Pertolongan Pertama untuk Henti Jantung

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Henti jantung adalah gangguan kesehatan pada jantung ketika jantung berhenti atau hilangnya fungsi jantung dalam memompa darah karena tidak mampu mengeluarkan nadi. Henti jantung ini bisa dikatakan umum terjadi dan sering.

    Ketika seseorang mengalami henti jantung ini mungkin sebagian besar kita mengalami kebingungan dalam mengambil tindakan. Terlebih orang awam yang tidak memahami kondisi seperti ini, apalagi jika tempat medis jauh dari lokasi maka akan menyulitkan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mengatasi permasalahan henti jantung ini saharusnya harus memberikan pertolongan pertama kepada korbannya, namun kita mungkin tidak tahu pertolongan seperti apa diberikan. Dilansir dari health.detik bahwa spesialis jantung sekaligus kepala staff medis emergency dan ICCU RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita yaitu dr Dafsah Juzar, SpJP mengatakan bahwa apabila henti jantung ini tidak lekas dikompresi, suplai oksigen oleh darah ke otak akan terhenti. Akibat fatal karena kondisi ini yaitu menimbulkan kerusakan otak jika dibiarkan dalam waktu dua menit saja.

     

    "Lalu kalau jantung dan organ lain tidak dapat oksigen darah bersih, itu asam tubuh akan tinggi dan akan menyebabkan organ itu tidak bisa berfungsi. Rata-rata waktu krusial untuk beri pertolongan pertama itu 2 sampai 5 menit. Kalau lewat dari itu, biasanya jantung tidak bisa lagi kembali," tegas dr Dafsah.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Keperawatan Jambi

    Pertolongan pertama untuk henti jantung ini yang bisa kita lakukan adalah pemberian kompresi. Hal ini berfungsi dalam mengambil alih fungsi jantung yang berhenti tersebut supaya darah tetap terus bisa mengalir ke seluruh tubuh. Mencari bantuan sebelum melakukan kompresi terlebih dahulu jangan dilupakan. Karena untuk keberhasilan pertolongan tetap memerlukan bantuan tim medis advance.

     

    Berikut beberapa tips sekaligus langkah-langkah yang diberikan oleh dokter Dafsah dalam memberikan pertolongan pertama pada korban henti jantung :

    1. Pastikan korban dalam posisi lingkungan aman. Kalau ini terjadi tiba-tiba dan korban tidak mengalami trauma leher, segera baringkan di tempat yang rata.

    2. Cari bantuan pertolongan medis untuk meningkatkan keberhasilan pertolongan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    3. Pastikan posisi kepala korban menengadah agar jalan napas ke paru-paru terbuka.

    4. Pastikan memang tidak ada nadi, respon, dan napas pada korban. Segera lakukan bantuan kompresi awal. Lakukan kompresi pada bagian tengah tulang dada setinggi puting susu dengan kedalaman 5 sampai 6 sentimeter. Lakukan kompresi dengan kecepatan 100 kali per menit sampai korban sadar atau bantuan medis tiba.

    itulah tips yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada henti jantung dari dokter Dafsah.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pertolongan Pertama untuk Henti Jantung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar