Pengertian dan Ciri-Ciri Kingdom Animalia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbicara mengenai Kingdom, kalian pasti bertanya-tanya apa itu kingdom?. Dalam biologi kingdom merupakan susunan atau sebuah struktur dimana kingdom ini berada di puncak paling atas dari suatu tingkatan klasifikasi makhluk hidup. Hingga saat ini telah berkembang sistem klasifikasi dimana makhluk hidup telah dibagi-bagi menjadi lima (5) kingdom (kerajaan).

    Adapun lima (5) kingdom tersebut terdiri atas kingdom (kerajaan) Monera, kingdom (kerajaan) Protista, kingdom (kerajaan) Fungi, kingdom (kerajaan) Plantae, dan kingdom (kerajaan) Animalia. Berikut sekilas uraian mengenai empat kingdom pertama :

    • Yang pertama “Kingdom Monera”, dimana kingdom monera ini merupakan tingkat paling atas dari bakteri dan sianobakteri.
    • Yang kedua “Kingdom Protista”, dimana kingdom Protista ini merupakan sebuah kerajaan dari makhluk hidup yang bertempat tinggal di air, bisa saja makhluk tersebut memiliki satu sel dan bisa pula makhluk tersebut memiliki banyak sel.
    • Yang ketiga “Kingdom Fungi”, dimana kingdom yang satu ini merupakan sebuah tingkatan paling atas atau suatu kerajaan dari makhluk hidup yang kecil atau biasa kita sebut sebagai mikroorganisme, dimana makhluk hidup yang merupakan keturunan dari kingdom fungi ini memiliki peranan sebagai pengkonsumsi (konsumen) dan juga merupakan dekemposer atau pengurai.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Yang keempat “Kingdom Plantae”, dimana kingdom yang satu ini merupakan induk atau kerajaan dari makhluk hidup tumbuhan, seperti apapun jenis tumbuhannya maka ia akan tetap berada dalam golongan kingdom plantae.

    Oke itu dia sekilas pengetahuan mengenai empat (4) kingdom pertama, mengapa saya menyisihkan jenis kingdom animalia? Karena disini kita akan membahas lebih dalam mengenai kingdom yang kelima, yaitu kingdom animalia. Berikut beberapa ciri Kingdom Animalia :

    • Merupakan organisme bersel banyak
    • Membutuhkan oksigen untuk kelangsungan hidup
    • Tidak dapat memproduksi makanan sendiri
    • Memiliki otot sebagai sel penggerak
    • Selalu diploid dalam bentuk dewasanya
    • Pada umumnya memiliki reproduksi seksual, namun ada juga yang aseksual
    • Ukurannya memiliki variasi dari kecil hingga besar
    • Tidak memiliki dinding sel
    • Tidak mempunyai zat plastid dan klorofil
    • Merupakan makhluk yang eukariotik
    • Bergerak Aktif
    • Memiliki rangsangan yang sangat cepat

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero

    Kingdom animalia memiliki klasifikasi atau golongan yaitu kingdom animalia yang tidak mempunyai tulang bagian belakang (Vetebrata) dan ada pula yang telah mempunyai tulang belakang. Berikut sekilas uraian mengenai golongan hewan vetebrata (yang tidak mempunyai tulang bagian belakang) dan hewan invertebrate (yang sudah mempunyai tulang belakang).

    Jenis Hewan Yang Tidak Mempunyai Tulang Belakang (Vetebrata)

    1. Invertebrate, maksudnya adalah hewan-hewan yang multiseluler dimana memiliki tubuh yang berpori, jaringannya yang tidak terbentuk sama sekali, serta memiliki rangka dan juga memiliki saluran air untuk pembuangan.
    2. Coelenterate, maksudnya adalah hewan yang multiseluler diploblastic yang tubuhnya sudah terbentuk jaringan-jaringan, berwujud polip atau biasanya medusa dengan senjata yang merupakan tentakel yang memiliki penyengat, telah mempunyai rongga pencernaan, memiliki sistem saraf yang sangat sederhana dan pastinya tidak memiliki sistem ekskresi.
    3. Platyhelminthes, maksudnya adalah hewan yang merupakan triploblastic aselomata dengan tubuh yang simetri bilateral yang memiliki bentuk pipih, yang memiliki sistem saraf, juga mempunyai sistem pencernaan dengan satu lubang, tidak mempunyai sistem sirkulasi udara, respirasi, dan ekskresi.
    4. Nemathelminthes, merupakan hewan triploblastic pseudoselomata, dengan ciri memiliki tubuh simetri bilateral, berbentuk bulat panjang yang telah dilapisi kartikula dengan struktur pencernaan yang komplit.
    5. Annelida, merupakan hewan triploblastic selomata yang memiliki ciri tubuh simetri bilateral bersegmen, mempunyai otot, mempunyai sistem pencernaan yang komplit, mempunyai struktur sirkulasi, sistem saraf .
    6. Mollusca, maksudnya adalah hewan triploblastic yang mempunyai ciri simetri bilateral, memiliki tubuh yang lunak, hidup bebas di laut lepas, hidup di air tawar dan juga bisa mempunyai kehidupan di darat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berikutnya adalah penggolongan hewan yang mempunyai tulang bagian belakang (Invertebrata)

    1. Pisces, jenis dari pisces ini adalah jenis ikan yang mempunyai tulang punggung belakang.
    2. Amfibi, pastinya kalian sudah tau maksud dari amfibi ini, yaitu hewan yang mampu hidup di dua alam yakni air dan darat.
    3. Reptilia, berdasarkan faktanya reptilian merupakan hewan vertebrata pertama yang bisa beradaptasi di lingkungan yang kering.
    4. Aves, merupakan jenis hewan yang memiliki bulu-bulu pada tubuhnya.
    5. Mammalia, kata yang satu ini sudah tidak asing lagi didengar oleh kita, dimana hewan mamalia berciri memiliki bulu atau rambut, yang berkembang biak dengan cara melahirkan.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian dan Ciri-Ciri Kingdom Animalia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar