Cara Hilangkan Fobia Pada Pelajaran Matematika

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang dari kalian tidak mengenal dengan pelajaran matematika? Semua orang pasti sudah tak asing lagi dengan pelajaran yang satu ini dan tidak sedikit yang sulit memahami bidang studi ini. Yap, pelajaran hitung hitungan ini merupakan mata pelajaran yang sudah berada di jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA dan bahkan ada di jenjang perguruan tinggi.

    Mungkin sebagian dari kita hanya berpikir matematika itu hanya pelajaran yang Cuma hitung-hitung doang, tapi bukan itu definisi dari matematika.  Nah, apa sih sebenarnya matematika itu? kenapa kita diharuskan untuk mempelajarinya? Dan bagaimana cara mengatasi ketakutan atau fobia terhadap pelajaran yang satu ini? Nah, simak dibawah ini!

    Apa itu Matematika?

    Menurut salah satu ilmuan, Matematika (Math) atau yang sering disingkat MTK ini merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur struktur abstrak & pola relasi atau hubungan yang berada di dalamnya. Nah, kata matematika sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu mathein / manthenien / mathema, yang berarti mempelajari, pemikiran, pengetahuan, pembelajaran.

    Dalam pembelajaran nya, matematika ini melibatkan penalaran logika yang cukup kuat dan juga abstraksi untuk dapat melakukan penghitungan, pengukuran, pencacahan, dan pengkajian yang sistematis terhadap suatu object.

    Baca juga : Pelatih Legendaris Italia Kecam Sikap Ronaldo

    Kenapa Harus Belajar Matematika?

    Sebagian besar dari kalian pasti bertanya tanya, kenapa harus belajar matematika, sih? Lagipula cita cita saya gak ada hubungannya dengan matematika, jadi kenapa? Yap, mungkin benar, tetapi matematika tidak dipelajari hanya untuk menggapai cita-cita atau karir kalian saja, tetapi matematika ini memiliki banyak kelebihan dan manfaatnya jika dipelajari dan ditekuni, apa sajakah itu? Simak berikut ini :

    • Membuat kita lebih teliti, cermat, dan mengurangi kecerobohan

    Matematika dapat membuat kita lebih teliti, kenapa? Karena dari ilmu matematika yang terstruktur, mengharuskan kita untuk lebih teliti dan juga cermat dalam setiap langkah penyelesaian suatu persoalan.

    Jadi, matematika sangat membantu kita dalam melatih dan meningkatkan ketelitian kita, dan tentu saja hal ini dapat meningkatkan ketelitian dan kecermatan kita terhadap permasalahan/persoalan hidup kita setiap harinya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Dapat melatih berfikir kreatif, logis, dan juga kritis

    Dari hasil penelitian yang ada, matematika dinilai mampu membuat kita lebih kritis, kreatif dan lebih berpikir logis. Hal ini dikarenakan saat memecahkan suatu persoalan/masalah dalam matematika, kita akan dituntut untuk menemukan solusi yang tepat dan tidak diperbolehkan untuk melanggar aturan-aturan yang ada di dalam matematika. Nah, dari kegiatan tersebut, kita memaksa otak kita untuk berpikir lebih kritis dan logis.

    • Melatih kesabaran

    Nah, matematika juga berguna untuk melatih kesabaran, lho. Kenapa? Contohnya saja seperti saat kita menemukan permasalahan yang baru yang lebih kompleks di saat belajar matematika, terkadang ada rasa emosi dan bingung dalam menemukan solusinya, nah hal ini bisa kita jadikan sebagai tempat untuk uji kesabaran juga, lho.

    Nah, terbukti ,kan? Matematika ini sangat bermanfaat dalam kehidupan kita, jangan ada yang bilang matematika gak ada hubungannya dengan kehidupan sehari hari lagi, yah! Nah, gimana kalau kalian ingin belajar matematika, tapi masih fobia sama matematikanya, nah berikut cara hilangkan fobia terhadap matematika :

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Cara Hilangkan Fobia Pada Pelajaran Matematika

    Phobia atau rasa takut terhadap matematika (mathematics anxiety) merupakan gangguan yang dapat membuat seseorang tidak ingin berdekatan dengan hal hal yang berhubungan dengan matematika, contohnya saat melihat angka saja sudah pusing dan menyerah langsung. Nah bagaimana cara mengatasi fobia terhadap matematika ini? Dilansir dari wikiHow, berikut cara mengatasi fobia matematika  :

    1. Pahami gejala fobia matematika kalian, Jika kalian cemas / frustasi ketika bertemu dengan hal-hal yang berhubungan matematika, kemungkinan kalian memiliki fobia terhadapnya, hal ini bisa dibuktikan berdasarkan tingkat kepanikan kalian, paranoia(khawatir), minder, dan sikap pasif kalian.
    2. Akui kecemasan kalian terhadap matematika
    3. Mulailah mencari dan daftar di bimbel/kursus matematika di level yang tepat. Pastikan anda berada di level yang tepat untuk mulai belajar matematika, karena ini dapat mempengaruhi kecemasan & frustasi kalian.
    4. Pilih pembimbing/mentor yang sesuai dengan style belajar kalian, hal ini sangat berpengaruh pada tingkat pemahaman kalian dan kecepatan kalian dalam memahami dalam belajar matematika.
    5. Bertanya jika kalian tidak mengerti, jika ada satu hal saja yang tidak dimengerti, berusahalah untuk bertanya kepada mentor kalian, hal ini dikarenakan pelajaran matematika memiliki relasi setiap materinya, sehingga menuntut kita untuk memahami dasarnya untuk dapat melanjutkan ke materi selanjutnya.
    6. Kerjakan soal yang paling mudah dulu, hal ini sering disampaikan oleh guru dan orang tua kita, untuk mengerjakan hal yang dianggap mudah dulu, hal ini akan membantu kalian untuk tidak frustasi di awal-awal belajar.
    7. Sisihkan waktu kalian untuk belajar guna menghadapi ujian, hal ini membantu kalian untuk tidak frustasi & cemas saat malam sebelum hari ujian tiba.
    8. Susun rencana untuk tes-tes guna mengurangi tingkat kecemasan kalian
    9. Ubah cara belajar kalian, mulailah membagi bagi waktu dengan bijak dan efektif mungkin, ulangi materi yang telah kalian pelajari, dan coba untuk sering belajar bersama teman, pembimbing, ataupun kelompok (Dimas).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Hilangkan Fobia Pada Pelajaran Matematika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar