Target Populasi Sapi di Siak Ditingkatkan

Daftar Isi

    Foto: Bupati Siak (Humas)

    LancangKuning.com, SIAK -- Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, akan meningkatkan target populasi ternak sapi di Kabupaten Siak.

    "Dengan bertambahnya target, artinya kami dari Pemerintah Pusat kedepannya akan meningkatkan pelayanan kepada peternak di Kabupaten Siak. Kami akan memberikan pelayanan yang konkrit kepada peternak," ucap Sekretaris Nasional Upsus Siwab Maidaswar.

    Foto: Humas

    Kata Maidaswar, peningkatan target populasi sapi diiringi dengan adanya peningkatan pelayanan kepada peternak di Siak. Ini merupakan apresiasi terhadap upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Siak, untuk meningkatkan populasi dan kualitas ternak melalui Integrasi Sapi Sawit dan program teknologi Inseminasi Buatan.

    Baca Juga: Bupati Siak Minta Baznas Tingkatkan Kerjasama dengan Masyarakat

    Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, mengapresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan kontes ternak piala bergilir Bupati Siak tahun 2019 ini.

    "Kegiatan ini merupakan salah satu langkah, untuk memotivasi generasi muda untuk menggeluti dunia peternakan di Kabupaten. Karena saat ini data di nasional, kebanyakan yang menjadi peternak adalah para orang tua," katanya.

    Masih kata Maidaswar, secara Nasional Indonesia masih kekurangan 1.4 juta ekor sapi. Oleh karena itu, sampai saat ini Indonesia masih mengimpor daging sapi dari negara Australia dan India.

    "Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Pusat telah mencanangkan upaya khusus yakni sapi induk wajib bunting. Dengan cara perkawinan alami dan teknologi Inseminasi Buatan. Setelah dilaksanakan selama 3 tahun (2017, 2018 dan 2019) secara nasional, program tersebut berhasil melahirkan 4.5 juta ekor anak sapi," ucap Sekretaris Nasional Upsus Siwab.

    Baca Juga: Riau Jadi Tuan Rumah Pertemuan DBH Sawit Se-Sumatera 2019

    Dalam sambutannya, Bupati Siak Alfedri mengatakan meskipun beberapa kali tertunda. Akhirnya kontes ternak yang kedua kalinya dilaksanakan.

    Acara Kontes Ternak untuk tahun 2019, hanya Kabupaten Siak yang baru menyelenggarakan untuk di Provinsi Riau. Dan Alhamdulillah Kabupaten Siak telah menjadi salah satu sentral produksi daging sapi di Provinsi Riau. Dan untuk di Riau sendiri, pemenuhan daging terutama daging sapi baru sekitar 46%".

    Ucap Bupati Siak itu saat akan membuka kegiatan Kontes hewan ternak piala bergilir Bupati Siak tahun 2019, yang dilaksanakan di lapangan Bola Kampung Pinang Sebatang Timur, Kecamatan Tualang, Rabu (11/12/2019).

    Untuk meningkatkan jumlah populasi sapi di Kabupaten, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Siak telah melaksanakan berbagai program di antaranya Kawin alami, Integrasi Sapi Sawit dan program teknologi Inseminasi Buatan.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Semoga dengan adanya kegiatan kontes hewan ternak ini, akan menjadikan memotivasi kepada para peternak sapi di Kabupaten Siak, agar terus semangat untuk meningkatkan populasi dan kualitas daging sapi yang diternaknya,"

    Kadis Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak Susilawati juga selaku ketua panitia pelaksana mengatakan bahwa Kegiatan kontes ternak tahun 2019, merupakan iven tahunan yang kedua setelah diselenggarakan perdana pada tahun 2018 lalu.

    "Kontes ternak ini diselenggarakan sebagai wadah apresiasi kepada para peternak yang berprestasi, dan memotivasi para peternak untuk memproduksi ternak yang berkualitas, untuk meningkatkan nilai jual ternak itu sendiri", jelas Susi.

    kategori kontes ternak tahun 2019, sambung Susi, yakni sapi bali jantan hasil Inseminasi Buatan, sapi bali betina hasil Inseminasi Buatan, dan sapi extrim.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Alhamdulillah sejak tahun 2016, Kabupaten Siak dibantu dengan Balai Embrio transfer Cipelang, sudah melaksanakan teknologi Embrio transfer (bayi tabung). Jadi dengan adanya teknologi ini, untuk sekali suntik sapi kita bisa mendapatkan dua ekor sapi atau sapi kembar," ucap Kadis Perikanan dan Peternakan tersebut.

    Untuk informasi, dalam rangka Pekan Daerah ( PEDA ) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA ) ke XVI  tingkat Provinsi Riau tahun 2019, di Desa Bumi Mulya Kecamatan Logas Tanah Darat ( LTD ), Kabupaten Kuantan Singingi, pada bulan oktober lalu. Kabupaten Siak berhasil menjadi yang terbaik pada Kontes Hewan Ternak.

    Diakhir acara, panitia penyelenggara mengumumkan Pemenang kontes ternak piala bergilir Bupati Siak tahun 2019.
    Kategori sapi bali jantan hasil IB.
    Juara 1. Kecamatan Tualang.
    Juara 2. Kecamatan Siak.
    Juara 3. Kecamatan Dayun.

    Kategori sapi bali betina hasil IB.
    Juara 1. Kecamatan Mempura.
    Juara 2. Kecamatan Dayun.
    Juara 3. Kecamatan Siak.

    Kategori sapi potong extrim.
    Juara 1. Kecamatan Minas.
    Juara 2. Kecamatan Tualang.
    Juara 3. Siak.

    Juara umum kontes ternak piala bergilir Bupati Siak yakni Kecamatan Tualang. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Target Populasi Sapi di Siak Ditingkatkan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar