Komunitas Riau 2020 Harapan Baru Intelektual Muda Riau

Daftar Isi

    Oleh : Nofri Andri Yulan, S.Pi (Koordinator)
     
    Proses perubahan suatu bangsa dimulai dari perubahan paradigma berfikir. Sebab cara berfikir dan apa yang difikirkan seseorang pada akhirnya akan menentukan model prilaku dan perbuatan orang tersebut.
    Melihat kondisi Riau hari ini seperti mengalami “kekosongan ide dan krisis keteladanan”. oleh sebab itu generasi muda potensial perlu berproses melakukan perbaikan diri secara kontinyu dan terarah. Generasi muda merupakan ujung tombak perubahan, dimanapun dan dizaman apapun. Perubahan seyogjanya dimulai dari pribadi, kelompok hingga masyarakat yang lebih luas. Menyadari peran strategis generasi muda tersebut, maka diperlukan wadah untuk mengelaborasi ide dan gagasan yang konstruktif menuju perbaikan bangsa dan Riau pada khususnya.


    Berangkat dari keresahan dan kesadaran akan tanggung jawabnya sebagai generasi muda, maka pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2015 dilakukan pertemuan dan diskusi intelektual. Diskusi diawali dengan membedah Visi Riau 2020 dari sisi sejarah dan filosofinya sekaligus melakukan identifikasi permasalahan dan tantangan yang dihadapi provinsi Riau kedepan. Diakhir diskusi  yang diikuti oleh perwakilan organisasi mahasiswa dan pemuda yang ada di Riau tersebut sepakat mendeklarasikan diri membentuk suatu wadah yang diberi nama Komunitas Riau 2020.


    Komunitas Riau 2020 menjadi sarana generasi muda untuk berproses dalam menjaga idealisme, menuangkan ide-ide konstruktif dan menjadi seorang negarawan yang siap berkontribusi bagi bangsa dan negaranya. Membangun arus pemikiran alternatif dalam melahirkan gagasan-gagasan intelektual diprovinsi Riau, mengedukasi masyarakat untuk turut terlibat dalam pembangunan dan menyelesaikan persoalan kebangsaan.
    Komunitas Riau 2020 menjadi wadah untuk membedah persoalan Riau dan Indonesia pada umumnya, meliputi persoalan ekonomi, politik, sosial-budaya, pendidikan, lingkungan hidup dll.

    Visi
    Melahirkan pemikir dan pemimpin muda alternatif

    Misi
    1. Memfasilitasi peran aktif generasi muda dalam pemikiran dan wacana intelektual

    2. Memperkuat peran komunitas pemuda dalam identifikasi dan solusi masalah ke-Riau-an

    3. Membangun karakter pemuda yang negarawan

    4. Membentuk pemikir-pemikir anti-mainstream

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komunitas Riau 2020 Harapan Baru Intelektual Muda Riau
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar