Musim Hujan Jangan Malas, Ini 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Indonesia merupakan daerah tropis jadi hanya ada 2 musim ya kalau tidak musim panas atau biasa disebut musim kemarau, ya musim basah atau yang lebih familiar musim hujan. Hal tersebut terjadi dipengaruhi adanya pergerakan titip semu matahari tahunan.

    Dari pergerakan tersebut dapat mengubah suhu udara serta permukaan tanah. Dan biasanya musim hujan ini terjadi pada saat bagian bumi ini berada di posisi zenith dari peredaran semu matahari.

    Namun, dengan adanya musim hujan tersebut banyak orang yang lebih memilih untuk tidak melakukan aktivitas apa-apa melainkan hanya tidur dan bermalas-malasan di rumah. Padahal hal tersebut sudah diketahui akan mengakibatkan tidak baik untuk kesehatan karena kurang nya aktivitas.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Pada waktu hujan, sebagian orang yang ada dipikirannya hanya makanan, baik itu makanan ringan maupun makanan berat. Namun di samping itu jangan lupa untuk tetap berolahraga. karena dengan berolahraga dapat meringankan otot-otot kita yang tegang dan tubuh kita kelihatan lebih fresh yang  lebih penting menghindari dari resiko penyakit.

     

    Aktif berolahraga memang tak dapat diragukan lagi manfaatnya. Oleh karena itu, musim hujan sebaiknya tidak kita jadikan alasan untuk berhenti berolahraga. Sebenarnya, banyak sekali jenis-jenis olahraga yang bisa kita lakukan di dalam ruangan sehingga hujan bukan lagi penghalang kita untuk rajin berolahraga.

     Berikut enam cara agar kita tetap aktif berolahraga meski musim hujan tiba: Baca juga: Cara Bugar Ala Susi Susanti: Rajin Olahraga dan Minum Susu

    1. Dansa

    Selain menyenangkan, jenis olahraga ini sangat efektif untuk membentuk seluruh otot tubuh dan menghempas kalori berlebih. Olahraga lari dan bersepeda memang terkenal ampuh untuk membakar kalori berlebih, namun jenis olahraga tersebut hanya menargetkan bagian otot tertentu saja. Sementara itu, saat kita berdansa seluruh bagian tubuh kita ikut bergerak. Jadi, jangan ragu. Segera nyalakan musik dan gerakan tubuh dengan mengikuti irama musik tersebut.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Analis Kesehatan Borneo Lestari

    1. Naik turun tangga

    Naik turun tangga juga bisa menjadi sarana kita untuk membentuk otot dan membakar kalori. Saat kita menaiki anak tangga, tubuh kita melawan gravitasi yang manfaatnya sama dengan olahraga lari.

     
    1. Lompat tali

    Lompat tali membutuhkan banyak koordinasi dan melibatkan lengan, bahu, punggung, paha depan, dan otot perut. Olahraga ini bisa kita lakukan di salah satu ruangan dalam rumah. Namun, kita harus berhati-hati saat melakukannya agar tidak merusak benda-benda yang ada di dalam rumah.

    1. Push up

    Olahraga yang mudah ini bisa membantu kita untuk memperkuat otot punggung bagian bawah dan inti. Olahraga ini juga bisa dilakukan di mana saja dan tidak membutuhkan peralatan apapun. Melakukan push-up secara konsisten juga bisa meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Sit up

    Olahraga ini sangat efektif untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut kita. Olahraga ini Selain itu, olahraga ini membuat otot rectus abdominis, abdominis transversal, dan oblique selain fleksor pinggul, dada, dan leher bekerja maksimal.

    Dengan cara ini, postur tubuh kita bisa terbentuk dengan baik dan menjadi latihan ideal untuk menjaga kebugaran kita.(Umi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Musim Hujan Jangan Malas, Ini 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar