PENGERTIAN ENZIM DAN METABOLISME SEL

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada setiap makhluk hidup, enzim dan metabolisme itu merupakan 2 komponen yang biasa terdapat di dalam tubuh mereka,  kedua nya ini mempunyai peran yang teramat penting di dalam berbagai sistem yang terdapat dan bekerja dalam tubuh.

    Enzim dan metabolisme mempunyai keterkaitan antara satu dengan yang satunya lagi, sehingga terjadi timbal balik antar keduanya, untuk lebih singkat nya, kita bisa contohkan dengan sistem metabolisme yang terjadi dalam tubuh kita, di dalam sistem tersebut melibatkan enzim agar prosesnya dapat berlangsung secara mulus tanpa adanya hambatan atau gangguan. Metabolisme dan enzim pun punya makna / arti yang berbeda pula , berikut adalah arti dari kedua nya:

    • Enzim

    Enzim adalah salah satu zat yang bisa mempercepat reaksi namun ia tidak bisa bereaksi di dalam yang ada pada sel sel tubuh makhluk yang dimana di sel tersebut lah yang sedang terjadi suatu proses reaksi itu. Di dalam setiap sel pada tubuh yang terjadi suatu proses metabolisme pasti akan melibatkan zat enzim di dalamnya. Peran enzim di sistem tesebut yakni sebagai biokatalisator.

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Indraprasta Pgri

    Sifat sifat:

    • Jumlah yang di butuhkan Cuma sedikit / pada jumlah kecil saja.
    • Enzim hanya dapat aktif & bekerja pada pH dan suhu tertentu saja.
    • Cara kerja dari enzim yaitu dengan sistem bolak balik, misalkan zat enzim amilase yang ada di dalam mulut mempunyai fungsi agar zat lemak di ubah jadi asam lemak & gliserol, namun sebaliknya dengan fungsi lipase yang mengubah dua zat tersebut yaitu asam lemak dan juga  zat gliserol jadi lemak.
    • Zat enzim akan langsung rusak bila terkena zat yang terlalu tinggi atau pun terlalu rendah.
    • Cara kerja enzim yang sangat khas, maksudnya enzim cuma akan mengkatalisis satu senyawa saja tidak lebih, contoh: lipase akan menganalisis pepsin hanya dengan protein, dan amilse hanya dengan zat gula.
    • Metabolisme

    Maksud dari metabolisme yakni segala macam proses yang terjadi secara kimia pada tubuh , berarti sistem ini tak hanya terdapat pada manusia namun pada sebagian besar makhluk yang hidup, misalkan tumbuhan & hewan. Maksud dari sel sendiri adalah bagian paling kecil dari makhluk, yang dimana dari kumpulan sel akan terbentuk jaringan, dari jaringan akan jadi sistem organ, kemudian menjadi organ dan akan terus berlanjut sampai terbentuklah individu, begitulah seterusnya.

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Mahendradatta

    Macam macam dari metabolisme :

    Sebelumnya sudah di jelaskan arti dari metabolisme itu merupakan segala sesuatu bentuk reaksi, proses kimia yang bekerja di dalam sel sel dalam tubuh. Ada dua (2) macam metabolisme yakni:

    1.Anabolime

    Maksud dari anabolisme yaitu proses penyusunan senyawa yang sederhana jadi senyawa yang lebih kompleks atau lengkap lagi, contoh dari metabolisme ini seperti fotosintesis serta kemosintetik yang terjadi pada tumbuhan yang punya zat hijau atau klorofil.

    2.Katabolime

    Pada proses ini pemecahan  / uraian  senyawa yang lengkap atau kompleks jadi yang lebih sederhana lagi, ini merupakan kebalikan dari anabolisme. Pada proses katabolis pelepasan energi dari hasil pemecahan senyawa yang bersifat organik pun terjadi, contoh dari katabolis mencakupfermentasi dan juga respirasi  contoh ; berubahnya karbo jadi CO2 & H2O pada saat respirasi berlangsung, dan hasilnya yaitu energi bebas yang biasa di sebut dengan eksergonik.

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Pendidikan Nasional

    Dari penjelasan dia atas telah di uraikan secara terperinci tentang pengertian serta informasi tentang enzim dan metabolisme, dapat di simpulkan enzim & metabolisme adalah dua hal yang saling berkaitan / berhubungan antar satu sama lainnya, Karena sistem metabolisme sangat membutuhkan enzim agar proses yang ia lakukan bisa jalan tanpa adanya hambatan atau masalah yang berdampak besar pada tubuh.(Barnard)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PENGERTIAN ENZIM DAN METABOLISME SEL
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar