Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hutama Abdi Husada Tulungagung

Daftar Isi

    LancangKuning.com - STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo Nomor 1, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Universitas ini telah berdiri sejak tanggal 3 Agustus Tahun 2009 di wilayah kopertis 7. Hingga saat ini Universitas Soerjo telah memiliki total 2 prodi D3, 1 prodi S1, dan 1 prodi profesi.

    Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung, tentunya perlu terlebih dahulu mengetahui program studi apa saja yang ada di universitas ini. Pada artikel ini kami akan memberikan informasi seputar akreditasi jurusan yang ada di STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung.

    Program Studi

    Strata

    Akreditasi

    Status

    Keperawatan

    D3

    B

    Berlaku hingga 31 Agustus Tahun 2023

    Analisis Kesehatan

    D3

    B

    Berlaku hingga 31 Agustus Tahun 2023

    Keperawatan

    S1

    B

    Berlaku hingga 28 Juli Tahun 2022

    Ners

    Profesi

    B

    Berlaku hingga 28 Juli Tahun 2022

    Sumber : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Keperawatan

    Keperawatan merupakan profesi yang menarik, karena perawat merupakan garis depan layanan suatu instansi kesehatan. Mereka akan bekerja bersama para praktisi kesehatan seperti dokter dan juga bekerja bersama pasien dan keluarganya dalam memberikan informasi tenang kondisi pasien.

    Tugas seorang perawat sangat beragam tergantung pada spesialisasi, dan tempat mereka bekerja. Akan tetapi, tugasnya akan meliputi menjaga dan mengawasi kondisi pasien, memberi obat–obatan, membuat laporan dan bekerja sama dengan dokter, dan banyak lagi.

    Program studi keperawatan akan mempelajari banyak hal seperti pengetahuan dasar tentang tubuh manusia, keterampilan klinik, keperawatan komunitas, keluarga, dan jiwa, serta keterampilan manajemen keperawatan bangsal. Jurusan ini menggabingkan ilmu sains serta ilmu sosial.

    Tidak banyak orang yang tertarik dengan profesi perawat, sebab menjadi perawat lebih mengutamakan pengabdian dibanding dengan profit. Seorang perawat akan mendedikasikan diri untuk merawat dan mendampingi pasien. Jika kamu tertarik dengan dunia keperawatan, maka pilihlah jurusan ini.

    Seorang perawat tentunya sangat dibutuhkan di setiap instansi kesehatan. Sekarang profesi perawat sudah spesialisasi, diantaranya adalah keperawatan medical bedah, keperawatan anak, maternitas, gerontik, keperawatan jiwa, gawat darurat, manajemen keperawatan, serta keperawatan keluarga dan komunitas.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Analisis Kesehatan

    Program studi analisis kesehatan atau di beberapa universitas disebut dengan teknologi laboratorium medik, adalah program studi yang bergerak pada bidang sarana kesehatan,  bertugas melakukan penelitian pada bahan yang berasal dari seorang manusia ataupun yang tidak berasal dari manusia untuk menentukan dan mengenali jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor lainnya yang dapat memengaruhi kesehatan seorang manusia.

    Mungkin sebagian orang istilah dari analisis kesehatan memang masih agak asing. Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata analisis kesehatan? Mungkin anda akan berpikir seorang yang bekerja sebagai dokter, perawat, ataupun apoteker. Ada banyak profesi yang bergerak di bidang kesehatan, seperti profesi yang berasal dari lulusan jurusan “analisis kesehatan” atau bisa disebut juga “pranata laboratorium”.

    Analisis kesehatan memiliki peranan yang sangat penting dalam kepentingan kesehatan manusia, yaitu sebagai pelaksana teknis dan peneliti dalam laboratorium medis. Seorang yang ahli di bidang analisis kesehatan harus memiliki keterampilan serta tanggung jawab tinggi dalam melaksanakan pekerjaannya. Ini dikarenakan profesi ini dapat beresiko sangat fatal jika terjadi kesalahan.

    Baca juga : Satukan Persepsi Kembangkan Potensi Daerah

    1. Ners

    Program studi ners adalah program studi lanjutan untuk program keperawatan, yang wajib ditempuh setelah menyelesaikan kuliah program akademik sarjana keperawatan. Jika seorang lulusan prodi keperawatan ingin menjadi seorang perawat di rumah sakit, maka ia harus mengikuti prodi ners terlebih dahulu. Tujuan dari penyelanggaran program studi satu ini adalah untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman profesional dalam memberikan layanan keperawatan.

    Jurusan ini akan mempelajari ilmu dalam bidang keperawatan seperti keperawatan medikal, bedah, maternitas, keperawatan anak, dan lain sebagainya. Juga akan mempelajari bidang keperawatan unggulan yaitu keperawatan paliatif dan pendampingan orang sakit (Attalah).

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hutama Abdi Husada Tulungagung
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar