Faktor Penyebab Diferensiasi Sosial

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Diferensiasi sosial ialah kata yang asalnya dari bahasa inggris, yaitu difference dan social yang maksdunya perbedaan bersosialitas di dalam kehidupan di masyarakat. Bermacam- macam perbedaan di dalam masyarakat tidak bisa di kelompokkan secara horizontal dan vertikal.

    Perbedaan dapat terjadi karena lapisan ekonomi, status, jenis kelamin,agama, bangsa, ras, suku, budaya, profesi, atau hal yang lainnya. Jika kita lihat masyarakat disekitar kita, sangat banyak berbagai macam perbedaan yang sering di temukan. Sebelum kita mengetahui faktor penyebabnya diferensiasi sosial, ada baiknya kita mengetahui jenis- jenisnya terlebih dahulu. Berikut jenis- jenis diferensiasi sosial.

    • Diferensiasi fungsional ( functional differentiation)

    Di dalam suatu lembaga sosial, bisa kita ketahui adanya pembagian dalam pekerjaan yang berbeda- beda. Inilah alasan yang akan menyebakan setiap perorangan atau pribadi di haruskan untuk bertanggung jawab atas pekerjaaannya masing- masing sesuai dengan fungsinya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Diferensiasi tingkatan ( rank differentiation)

    Di dalam distribusi barang ataupun jasa yang dibutuhkan di setiap daerah, diferensiasi tingkatan juga berlangsung disini. Hal ini menunjukkan bahwa setiap harga barang atau jasa memiliki perbedaan harga. Perbedaan harga barang atau jasa inilah yang menjadi alasan penyebabnya beragam tanganagar bisa sampai ke tujuan.

    • Diferensiasi adat ( custom differentiation)

    Di dalam norma aturan atau adat, diferensiasi juga berlaku disini. Namun memiliki sifat yang mengikat di dalam hubungan masyarakat. Adanya diferensiasi adat agar aturan- aturan yang ada di kehidupan masyarakat dapat berjalan dengan tertib dan aman. Berbagai macam perbedaan dilingkungan masyarakat bukan menjadi hal pemicu konlik, tetapi karena perberdaan inilah yang akan menjadi kedudukan untuk memenuhi tingkatan yang sesuai dengan hak masing- masing di masyarakat.

    Setelah kita mengetahui jenis- jenis diferensiasi sosial, mari kita membahas tentang faktor penyebab diferensiasi sosial. Yaitu : Faktor yang disebabkan oleh keberagaman sosial, di negara kita indonesia, terdapat banyak sekali perbedaan etnis, suku bangsa, adat, bahasa, agama, budaya, dan lainnya. Tetapi keberagamaan inilah yang menjadi karakteristik dari bangsa ini. 

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Kebidanan Bakti Indonesia Balikpapan

    Yang menjadi penyebabnya yaitu, di indonesia terdapat dominasi politik atau organisasi di dalam suatu kelompok dan kelompok lain. Selain itu di lingkungan masyarakat terdapat struktur sosial yang terbagi- bagi menjadi beberapa lembaga yang bersifat saling mengisi dan melengkapi.

    Bukan hanya itu, di indonesia, serring kali terjadi konflik dan permasalahan yang terjadi antara kelompok satu dengan yang lainnya. Meskipun masyarakat indonesia bersifat menyatu, pada hakekatnya manusia adalah makhluk yang sama atau sederajat. Dan inilah faktor penyebab adanya keberagaman sosial di negara kita Indonesia.

    • Faktor geografis, bicara soal geografis negara indonesia. Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak pulau- pulau dan memliki banyak bentuk dari muka buminya. Oleh karena itu, kondisi seperti inilah yang menyebabkan penduduk kita memiliki keberagaman sosial yang berbeda-beda di tiap daerahnya, dan juga di pengaruhi oleh kondisi geografis seperti topografi, jenis tanah, iklim atau cuaca, dan kondisi perairannya.
    • Faktor sejarah, jika kita membahas sejarah pada negara kita, indonesia pernah dijajah oleh negara- negara eropa atau bangsa barat seperti inggris, belanda, portugis, spanyol, bahkan jepang. Maka dari itu, negara indonesia menjadi negara yang memliki keberagaman suku bangsa, etnis, ras, status sosial, bahasa, budaya dan agama.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Faktor agama, agama adalah faktor yang sangat mempengaruhi nilai norma dan aturan. Karena setiap agama sudah berbeda pandangan dan cara ibadahnya.
    • Faktor suku, indonesia memiliki banyak suku- suku daerah yang menjadi karakteristik tersendiri bagi negara kita yang termasuk faktor penyebab adanya keberagaman. Berikut nama suku yang ada di indonesia diantaranya : sunda, madura, melayu, minang, badui, dayak, batak, dan masih banyak lainnya.
    • Faktor tradisi dan budaya, tradisi dan budaya diindonesia memang beragam- ragam di setiap daerahnya. Walaupun berbeda, inilah hal yang membuat negara kita mempunyai ciri khas tersendiri bagi negara lain.

    Sekian pembahasan mengenai faktor penyebabnya diferensiasi sosial. Tetaplah menjunjung tinggi persatuan yang sudah di katakan didalam bhineka tunggal ika. Walaupun berbeda- beda, tetapi tetap satu. Semoga bermanfaat.(Fadil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Faktor Penyebab Diferensiasi Sosial
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar