Cara ampuh menemukan topik skripsi yang bagus sesuai dengan minat sendiri

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Hai sahabat kuliah, beberapa diantara kalian pasti ada nih yang sedang kesulitan mencari topik skripsi yang bagus yang pastinya sesuai dengan minat kita sendiri. Biasanya Skripsi akan dikerjakan ketika hendak akan melaksanakan wisuda.

    Oleh karena itu, banyak diantara kita menjadikan skripsi sebagai beban dalam hidup sehingga kita selalu menunda-nunda waktu untuk pembuatan skripsi tersebut, namun, hal tersebut tidaklah baik dikarenakan jika kita terlalu memikirkan hal-hal akan menjadi beban justru akan mengganggu kesehatan kita. Untuk itu, saya akan memberi tips untuk sahabat mahasiswa semua bagaimana cara menemukan topik skripsi yang  baik dan bagus.

    1. Coba untuk menanyakan pada diri sendiri.

    Terkadang, ide-ide mengenai judul atau topik skripsi yang bagus itu datangnya dari diri sendiri, bukan dari orang lain. Karena, yang membuat skripsi adalah kita sendiri dan kita jugalah yang seharusnya lebih mengetahui mengenai topik dari skripsi yang akan kita buat. Biasakanlah untuk bertanya kepada diri sendiri dahulusebelum bertanya kepada orang lain. Karena, sesuatu yang baik datang dari diri sendiri bukan dari orang lain.

    Baca juga : The Minions Juara Fuzhou China Open 2019

    2. Mengamati lingkungan sekitar.

    Kadang kadang, tanpa kita sadari lingkungan menjadi dampak besar dalam perubahan yang kita rasakan. Nahh, dari sana cobalah kita untuk mengamati dan berfikir kira -kira apa yang menjadi kebutuhan kita untuk menjadi tema dalam pembuatan skripsi. Lingkungan sekitar bisa menjadi topik atau tema untuk membuat skripsi, karena kita melaksanakan Kuliah pasti berhubungan secara langsung dengan masyarakat dan tanpa kita sadari ternyata lingkungan sekitar dapat menjadi topik untuk membuat skripsi. Untuk itu, cobalah mengamati lingkungan sekitar kita.

    3. Coba untuk mendatangi sumber-sumber ilmu sebagai rujukan.

    Maksud dari mendatangi sumber-sumber ilmu adalah melangkah menuju perpustakaan. Di perpustakaan sangat banyak buku yang dapat menjadi referensi yang dapat membantu kita menemukan topik yang sesuai dengan minat kita. Terutama, buku senior yang sudah tamat bisa nih jadi sumber rujukan buat anda yang sedang kebingungan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    4. Coba untuk melihat lihat media ilmiah atau berita harian.

    Ide-ide yang briliant dapat datang dimana saja, dan kapan saja. Oleh, sebab itu jika anda masih kebingungan dalam menentukan tema skripsi, anda dapat membaca media-media ilmiah. Karena, biasanya media ilmiah dapat menjadi sumber inspirasi. Tidak hanya itu, cobalah kita untuk melihat berita, baik dari majalah, koran, maupun media sosial.

    5. Coba untuk saling bertukar pikiran dengan senior yang sudah tamat.

    Bukan hanya untuk menyambung tali persaudaraan, bertukar pikiran sama orang yang lebih berpengalaman akan membantu kita untuk menemukan solusi dalam menentukan topik yang sesuai dengan minat dan keinginan kita. Kakak senior biasanya dapat membantu kita dalam memecahkan sebuah masalah sebab, mereka lebih dulu menghadapi masalah tersebut jadi, mereka akan lebih paham jika dibandingkan dengan kita.

    6. Jika sudah menemukan ide, cobalah menemui dosen atau pembimbing.

    Hal tersebut akan jauh lebih membantu, karena terkadang mahasiswa meragukan kualitas ide yang dimilikinya dan langsung membuang ide tersebut sebelum meminta pendapat kepada dosen atau guru pembimbing. Nahh, untuk anda yang membaca artikel ini jangan sesekali melakukan hal ini, karena biasanya ide yang dibuang tersebut bisa menjadi briliant setelah kita konsultasi kepada mereka yang lebih paham akan skripsi tersebut.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Oke sahabat kuliah, cobalah melakukan enam hal diatas agar sahabat semua tidak kebingungan lagi mencari tema atau topik skripsi yang sesuai dengan minat sahabat semua. Janganlah ragu untuk melakukan enam hal diatas karena bisa saja menemukan ide di satu dari enam cara diatas. Semoga artikel yang saya buat bisa menjadi solusi bagi sahabat mahasiswa sekalian (Dani).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara ampuh menemukan topik skripsi yang bagus sesuai dengan minat sendiri
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar