Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yashafa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa sih yang tidak tahu apa itu pertanian? Saat kalian mendengarnya, sudah pasti akan berpikir tentang sawah, petani, padi, dan yang berada di ruang lingkupnya. Yap, tanpa petani dan pengolahnya, manusia tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Tetapi, masih saja ada orang-orang yang meremehkan pekerjaan ini, dengan alasan yang tidak masuk akal.

    Orang -orang seperti itu tidak berhak berpikiran seperti itu, karena sistem pertanian di zaman sekarang ini sudah jauh berbeda dari zaman dahulu, karena kebanyakan sudah menggunakan teknologi-teknologi yang disebut-sebut terjamin kualitas nya, ditambah lagi sekarang sudah ada ilmu atau strategi yang dapat menghasilkan keuntungan lebih. Strategi tersebut misalnya, agribisnis yang memperoleh keuntungan besar dengan mengelola aspek budidaya hingga ke pemasaran.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Nah, yang seperti itu dapat mengubah ekonomi para petani-petani dan cara pandang orang awam terhadap pekerjaan di bidang ini. Namun dimana tempat kita bisa pelajari hal hal seperti itu? Nah, kalian bisa belajar di sekolah tinggi / kuliah yang bergerak di bidang pertanian, sob. Salah satunya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yashafa (STIP Yashafa).

    Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yashafa merupakan perguruan tinggi swasta yang bergerak di bidang pertanian yang berlokasi di JL. Singkil-Subussalam Km. 12, Kota Subulussalam, Aceh, Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yashafa sudah berdiri sejak 5 September 2003 dan sekarang sudah memiliki dua jurusan atau program studi, yaitu S1 Agro teknologi dan S1 Agribisnis.

    1. Agro teknologi

    Mungkin banyak dari kalian yang asing dengan sebutan agro teknologi. Agro teknologi sendiri merupakan gabungan dari agronomi dan teknologi yang mempelajari pengelolaan suatu komoditas dari bentuk bibit, hingga hasil berbentuk produk. Agro teknologi lebih fokus ke teori dan praktik terkait tanaman dan tumbuhan, pengelolaan tanah, holtikultura, proses tanam, pengelolaan, serta panen yang baik dan lain-lain.

    Program studi agro teknologi ini sendiri memiliki mata kuliah seperti, Ilmu Pertanian, Ilmu Tanaman, Biometrika, Rekayasa Tanaman, Evaluasi Lahan, dan masih banyak lagi. Sehingga program studi ini diharapkan nantinya dapat menghasilkan lulusan yang dapat meningkatkan kesuksesan dalam panen, sehingga dapat membantu ekonomi dan kesejahteraan petani dan para masyarakat di suatu wilayah. Program studi Agro teknologi di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yashafa memiliki :

    • Strata                  : S1
    • Akreditasi            : C
    • No. SK                 : 914/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018
    • Tanggal Berakhir : 03 – 04 – 2023

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Lulusan dari program studi agro teknologi ini memiliki prospek kerja seperti di bawah ini :

    a. Konsultan Pertanian

    Kalian bisa menjadi seorang konsultan dan menjadi mitra dari pengelola-pengelola pertanian di suatu wilayah, kalian juga bisa menjadi penyuluh pertanian, baik di swasta atau lembaga pemerintah seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

    b. Akademisi dan Peneliti

    Kalian dapat menjadi akademisi dan peneliti yang bergerak di bidang pertanian, tetapi untuk sektor yang penting ini, kalian tidak bisa hanya dengan gelar sarjana atau diploma saja, kalian harus melanjutkan ke jenjang berikutnya seperti S2 dan S3. Hal ini dikarenakan, agar ilmu yang di dapat lebih dalam dan lebih kompleks serta lebih bisa memengaruhi orang-orang karena ilmu dan gelar yang kalian miliki. Sehingga lebih mudah membantu dalam pengembangan di bidang pertanian.

    c. Wirausahawan

    Menjadi wirausahawan jauh lebih menguntungkan. Kalian bisa menjalankan usaha atau bisnis seperti, bisnis pada komoditas holtikultura, perkebunan, dsb. Lalu, bisnis di bidang perbenihan, industri, dan pestisida, dan juga menjual produk-produk di bidang pertanian.

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio

    2. Agribisnis

    Agribisnis merupakan gabungan dari Agriculture dan Business, yang artinya manajemen atau bisnis yang bergerak di bidang pertanian dan yang berada di ruang lingkupnya. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, untuk program studi Agribisnis sendiri mempelajari segala aspek budidaya dari bentuk bibit, pengolahan hasil dari pertanian, manajemen usaha dan kewirausahaan, serta pemasaran produk.

    Contohnya, kalian punya ternak sapi dan perkebunan, dari situ sapi akan menghasilkan kotoran dan diubah menjadi pupuk, susu yang dapat dijual ke industri-industri yogurt dan keju, lalu daging yang dijual ke restoran-restoran steak dengan harga mahal, lalu pupuk tadi dibagi ada yang dijual dan ada yang digunakan untuk perkebunan, lalu kebun anda panen sukses, sebagian untuk membantu pertumbuhan ternak sapi dan sebagiannya di jual-jual ke pasar dan industri yang membutuhkan, lalu hasil yang didapatkan sebagian untuk modal ternak sapi dan kebun kalian, dan selebihnya menjadi keuntungan kalian, lalu siklus nya berputar lagi. Bagaimana? Menggiurkan bukan? Program studi Agribisnis di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yashafa ini memiliki:

    • Strata                  : S1
    • Akreditasi            : B
    • No. SK                 : 2166/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2018
    • Tanggal Berakhir : 07 – 08 – 2023

    Prospek kerja yang bisa kalian dapatkan dari lulusan program studi ini, seperti penyuluh di sektor pertanian, manajer pemasaran, distributor, peneliti pertanian, dsb (Dimas).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yashafa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar