Konsumsi Makanan Ini untuk Atasi Sering cemas dan Panik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya emas atau panik, bisa dikatakan ini adalah kondisi yang wajar. Hanya saja gejala cemas yang dirasakan setiap orang berbeda-beda, tentu saja cara mengatasinya juga berbeda. Begitu juga dengan fase setiap orang merasakan akan berbeda-beda. Ada yang merasa cemas dalam jangka waktu singkat bahkan ada yang merasakan cemas dalam kurun waktu lama.

    Sehingga sebagai orang awam kita harus memahami terkait fase ini, jika gejala cemas dan panik yang dirasakan lebih dari 6 bulan akan ada kemungkinan mengalami Generalized Anxiety Disorder (GAD) atau gangguan kecemasan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Sebelum kita mengalami GAD, akan lebih baik kita mengatasinya lebih awal dengan mengurangi faktor resikonya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko ini adalah dengan gaya hidup sehat, dengan berolahraga serta menjaga pola makan.

    Beberapa penelitian ilmiah sudah terbukti bahwa gejala gangguan kecemasan pada seseorang sangat berisiko meningkat karena mengkonsumsi makanan yang sedikit mengandung nutrisi.

    Dilansir dari TheAsiaParent yang dipaparkan oleh Tania Matherson seorang ahli nutrisi dari Isabella Plains Medical Center Australia. Dalam artikel ilmiahnya, Tania menjelaskan adanya pengaruh meningkatkan suasana hati apabila meningkatkan kualitas makan.

    “Dimana mereka yang mengkonsumsi makanan bergizi suasana hatinya cenderung lebih baik dan bisa berpikiran jernih. Sangat besar kemungkinannya untuk bisa menghindari faktor risiko gangguan kecemasan dan depresi dengan beberapa jenis nutrisi seperti asam folat maupun ragam vitamin.” tulis Tania Matherson dalam artikel ilmiah yang diterbitkan di Dietitians Associaton of Australia.

    Baca Juga : Menangis bukan Berarti Lemah, ini Manfaatnya

    Untuk mengkonsumsi makanan bergizi inipun tidak harus sekaligus dalam jumlah banyak, melainkan dikonsumsi secara rutin walaupun jumlahnya sedikit mampumengurangi rasa cemas atau pun panik.

    Berikut ini beberapa makanan yang bisa mengurangi rasa cemas atau pun panik :

    Sayuran

    Adanya jenis asam amino yang disebut dengan glutamin pada sayuran brokoli, kemang kok dan kubis ternyata sangat bagus untuk asupan nutrisi bagi tubuh yang sedang stres. Karena asam amino pada sayuran ini adalah asam amino non esensial.

    Kuah Kaldu

    Rasa cemas atau panik bisa berkurang dengan mengkonsumsi kuah kaldu baik itu dari dang asli atau tulang. Karena pada kuah kaldu ini memiliki kandungan mineral penting serta dua jenis asam amino yaitu prolin dan glisin yang mampu membuat tubuh terasa lebih rileks.

    Lemak tak jenuh tunggal

    Selain itu, untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan mental dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Seperti mengkonsumsi alpukat atau jenis kacang-kacangan, hal tersebut mampu meningkatkan kesehatan otak.

    Cokelat hitam

    Ketika mengalami stress banyak yang percaya bahwa cokelat mampu menguranginya terlebih cokelat hitam. Pada cokelat hitam terdapat sumber magnesium yang bisa mengurangi rasa cemas.

    Walaupun begitu, mengkonsumsi cokelat secara berlebihan tentu saja tidak baik. Karena pada cokelat terdapat kandungan lemak dan gula sehingga berisiko terkena penyakit lain seperti diabetes.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Omega-3

    Tingkat emosional dalam tubuh bisa berkurang dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki sumber asam lemak omega 3 yang membantu fungsi otak. Sumber omega 3 bisa didapatkan pada Salmon, biji chia, sarden serta biji rami.

    Buah-buahan antioksidan

    Adanya kandungan polifenol pada buah-buah antioksidan mampu mengatasi mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental seperti depresi. Buah-buahan antioksidan di antaranya stroberi, ceri, anggur, blackberry, blueberry, acay berry dan kismis.

    Telur

    Kandungan seng dan selenium pada kuning telur serta adanya antioksidan mampu mengurangi tingkatan stress dalam tubuh kita.

    Jus ceri asam

    Salah satu penyebab orang merasa panik adalah insomnia, dengan meminum jus ceri sekitar satu cangkir per haris secara rutin mampu mengurangi insomnia sehingga juga bisa mengurangi rasa panik dan cemas.

    Makanan fermentasi

    Usus juga memiliki peranan dalam gangguan kecemasan atau panik. Dimana proses pencernaan yang baik dinilai bagus untuk kesehatan mental. Mengkonsumsi makanan fermentasi seperti acar, tahu, tempe atau makanan tradisional korea seperti kimchi dipercaya mampu meningkatkan kesehatan usus.

    Itulah beberapa makanan yang direkomendasikan dipercaya mampu mengurangi rasa cemas atau panik. Jika gejala kecemasan berlangsung lebih dari 5 bulan ada baiknya anda mengkonsultasikannya kepada dokter untuk mendapatkan solusinya. Jagalah pola makanan, karena mental yang sehat juga berawal dari fisik yang sehat.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsumsi Makanan Ini untuk Atasi Sering cemas dan Panik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar