Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Mahendradatta

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Universitas Mahendradatta Denpasar didirikan pada 17 Januari 1963 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Sains no. 104 tanggal 9 Agustus 1962 dan diperkuat oleh keputusan Perdana Menteri Republik Indonesia, dr. Ir. Sukarno yang akhirnya berdamai dengan sahabatnya dalam perjuangan politik, yaitu (almarhum Shri Wedastera Suyasa).

    Dan tidak jarang diamati bahwa karena situasi nasional di era Orde Baru, Universitas Mahana akhirnya berubah nama menjadi Universitas Mahendradatta. Dan satu hal penting yang tidak dapat dilupakan adalah bahwa (almarhum) Shri Wedastera Suyasa, jauh sebelum ia mendirikan Unmar pada tahun 1963, bahwa ia juga menyumbangkan pemikiran dan kepercayaan Bung Karno pada pembentukan Fakultas Sastra di Universitas Udayana (pendahulu) Universitas Udayana).

    Lembaga Hindu yaitu Hindu Dharma parisada Indonesia (PHDI). Selain itu, Shri Wedastera Suyasa juga terlibat dalam memberikan kontribusi terhadap saran Presiden Sukarno dan menjadi tokoh perburuan paus di balik sejumlah proyek nasional yang berbasis di Bali, termasuk ide mendirikan Rumah Sakit Sanglah di Denpasar, gagasan tentang Bali Beach Hotel di Sanur, gagasan landasan pacu lintas laut di Bandara Tuban di Badung, gagasan menghidupkan kembali Museum Lukisan Ubud Gianyar, dan gagasan simbol untuk membangun karya agung negara, yaitu istana Presiden baru Tampaksiring Gianyar.

    Shri Wedastera Suryasa dan Bung Karno secara teratur mendiskusikan dialog dan dialog ini di sejumlah tempat di Bali. Itu benar, karena Shri Wedastera Suryasa kemudian menjadi ikon politik Partai Nasional Indonesia (PNI), yang memenangkan pemenang tahun 1955 di Bali.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Berkat kedekatan sejumlah tokoh Bali terkemuka. Salah satu karya yang dihasilkan adalah pembentukan Universitas Marhaen pada tahun 1963, dan kami sekarang menikmati hasil pengembangan hingga saat ini.

    Dan ini adalah tentang penolakan persetujuan Presiden Republik Indonesia pada tahun 1962 untuk menjadi Universitas Mahendradatta, universitas swasta pertama dan tertua (PTS) di Bali, bahkan salah satu yang tertua di Indonesia timur.

    Universitas Mahendradatta saat ini memiliki program sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2). Program sarjana meliputi program studi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) di Administrasi Negara, program studi dari Fakultas Hukum (HK), Fakultas Teknik (FK), program studi Teknik Bisnis dan Fakultas Ekonomi (FE), program Manajemen. Pada tahun 2007, Universitas Mahendratta dibentuk untuk mempertahankan program hukum pascasarjana (S2), yang berfokus pada hukum pemerintah dengan dikeluarkannya surat persetujuan oleh Departemen Pendidikan Nasional Indonesia, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi: 2071 / D / T2007 pada bulan Agustus 1, 2007.

    Sejak 2012, semua program studi di Universitas Mahendradatta telah diakreditasi oleh Mayor B. Kemudia pada tahun 2014, Nomor Keputusan Dewan Akreditasi Nasional (BAN-PT): 250 / SK / BAN PT / Akred / PT / VII / 2014 tentang institusi The College Akreditasi (AIPY) 19 Juli 2014 telah memutuskan bahwa Universitas Mahendradatta di Bali secara resmi terakreditasi. Unmar adalah PTS nomor 2 yang diakreditasi oleh 54 institusi PTS di wilayah Copertis VIII Bali Nusra. Sejauh ini, sudah ada 20 PTS terakreditasi.

    Pada tahun 2015, Program Pascasarjana Hukum (S2) memiliki Nomor Kredit Nasional (BAN-PT): 503 / SK / BAN-PT / Terakreditasi / M / V / 2015, 30 Mei 2015. Dengan akreditasi 100%, kualitas Universitas Mahendradatta disamakan dengan Universitas Negeri (PTN).

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam

    Berikut  Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Mahendradatta :

    Program Studi

    Strata

    No. SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Manajemen

    S1

    1832/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018

    2018

    B

    2023-07-17

    Ilmu Administrasi Negara

    S1

    2759/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016

    2016

    B

    2021-11-24

    Teknik Industri

    S1

    2760/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016

    2016

    C

    2021-11-24

    Ilmu Hukum

    S1

    2883/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016

    2016

    B

    2021-12-01

    Ilmu Hukum

    S2

    503/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2015

    2015

    B

    2020-05-30

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Visi dan Misi Universitas Mahendradatta :

    Visi

    Menjadi universitas yang berkualitas, berbudaya dan kompeten dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan nilai Tri Sakti Marhaenism

    Misi :

    1. Organisasi dan pengembangan pendidikan yang mandiri, profesional dan lebih baik ditandai dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dicti).
    2. Melakukan dan melakukan penelitian kualitatif dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    3. Melakukan pelayanan masyarakat dengan kepribadian yang konsisten dengan nilai-nilai Pancasila.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Mahendradatta
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar