Menjaga Kesehatan Mental Dalam Keluarga Dengan Menanamkan Kebiasaan Ini

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Saat ini kita sering mendengar adanya gangguan kesehatan mental baik pada anak-anak hingga orang dewasa. Mental ini memiliki peranan yang sangat penting di hidup kita, jika kesehatan mental kita tidak bagus tentu saja akan banyak hal terasa asing dalam kehidupan.

    Agar bis menjaga kesehatan mental ini dengan baik sebenarnya bukan hal yang sulit, kita bisa memulainya dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana. Sebagaimana kita lihat bahwa kebanyakan kita fokus mengali informasi seputar bagaimana tubuh bisa sehat dengan tetap bugar dan prima. Sama halnya dengan itu, kesehatan mental ini juga harus diperhatikan seperti itu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kesehatan mental ini akan membantu kita dalam mengelola perasaan kita serta bagaimana cara menghadapi ragam kondisi dalam hidup. Cara sederhana yang bisa diterapkan untuk menjaganya sangat mudah, bisa di awali dari lingkungan keluarga. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa ditanamkan :

    1. Membiasakan diri sarapan

    Sarapan adalah salah satu kegiatan yang berperan penting kita lakukan, tidak hanya untuk kesehatan tubuh agar semangat beraktivitas namun juga untuk mental kita. Gula darah kita akan mengalami penurunan dan organ-organ tubuh akan terganggu jika kita tidak sarapan. Dampaknya perlahan-lahan akan mengalami degenerasi dikarenakan asupan gula untuk memasok nutrisi ke otak tidak mencukupi.

    Hal ini akan memicu turunnya kinerja intelektual sepanjang hari, kurangnya asupan gula darah ini juga akan menyebabkan kecemasan dan depresi.

    1. Tidur yang cukup

    Untuk menjaga kesehatan mental, seseorang harus memenuhi kebutuhan tidur sehari sekitar 6-8 jam. Jika jumlah tidur ini tidak cukup maka tubuh anda tidak mampu bergenerasi. Karena stress banyak orang yang tidak bisa tidur padahal sudah larut malam, apabila menjadi kebiasaan hal ini mempengaruhi proses kognitif. Sehingganya akan menyebabkan stress, depresi, depresi, murung serta jika dalam waktu panjang bisa menyebabkan stroke jika anda kurang tidur.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Presiden

    1. Olahraga bersama secara rutin

    Ketika kita berolahraga maka Hormon Endorfin bisa membantu mengyingkirkan stress serta bisa meningkatkan suasana hati kita. Berolahraga ini mampu menjadi solusi dalam menjaga kesehatan mental dan juga cara ampuh dalam menangkal stress, kecemasan dan depresi.

    Agra mendapatkan manfaat olahraga yang maksimal bisa melakukan olahraga setiap harinya minimal 30 menit di luar ruangan. Karena tubuh akan menghasilkan vitamin D serta mampu meningkatkan serotonin di otak dengan bantuan sinar matahari.

    1. Tumbuhkan self image positif

    Cara kita memikirkan bagaimana tentang diri kita sendiri menurut sebuah penelitian mempunyai efek kuat pada kejiwaan. Kita akan merasakan efek negatif jika kita memandang hal negatif pada diri kita sendiri. Sehingga penting bagi kita dalam menghindari kesehatan mental seperti stress, kecemasan dan depresi denga membiasakan diri kita menggunakan kata-kata baik serta lebih positif.

    Tentu saja bukan hal yang mudah dan membutuhkan proses agar bisa memiliki pandangan positif dalam diri sendiri ini, dan untuk para orang tua biasakan pada anak-anak sedini mungkin.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Menuliskan hal-hal yang perlu disyukuri

    Salah satu treatment yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup yaitu menuliskan banyak hal yang harus kita syukur. Perasaan bahagia akan kita dapatkan dengan memperbanyak rasa syukur, nah cara sederhana meningkatkan rasa syukur ini kamu bisa menuliskan hal-hal itu setiap harinya.

    Memperbanyak bersyukur dengan berenung dan berterima kasih paling tidak kita bisa mengurangi beban hidup yang kita rasakan.

    Itulah beberapa kebiasaan sederhana yang bisa anda lakukan agar menjaga kesehatan mental.(ut)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menjaga Kesehatan Mental Dalam Keluarga Dengan Menanamkan Kebiasaan Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar