Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Darussalam Ambon

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Saat memilih perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, selain nilai yang memenuhi persyaratan, akreditasi juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Apa itu Akreditasi?

    Dengan berlandaskan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1961, Akreditasi diberikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kepada perguruan tinggi serta program studi atau jurusan yang diasuhnya sebagai pengakuan atas keikutsertaannya yang aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

    Akreditasi diperoleh perguruan tinggi setelah mengikuti sejumlah tes dengan metode laboratorium serta sertifikasi yang spesial, dan tentunya diperbolehkan menerbitkan sertifikat secara resmi untuk standar yang dimiliki perguruan tinggi tersebut. Hasil dari serangkaian tes tersebut adalah tiga tingkat status, yakni diakui, terdaftar dan disamakan.

    Sebelumnya, akreditasi hanya diberikan untuk perguruan tinggi negeri. Namun seiring perkembangan pendidikan di Indonesia, yang ditandai dengan hadirnya banyaknya perguruan tinggi yang berdiri sendiri atau swasta, maka akreditasi juga harus dimiliki oleh perguruan tinggi swasta.

    Bagi perguruan tinggi swasta adanya akreditasi menjadi bukti baik atau tidaknya kualitas program studi hingga tenaga pengajarnya. Dengan adanya akreditasi dari pemerintah, perguruan tinggi swasta mendapat pengakuan dan mendapat perhatian serta berada di bawah pengawasan pemerintah.

    Nah, salah satu perguruan tinggi swasta yang sudah mengantongi akreditasi secara resmi dari pemerintah Indonesia, melalui BAN-PT adalah Universitas Darussalam Ambon.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Universitas Darussalam Ambon berdiri berdasarkan cita-cita Mantan Gubernur Provinsi Maluku, Hasan Slamet yang ingin membangun perguruan tinggi berlandaskan pendidikan Islam. Selain itu, pentingnya pendidikan untuk mencerdaskan bangsa di Maluku serta adanya keinginan pemuda dan pemudi Maluku yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, namun masih memiliki kendala akan fasilitas pendidikan tinggi yang terbatas, sehingga pada Juni 1982 dibentuklah Yayasan Darussalam untuk melaksanakan program pendidikan tinggi.

    Kemudian, Yayasan Darussalam mendirikan sarana untuk pendidikan melalui perguruan tinggi, dengan dibangunnya Universitas Darussalam Ambon dengan tiga fakultas di awal pembangunannya. Namun seiring perkembangannya, kini universitas yang berdiri megah di Jalan Raya Tulehu KM 24 Ambon itu telah menanungi tujuh fakultas.

    Selain itu, Universitas Darussalam Ambon telah mengantongi akreditasi untuk setiap program studi atau jurusan yang diasuhnya. Berikut ini merupakan akreditasi jurusan di Universitas Darussalam Ambon yang telah dirangkum Garuda Cyber Indonesia:

    Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Darussalam Ambon

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Stis Darul Falah Pagutan Mataram NTB

    Program Studi

    Strata

    Peringkat

    Tahun SK

    Tanggal Daluarsa

    Teknik Industri

    S1

    C

    2019

    2024-03-05

    Pendidikan Fisika

    S1

    C

    2019

    2024-07-02

    Pendidikan Biologi

    S1

    B

    2019

    2024-07-03

    Pendidikan Matematika

    S1

    B

    2019

    2024-08-27

    Ilmu Hukum

    S1

    B

    2017

    2022-01-10

    Agroteknologi

    S1

    B

    2017

    2022-09-12

    Akuntansi

    D-III

    C

    2016

    2021-12-27

    Pendidikan Kimia

    S1

    C

    2015

    2020-01-09

    Ilmu Pemerintahan

    S1

    B

    2015

    2020-06-06

    Manajemen Sumber Daya Perairan

    S1

    B

    2015

    2020-06-06

    Ilmu Administrasi Negara

    S1

    B

    2015

    2020-06-06

    Manajemen

    S1

    B

    2015

    2020-06-06

    Kehutanan

    S1

    C

    2015

    2020-09-12

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Demikian sejumlah program studi atau jurusan untuk kampus Universitas Darussalam Ambon. Dengan visi menjadikan Universitas Darussalam Ambon menuju perguruan tinggi berstandar internasional pada 2039 yang berbasis nilai-nilai keislaman, Universitas Darussalam Ambon juga memiliki misi untuk berkembang menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam menata dan mengelola pendidikan tinggi dengan standar internasional.

    Kemudian, menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berstandar internasional serta mengembangkan penelitian agar menghasilkan ilmu pengetahuan serta teknologi yang inovatif dan unggul secara global. Dan, menyebarluaskan setiap penelitian yang dihasilkan Universitas Darussalam Ambon serta penerapannya kepada masyarakat dan dipublikasikan ke dalam bentuk jurnal dengan akreditasi secara nasional ataupun internasional.

    Selain itu, Universitas Darussalam Ambon juga memiliki tujuan untuk mewujudkan universitas berstandar internasional di kawasan regional dengan ditopang pencapaian standar yang juga bertaraf internasional.

    Universitas Darussalam Ambon juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung perkuliahan para mahasiswanya. Di antaranya, fasilitas laboratorium untuk berbagai disiplin ilmu pada program studi masing-masing di Universitas Darussalam Ambon, perpustakaan, fasilitas olahraga, sarana ibadah dan free hotspot internet yang dapat dinikmati selama perkuliahan.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Darussalam Ambon
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar