewan, serta vaksin untuk hewan hewan ternak dalam dunia ternak, serta proses bayi tabung & proses insiminasi yang bersifat buatan dalam dunia kedokteran,  proses pembuatan obat penisilin.

    Baca juga : Pengertian Bioteknologi

    Selain dari hal-hal yang sudah ada diatas proses biotek dalam hidup masih banyak lagi proses proses produksi di berbagai bidang  misalkan produk yang menjadi sumber energi seperti biogas dari kotoran ternak atau kotoran manusia yang bisa membantu menghemat gas alam yang ada dalam perut bumi, dalam bidang pertanian  ada namanya sistem kulturasi jaringan tanaman yang tidak lepas dari peran biotek, jika dalam bidang pertambangan dalam proses melepas biji-biji emas dari batuan juga tidak terlepas dari peran bioteknologi di dalamnya. Dari waktu ke waktu para ahli terus melakukan serangkaian uji coba untuk mengembangkan bioteknologi agar tercipta hal-hal baru yang bisa memberi manfaat dalam hidup manusia. Oleh karena hal itu lah yang membuat semakin banyak inovasi serta hal baru yang muncul, hal tersebut tidak terlepas dari peran bidang ilmu yang menunjang kehidupan manusia setiap masa.

    Itulah informasi dan juga uraian penjelasan tentang penerapan salah satu bagian ilmu science yaitu bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan manusia, semoga dapat bermanfaat bagi kamu untuk menambah wawasan & pengetahuan.(Barnard)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penerapan Bioteknologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar