Inspektorat Padang Pariaman wujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

Daftar Isi

    Foto: Inspektur Padang Pariaman Hendra Aswara memberikan arahan untuk wujudkan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di ruang kerjanya, Parit Malintang, Kamis (31/10)

    LancangKuning.com, Padang Pariaman -- Inspektorat Kabupaten Padang Pariaman terus mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan pembenahan dan peningkatan pembangunan zona integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Bahkan, dukungan tersebut terus digaungkan dalam setiap kesempatan, Sabtu (02/11/2019).

    Baca Juga: Serahkan hasil Reviu OPD, Inspektur: Dinas Arsip dan Perpustakaan yang terbaik

    “Kami mengajak OPD untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan, khususnya yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Hal ini juga untuk mewujudkan zona integritas menuju WBK/WBBM,” ujar Inspektur Padang Pariaman Hendra Aswara saat rapat staf di ruang kerjanya, Parit Malintang, Kamis (31/10).

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Dikatakannya, zona integritas adalah suatu komitmen bersama untuk menjadikan unit kerja yang bersangkutan menjadi WBK serta menghindari terjadinya penyimpangan. Acuannya, kata Hendra, adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Instansi Pemerintah.

    Baca Juga: Kakak Beradik Asal Indonesia Dilantik Jadi Tentara Amerika Serikat

    “Jadi, pengawasan bisa kita lakukan by sistem. Ketika ada komitmen individu maupun pimpinan organisasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik, maka standarnya sudah jelas. Tidak melakukan hal yang sifatnya merugikan masyarakat, misal pungutan liar, kutipan, korupsi dan sebagainya,” kata Alumni STPDN itu.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Dia menyebutkan, saat ini OPD yang sudah melakukan komitmen untuk membangun zona integritas adalah Dinas Dukcapil, Inspektorat, RSUD, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian. Pihaknya akan terus memberikan pendampingan, agar seluruh OPD masuk dalam zona integritas.

    “Kami ingin masyarakat merasakan kehadiran pelayanan aparatur Pemerintah Kabupaten Padangpariaman. Kami ada, kami melayani dan kami memberikan manfaat untuk mereka. Mudah-mudahan ke depan, seluruh OPD bisa komitmen dalam membangun zona integritas,” ujar mantan Kabag Humas itu.

    Baca Juga: Nunggak Iuran, Siap-Siap Ditagih 'Debt Collector'

    Diketahui bahwa Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemda yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Inspektorat Padang Pariaman wujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar