Jurusan Pilihan Kamu tidak Disetujui Ortu? Lakukan Hal ini

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ketika kita hendak menempuh pendidikan di Perguruan tinggi, tentu saja langkah awal yang harus kita lakukan adalah memilih jurusan. Pilihan kamu terkait jurusan ini bisa dikatakan hal yang sangat penting karena sangat berpengaruh untuk proses perkuliahan kamu dan juga memikirkan apa karir kamu ke depannya. Meskipun kadang kita lihat bahwa tidak semua orang sukses sesuai dengan jurusan kuliah mereka, tetap saja ini harus kamu pikirkan matang-matang agar kuliah kamu tidak stuck di tengah jalan.

    Dalam memilih jurusan ini tentu saja sangat berharap bahwa orang tua dan orang terdekat setuju seta mendukung pilihan kamu. Namun, terkadang tidak semua orang tua bisa menerima jurusan pilihan anaknya bahkan mereka memiliki pilihan sendiri agar anaknya mau mengikuti mereka. Tentu saja ini menjadi dilema tersendiri untuk kamu, apakah harus menyerah dengan pilihan dengan mengikuti keinginan orang tua atau tetap pada pilihan kamu.

    Sebelum kamu melakukan tindakan salah yang akan menjadi penyesalan nantinya ada baiknya kamu coba lakukan hal ini terlebih dahulu. Setelah itu barulah putuskan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Mendengarkan alasan orangtua

    Sebelum kamu marah atau tersulut emosi atau berpikiran buruk bahwa orang tua memilih jurusan karena jurusan tersebut bergengsi atau agar kamu bisa menghasilkan uang lebih baik kamu menanyakan terlebih dahulu apa alasan mereka memilihkan jurusan tersebut untuk kamu.

    Bisa saja orang tua kamu beranggapan bahwa anaknya memiliki potensi besar di jurusan pilihan mereka, karena terkadang memang kita tidak mampu menilai potensi yang kita miliki sendiri sehingga peran ortu juga penting di dalamnya. Mungkin saja kamu tidak menyadari bahwa kamu memiliki potensi di dalam sebuah jurusan yang dipilihkan. Pada intinya, sebelum kamu marah atau kesal ada baiknya mendengarkan dulu alasan mereka.

    1. Bandingkan pilihan ortu dan kamu

    Sebelum kita memilih jurusan tentu saja kita mencari informasi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya terkait jurusan yang hendak kita pilih. Seharusnya kamu juga melakukan hal yang sama terlebih dahulu mengenai pilihan orang tua kamu. Kamu bisa mengali informasi kepada orang yang sudah lebih dahulu memilihnya, tidak hanya sisi positifnya saja kamu juga harus menanyakan sisi negatifnya. Setelah itu lakukan perbandingan dengan pilihan kamu.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Islam Kuantan Singingi

    1. Pertimbangkan kemampuan baru minat

    Mungkin pada awalnya kamu merasakan suatu minat terhadap jurusan tersebut sehingga kamu sangat ingin sekali melanjutkan kuliah sesuai minat tersebut. Tahukah kamu, terkadang minat tersebut bisa memudar bahkan menghilang sehingga ini suatu bentuk bukti bahwa minat seseorang bisa saja berubah-rubah. Ketimbang memilih jurusan sesuai minat ada baiknya kamu mempertimbangkan kemampuan kamu. Pilihlah sesuai apa yang kamu mampu, hal ini tujuannya agar kamu tetap bisa menjalani kuliah dengan baik meskipun

    1. Sampaikan pilihan dengan baik

    Jika kamu sudah mendengarkan alasan orang tua, mempertimbangkan sesuai bakat dan membandingkan pilihan kamu dan pilihan orang tua maka kamu akan tiba pada tahapan menetapkan pilihan. Ketika kamu sudah memantapkan pilihan, maka kamu harus menyampaikannya secara baik-baik kepada orangtua. Apabila mereka tidak setuju, cobalah memberikan penjelasan secara detail kepada mereka.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kamu bisa menjabarkan riset mengenai pilihan kamu, dengan menyertai alasan sesuai minat dan kemampuan kamu. Nah, mereka akan mengerti jika kamu menjelaskan dengan terperinci hingga mereka setuju terhadap pilihan kamu.

    1. Rundingkan

    Apabila kamu menemukan situasi dimana orang tua kamu teguh dengan pilihannya, kamu jangan ngambek atau malah ngotot dengan pilihan kamu. Jika kamu bersikap seperti anak kecil itu akan membuat mereka semakin tidak rela dengan pilihan kamu. Cobalah kamu rundingkan dengan mereka terlebih dahulu dengan memberikan beberapa opsi.

    Misalnya kamu setuju mencoba pilihan mereka selama satu tahun, jika kamu merasa tidak nyaman dengan itu kamu harus bilang ke mereka bahwa kamu diizinkan pindah meskipun sudah berusaha maksimal. Syukur-syukur kamu merasa nyaman dengan pilihan mereka. Atau kamu juga mengajukan opsi lain dimana meminta mereka untuk mencoba pilihan kamu selama satu tahun dengan konsekuensi jika selama waktu yang diberikan tidak mendapatkan nilai memuaskan kamu ikhlas untuk pindah sesuai pilihan mereka.

    Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan apabila kamu mengalami dimana jurusan pilihan kamu tidak direstui olah orangtua. Semoga bermanfaat.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan Pilihan Kamu tidak Disetujui Ortu? Lakukan Hal ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar