Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Cahaya Surya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari seni mencatat, menganalisis, dan melaporkan suatu transaksi keuangan. Program studi akuntansi menjadi salah satu program studi yang sangat diminati. Ini disebabkan oleh perusahaan yang selalu membutuhkan seorang akuntan.

    Akuntan adalah seorang yang bertugas dalam menyusun, membimbing, mengawasi, dan memperbaiki tata administrasi di dalam suatu instansi perusahaan atau pemerintahan. Seorang akuntan memiliki tanggung jawab dalam mengontrol arus kas suatu perusahaan, mengumpulkan dan menganalisa data keuangan serta membuat laporan, mengelola pajak perusahaan, mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Apakah anda berminat untuk mengikuti program studi satu ini? Politeknik Cahaya Surya menyediakan program studi satu ini dengan program kuliah D3 dan akreditasi B. Politeknik cahaya surya terletak di Jalan Kyai Mojo No. 33, Kediri, Jawa Timur.

    Macam – Macam Bidang Akuntansi

    1. Akuntansi Keuangan

    Akuntansi keuangan adalah bidang yang berfokus dalam pengelolaan laporan keuangan suatu instansi perusahaan terhadap pihak eksternal seperti investor.

    1. Akuntansi Manajemen

    Akuntansi manajemen bertugas dalam mengelola informasi akuntansi yang dapat digunakan untuk membantu manajer dalam menentukan keputusan bisnis.

    1. Audit

    Audit adalah proses verifikasi dan pengevaluasian terhadap suatu instansi perusahaan. Dalam hal “akuntansi” audit bisa diartikan sebagai akuntansi pemeriksaan yaitu proses pemeriksaan laporan keuangan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

    1. Sistem Informasi Akuntansi

    Sistem informasi akuntansi atau disingkat SIA adalah sebuah sistem yang bertugas dalam mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data keuangan suatu instansi perusahaan. Banyak perusahaan yang menggunakan sistem informasi berupa kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI).

    1. Akuntansi Pajak

    Akuntansi perpajakan adalah bidang akuntansi yang berfokus dalam menetapkan besarnya pajak terutang, serta berfungsi untuk mengelola data yang berguna dalam penyajian laporan keuangan terkait perhitungan pajak.

    1. Akuntansi Forensik

    Akuntansi forensik adalah praktik yang menggabungkan ilmu akuntansi dan investigasi dalam memecahkan suatu konflik aktual terkait masalah keuangan seperti dugaan fraud.

    1. Akuntansi Sektor Publik

    Akuntansi sektor publik adalah bidang yang mempelajari proses pencatatan, pengumpulan, analisa, serta pembuatan laporan terkait transaksi keuangan untuk sebuah instansi publik yang dapat menyediakan informasi terkait keuangan kepada pihak yang membutuhkan.

    Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

    Jurusan akuntansi memiliki banyak peluang pekerjaan selain menjadi tenaga akuntan, berikut adalah macam -macam prospek kerja jurusan akuntansi:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Akuntan Publik

    Akuntan publik adalah seorang akuntan yang bekerja secara independen dan tidak terikat oleh perusahaan manapun. Seorang akuntan publik menawarkan jasa berupa audit umum terkait laporan keuangan. Seseorang dengan profesi ini diharuskan untuk mengerti regulasi perpajakan dengan baik. Pendapat yang disampaikan oleh akuntan publik biasanya lebih netral dibandingkan dengan akuntan internal yang terikat dengan suatu perusahaan.

    1. Auditor

    Perusahaan manapun tentunya memerlukan seorang auditor yang bertugas untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan agar tidak terjadi suatu penyimpangan. Seorang auditor diharuskan memiliki kejujuran yang tinggi agar tidak terjadi penyimpangan dalam perusahaan.

    1. Konsultan Keuangan

    Seorang konsultan keuangan bertugas untuk memberikan saran dalam hal tujuan – tujuan keuangan, serta membantu dalam merancang cara untuk mencapai tujuan – tujuan tersebut.

    1. Manajer Akuntansi

    Manajer akuntansi bertugas dalam membuat keputusan dalam hal keuangan suatu instansi perusahaan.

    1. Asisten Akuntansi

    Seorang asisten akuntansi bertugas untuk membantu seorang akuntan dalam melakukan pekerjaannya. Ini adalah profesi yang baik jika ingin mengawali karier dalam bidang akuntansi.

    Skill yang Diperlukan di Bidang Akuntansi

    1. Sikap Kepemimpinan

    Seorang yang bergerak dalam bidang akuntansi harus memiliki keahlian dalam hal kepemimpinan, ini akan melibatkan mereka dalam tanggung jawab melakukan perencanaan jangka panjang serta membuat pemikiran yang lebih strategis.

    1. Kemampuan Komunikasi dan Presentasi

    Keahlian ini adalah hal utama yang harus dimiliki seorang dalam bidang akuntansi. Ini dikarenakan mereka akan diminta untuk mengikuti meeting – meeting dengan karyawan lain atau dengan client. Dari sinilah mereka harus bisa mempresentasikan laporan yang telah dibuat dengan kemampuan komunikasi yang baik.

    1. Sikap Keterbukaan

    Memiliki sikap jujur dan integritas adalah suatu kualitas yang wajib dimiliki bagi mereka yang bergerak dalam bidang akuntansi. Adanya sifat transparansi dalam pengambilan keputusan memiliki keuntungan untuk dapat meningkatkan hubungan dalam bekerja.(Athallah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Cahaya Surya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar