Cara Agar Betah Membaca Buku

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Membaca buku bukan lagi keharusan tetapi kebutuhan. Terutama untuk siswa yang sangat membutuhkan banyak wawasan, ide, atau teori yang mendalam. Semuanya bisa dilakukan dengan membaca buku. Meskipun banyak media dalam bentuk video, akan tetapi buku tetap nomor satu.

    Semua publikasi, jurnal, makalah dimaksudkan untuk membaca, bukan hanya untuk dilihat.  Membaca buku itu membosankan bagi sebagian orang. Tetapi jika memahaminya dengan lebih baik, membaca buku telah lama menjadi ciri khas orang-orang sukses.

    Sekalipun berpikir lagi, rektor kemerdekaan Indonesia Ir. Soekarno adalah karakter yang suka membaca buku. Selain itu, ia telah menerbitkan beberapa buku dalam bentuk buku. Pahlawan lain juga suka membaca buku.

    Demikian juga, hampir semua pengusaha sukses suka membaca dan memiliki koleksi perpustakaan pribadi. Dan kau? Lambat, jika Anda tidak terbiasa sekarang. Berikut sejumlah cara untuk merasa nyaman membaca buku.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Mulailah dengan buku yang topiknya membuat Anda penasaran

    Tidak rahasia lagi bahwa Anda harus mulai dengan hal-hal yang Anda sukai di awal. Ini memudahkan Anda untuk membiasakan diri dengan hal-hal baru. Membaca buku tentu memakan waktu.

    Tapi itu bisa tertipu dengan membaca buku-buku yang subjeknya membuat Anda penasaran. Seperti menonton film, membaca buku yang menurut kami cara kerjanya sangat menarik. Nagih dan ingin membaca lagi.

    2. Matikan ponsel agar fokus

    Fokus pada membaca buku. Mengapa? Sering membaca dengan banyak gangguan. HP adalah gangguan terbesar bagi kita sebagai generasi milenial. Semua kegiatan hiburan dan sosial melalui ponsel selalu menyatukan kita dan membuat kita berpuas diri.

    Saat mengerjakan sesuatu, kadang menggoda untuk membuka layar ponsel. Bahkan jika sama sekali tidak ada notifikasi. Apalagi ketika ada notifikasi, keinginan untuk membuka ponsel semakin memburuk. Untuk alasan ini, coba matikan telepon saat membaca buku.

    3. Gunakan waktu luang

    Sebagai seorang mahasiswa, Anda tidak hanya kuliah setiap hari. Melakukan misi, berteman, menghadiri seminar, mengoordinasikan pertemuan di organisasi atau komite, dll. Juga merupakan prioritas yang tidak dapat dilepaskan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nusantara Jaya, Makasar

    Oleh karena itu, siswa memerlukan manajemen waktu untuk menyelesaikan semua kegiatan dan tugas. Baca juga buku. Anda perlu mengatur jadwal tertentu sehingga Anda dapat meluangkan waktu. Misalkan ada waktu khusus untuk membaca buku hingga 5 halaman sebelum tidur.

    4. Mulai membaca

    Itu yang paling sulit. Tentu saja, begitu kita membayangkan betapa membosankannya membaca, otak kita akan ragu untuk memulainya. Itu sama jika Anda ingin memulai kegiatan lain. Awalnya kami merasa berat dan berpikir bahwa itu akan sulit dan tidak seperti yang diharapkan jika dilakukan.

    Caranya mudah. Mulai membaca, Anda tidak perlu mengajukan sebagian besar pertanyaan. Tepat di awal Anda akan merasakan bagaimana beban berkurang. Beban melakukan sesuatu akan benar-benar berubah jika Anda tidak ingin menghentikan aktivitas.

    Juga saat membaca buku. Cukup baca dulu. Kelak Anda akan merasa nyaman setelah 5 atau 10 menit berjalan kaki. Apalagi jika topik yang Anda baca membuat Anda penasaran.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    5. Mulailah membaca buku yang menghibur

    Untuk pemula yang tidak terbiasa membaca buku, baca buku dari buku menghibur. Jadi semua teman saya mengubah paradigma bahwa buku itu membosankan. Awal ini dapat digunakan oleh buku-buku seperti komik, novel dan lain-lain.

    Ini adalah serangkaian tips sederhana untuk membaca buku. Sederhana dan tidak rumit. Coba dulu, hasilnya akan ditampilkan nanti. Bersenang-senang sambil membaca.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Agar Betah Membaca Buku
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar