Jokowi Pinjam Sertifikat Tanah Orang Tua Demi Modal Usaha

Daftar Isi

     

    Foto: Presiden Jokowi

    LancangKuning.Com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah meminjam sertifikat tanah milik orang tuanya untuk modal usaha. Kala itu, ia membutuhkan modal sekitar Rp10 juta untuk memulai usahanya.

    Karena belum memiliki 'apa-apa' akhirnya ia menggadaikan sertifikat tanah itu ke bank.

    Baca Juga: Perbaikan Stadion Utama Riau Butuh Dana Rp40 Miliar

    Hal itu Jokowi sampaikan saat meninjau Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM), di Alun-alun Kota Cilegon, Banten, Jumat (6/12), melansir CNN indonesia.  

    Awalnya Jokowi mengatakan peserta program Mekaar saat ini sudah mencapai 5,9 juta orang. Ia berkata para nasabah Mekaar itu tak diminta menyerahkan jaminan atau agunan ketika mendapatkan modal usaha.

    Baca Juga: Gempa M 4 Terjadi di Kairatu Maluku

    "Artinya apa? Kenapa ibu ada yang diberi Rp2 juta, ada yang diberi Rp6 juta, ada yang diberi Rp8 juta, karena ibu-ibu dipercaya," kata Jokowi.

    Mantan gubernur DKI Jakarta itu lantas menuturkan bahwa dirinya harus menyerahkan agunan yang nilainya lebih dari pinjaman. Padahal, kata Jokowi, saat itu ia hanya membutuhkan uang sekitar Rp10 juta.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Padahal saya enggak punya agunan. Tanah enggak punya, sertifikat enggak punya, apa yang saya miliki enggak ada. Itu saya pinjam ke sertifikatnya orang tua saya untuk pinjam (uang) di bank," ujarnya.

    Jokowi lantas meminta kepada para nasabah Mekaar untuk benar-benar memanfaatkan pinjaman dari pemerintah karena tanpa agunan. Menurutnya, nasabah yang rata-rata ibu-ibu itu juga harus rutin mengangsur pinjaman yang diberikan.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Misalnya, angsurnya hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu itu sudah mulai menyisihkan untuk ditabung," tuturnya.

    Selain untuk membayar angsuran, kepala negara juga mengingatkan agar para nasabah Mekaar menyisihkan keuntungan dari usaha yang dijalani. Menurutnya, jangan sampai para nasabah tak memiliki tabungan dari usahanya.

    "Nabung itu penting karena kita punya anak-anak kita yang perlu sekolah, suami kerja iya, tapi kalau ada tambahan dari kita, dari ibu-ibu itu akan lebih memperkuat ketahanan ekonomi keluarga kita," katanya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jokowi Pinjam Sertifikat Tanah Orang Tua Demi Modal Usaha
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar