Jam Gadang Bukit Tinggi Ikon Wisata Yang Wajib Dikunjungi

Daftar Isi

    LancangKuning.Com,- Jam Gadang di Bukit Tinggi merupakan salah satu wisata yang ada di Sumatera Barat. Keberadaan Jam Gadang bukan hanya sebagai pencuci mata saja bagi para wisatawan, namun Jam Gadang juga menyimpan sejarah, yang mana jam gadang yang ada di kota Bukit Tinggi ini adalah salah satu bangunan yang sudah ada sejak penjajahan Belanda dahulu kala.

    Jam gadang memiliki keunikan angka jam tersendiri, pada jam gadang ini angka IV romawi tidak ditulis demikian, namun ditulis dengan angka IIII, hal ini tentu sangat jauh berbeda dengan jam biasa yang beredar dan bahkan kita gunakan, tentu ada maksud tertentu dengan penulisan angka romawi tersebut pada jam gadang.

    Dengan bentuk gedung dan bangunan yang besar, maka sudah sangat layak jam ini dinamakan dengan jam gadang, karena memang, struktur bangunan jam gadang sangat besar, dengan luas sekitar 13x4 meter dan memiliki tinggi 26 meter, dengan memiliki gedung beberapa tingkat. Bandul jam terletak di atas bangunan yang paling atas.

    Tidak hanya bisa menikmati keindahan jam gadang di kawasan ini, para wisatawan juga bisa menikmati berbagai dagangan yang ada dengan harga yang sangat miring dan bahkan bisa ditawar, di lokasi ini juga terkenal dengan belanja harga murah. Tidak akan rugi jika berkunjung ke lokasi jam gadang, kita bisa menikmati berbagai macam belanjaan yang ingin dibeli dengan harga yang sangat murah meriah.

    Keindahan jam gadang juga tidak kalah menarik jika dilihat pada malam hari, akan terlihat semakin indah dengan berbagai kelap kelip lampu yang ada. Bangunan yang cukup besar ditambah luasnya taman di sekitar menambah asik untuk berlama-lama menikmati suasana yang ada.

    Keunikan jam gadang adalah hanya dibangun dengan kapur, putih telur dan pasir putih tanpa menggunakan besi penyangga dan adukan semen, selain itu jam gadang ini didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda melalui pelabuhan Teluk Bayur dan jam gadang digerakkan  secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit di dunia yaitu jam gadang dan Big Ben di London Inggris. Jam gadang diproduksi oleh pabrik Vortmann Relinghausen. Benhard Vortmann nama si pembuat jam gadang. (hyAzn)
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jam Gadang Bukit Tinggi Ikon Wisata Yang Wajib Dikunjungi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar