Dahsyat !!! Strategi Pengembangan Air Bersih Kota Pekanbaru, Dibagi Empat Zona

Daftar Isi

    LancangKuning.Com,- Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan pembagian empat zona pengembangan proyek air bersih. Hal ini bertujuan mengejar percepatan pengadaan air beraih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak dan menekan penggunaan sumur bor di Wilayah Kota Bertuah.

    "Ini merupakan upaya kita untuk melakukan percepatan pengadaan air bersih di Pekanbaru," Ujar Dedi Gusriadi, Asisten II Bidang Ekonomi Pekanbaru.

    Saat ini kata Dedi, pihaknya telah merancang pembagian wilayah pembangunan air bersih bersasarkan peruntukan dan keberadaan intake atau bangunan pengambilan air baku yang lebih dekat untuk satu wilayah. Dimana zona satu berada di kawasan kota lama dengan cakupan Kecamatan Pekanbaru Kota, Sukajadi, Senapelan, Sail, Lima Puluh,Tampan, Payung Sekaki.

    "Proyek dikerjasamakan antara PDAM Tirta Siak dengan pihak ketiga ini dia yang sekarang dibahas dengan spam Proyek Kerjasama Badan Usaha (PKBU)," Paparnya

    Sementara zona dua ada di wilayah Rumbai dan Rumbai Pesisir intakenya ada di Danau Buatan 100 persen dikelola oleh PDAM Tirta Siak. "Kini sudah berjalan dan jaringan pipanya sudah ada sejak 1972," Sampainya

    Lalu untuk zona tiga berada di wilayah Kecamatan Bukit Raya, Marpoyan dan Tampan, pengambilan intakenya dari Sistem Penyediaan Air Minum (Spam) Regional yang dikelola oleh Cipta Karya Provinsi Riau. Kemudian zona empat di Kecamatan Tenayan, pihaknya juga akan minta bantuan dana pembangunan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    Lanjut Dedi, Pemko sudah pinjamkan tanah kepada PDAM Tirta Siak seluas 1,5 hektare letaknya di Jalan Rejosari Rusunawa untuk lokasi intake.

    "Disana akan dibangun intake dengan dana APBN, sekarang dalam tahap perencanaan mudah-mudahan 2017 sudah mulai pembangunan fisiknya," sebutnya lagi

    Terakhir Dedi berharap, dengan upaya pembagian zona tersebut, pihaknya yakin untuk dua tahun kedepan ketersediaan air bersih di Pekanbaru oleh PDAM Tirta Siak akan maksimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat setempat."Mudah-mudahan sudah optimal, tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh. Sehingga tidak ada lagi yang pakai sumur bor," sampai Dedi.(Sn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dahsyat !!! Strategi Pengembangan Air Bersih Kota Pekanbaru, Dibagi Empat Zona
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar