Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Pendidikan Nasional

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Universitas Pendidikan Nasional, disingkat Undiknas, adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Denpasar, Bali. Perguruan tinggi ini didirikan oleh Prof. IGN Gorda, M.S dan drs. Ketut Sambereg, M.M. Sebelum namanya diubah menjadi Universitas Pendidikan Nasional, dinamai AKABA (Akademi Keuangan dan Perbankan) yang didirikan pada 17 Februari 1969 oleh Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional (YPKN).

    Universitas Pendidikan Nasional, atau lebih dikenal sebagai Undiknas, didirikan pada 17 Februari 1969. Undiknas Cikalbakal pada awal pendiriannya adalah sebuah akademi di bidang perbankan yang disebut Academy of Banks, disingkat AKABA.

    Pada tahun 1976, akademi mengubah namanya menjadi Akademi Keuangan dan Perbankan, dengan singkatan nama permanen AKABA. Untuk meningkatkan cakupan program pendidikan yang diselenggarakan oleh AKABA, pengembangan kelembagaan dilakukan pada tahun 1980 dengan perubahan menjadi AKABA di Sekolah Tinggi Keuangan Denpasar (STIK).

    Untuk memenuhi tantangan dunia pendidikan pada tingkat tersier yang semakin dinamis pada 1980-an, dan untuk mengakomodasi visi dan misi STIK Denpasar yang berkembang, pada 1984 STIK Denpasar meningkatkan status kelembagaannya menjadi universitas, yaitu Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), lembaga tersier yang beroperasi hingga hari ini.

    Saat ini, Undiknas memiliki 11 program studi, dengan ringkasan sembilan program studi sarjana (S1) dan tiga master (S2). Program studi sarjana adalah Studi Manajemen, Akuntansi, Studi Hukum, Studi Komunikasi, Ilmu Penasihat Pemerintah, Teknik Sipil, Teknik Listrik dan Teknologi Informasi.

    Sementara itu, program gelar master meliputi program Magister Manajemen, program studi Magister Administrasi Negara, dan Magister Ilmu Hukum. Ketiga program studi ini dikelola oleh program pascasarjana Undiknas, yang disebut Undiknas Graduate School.

    Untuk memenuhi tantangan dunia pendidikan yang terus berubah, Undiknas selalu meningkat, baik dari segi fasilitas, infrastruktur dan sumber daya. Kualitas guru dan staf pengajar masih meningkat untuk mendukung proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

    Semua upaya yang dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelaksanaan Tiga Pilar Pendidikan Tinggi di Undiknas telah membuahkan hasil yang menggembirakan dalam mencapai gelar akreditasi yang baik dan sangat baik dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). PT) untuk program studi di Undiknas.

    Baja Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Visi, Misi dan Tujuan Kampus Universitas Pendidikan Nasional :

    Visi :

    Unggul dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan konsep Tri Hita Karana, serta menghasilkan lulusan kewirausahaan berdasarkan hasil penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memprioritaskan nilai-nilai Pancasila.

    Misi:

    1. Melakukan proses belajar mengajar yang baik, berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, semangat usaha dan komitmen kepada Tuhan Yang Maha Tinggi.
    2. Melakukan penelitian yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengusaha.
    3. Melakukan layanan masyarakat berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    4. Melakukan berbagai bidang kerja sama dengan pihak lain, dibangun di atas semangat persatuan dan memberikan manfaat bagi semua pihak.
    5. Sebagai pelopor dalam implementasi Tri Hita Karana, dalam implementasi Tridharma Perguruan Tinggi melalui kreasi kreatif, wirausaha dan nilai-nilai Pancasila.

    Tujuan

    1. Memberikan peluang bagi komunitas akademik dalam pengembangan sains dan keterampilan untuk meningkatkan keterampilan mereka, sehingga menguasai dan mengembangkan sains dan sains serta sains dan teknologi berbasis penelitian.
    2. Memastikan bahwa rencana penelitian dan hasil berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan memperkuat semangat perusahaan.
    3. Melakukan pelayanan masyarakat berdasarkan hasil penelitian, menerapkan IPTEKS, menangkap masalah masyarakat dan solusi potensial berdasarkan konsep Tri Hita Karana, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
    4. Hasilkan pemahaman berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya mengembangkan sains dan teknologi dan kewirausahaan.
    5. Menjadi mitra strategis berbagai pihak secara nasional, regional dan global untuk mewujudkan kesejahteraan dan nilai-nilai Pancasila.

    Berikut Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Pendidikan Nasional :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Nusantara Manado

    Program Studi

    Strata

    No. SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Manajemen

    S2

    1224/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2019

    2019

    A

    2024-04-30

    Teknik Elektro

    S1

    3000/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019

    2019

    B

    2024-08-13

    Manajemen

    S1

    1693/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018

    2018

    A

    2023-07-09

    Ilmu Hukum

    S2

    3055/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2018

    2018

    B

    2023-11-13

    Ilmu Administrasi Negara

    S1

    0924/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017

    2017

    B

    2022-03-29

    Ilmu Hukum

    S1

    1224/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017

    2017

    A

    2022-04-25

    Teknik Sipil

    S1

    0665/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016

    2016

    B

    2021-06-02

    Ilmu Komunikasi

    S1

    139/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2015

    2015

    B

    2020-04-06

    Administrasi Publik

    S2

    140/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2015

    2015

    A

    2020-04-06

    Akuntansi

    S1

    1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015

    2015

    A

    2020-10-31

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Selain terakreditasi untuk setiap program studi, Undiknas sebagai lembaga (di tingkat universitas) juga terakreditasi oleh BAN-PT. Rentang akreditasi untuk Undiknas adalah B (Bagus). Akreditasi lembaga ini adalah manifestasi nyata dari komitmen Undiknas untuk menerapkan prinsip-prinsip manajemen universitas yang baik untuk pelaksanaan program pendidikan masyarakat, penelitian dan layanan.

    Sebagai universitas perubahan yang visioner dan mudah beradaptasi, Undiknas memiliki serangkaian visi, misi, dan tujuan strategis yang dirangkum dalam tiga pilar utama, yaitu: Global, Smart, dan Digital. Ketiga pilar ini sekaligus platform yang membentuk landasan paling penting bagi Undiknas dalam menetapkan langkahnya sebagai universitas internasional.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Pendidikan Nasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar