Menangis bukan Berarti Lemah, ini Manfaatnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Menangis mungkin sering sekali kita alami terkhusus kaum hawa, namun banyak orang beranggapan bahwa sedang sedih seperti ini berarti orangnya lemah, padahal menangis itu adalah salah satu cara yang bisa mengekspresikan perasaan kita. Ada saatnya kita merasakan bahwa beban yang kita emban benar-benar membuat anda lelah baik itu sebagai ibu rumah tangga, atau pekerja. Rasa itu sangat ingin dicurahkan dan salah satu caranya yaitu menangis.

    Terutama kaum wanita, memiliki perasaan yang lebih sensitif sehingga sangat wajar sekali jika merasa tertekan meluapkannya melalui tangisan. Perasaan sedih ini masih terkategorikan wajar bahkan memiliki banyak manfaat yang salah satinya bisa menghilangkan rasa sakit dan stress. Melalui tanggisan kita bisa membuang energi negatif lalu mengembalikan energi positif.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dilansir dari TheAsiaparent menurut seorang Psikolog dari Personal Growth Indonesia bernama Talissa Carmelia menjelaskan beberapa manfaat menangis untuk kesehatan mental :

    1. Memberikan dampak menenangkan

    Menangis ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dimana setelah itu seseorang dapat merasa tenang alias bisa menengkan anda. Ketika menangis secara tidak langsung bisa mengaktifkan syaraf parasympathetic nervous system (PNS) berguna membuat tubuh kita lebih rileks, sehingga seseorang bisa merasa lebih tenang dan berpikir jernih setelah mengeluarkan air mata.

    1. Meringkan rasa sakit dan stress

    Tangisan juga bisa mengurangi rasa sakit dan stress. Ketika anda meluapkan emosi melalui menangis mampu melepaskan hormon oksitosin dan endorfin dimana kedua zat tersebut mampu meringankan rasa sakit baik itu fisik ataupun mental seperti adanya stress pada diri kita.

    Baca Juga : Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

    1. Membuat mood lebih baik

    Kita tahu bahwa mood itu mampu berubah kadang baik kadang buruk, dengan menangis ternyata bisa membuat mood seseorang bisa lebih baik. Mood kita dapat meingkat dan membuat anda lebih bersemangat setelah menangis. Melalui tangisan kita kamu dapat keluarkan emosi yang terpendam. Hal itu akan membuat seseorang merasa tenang dan mood positifpun akan meningkat.

    1. Sebagai obat tidur alami

    Tanpa sadar ternyata setelah lelah menangis kita bisa tertidur dengan sendirinya. Menangis ini memiliki dampak yaitu meningkatkan suasana hati, menghilangkan rasa sakit serta menenagngkan sehingga hal tersebut mampu membuat seseorang bisa tertidur lebih mudah.

    1. Mengatasi bakteri

    Adanya kandungan Lisozim dalam kandungan air mata sehingga dapat membantu menjaga kebersihan mata serta mampu membunuh bakteri yang berada di sekitar mata. Lisozim ini mempunyai sifat antimikroba kuat sehingga bakteri yang berbahaya pada kesehatan mata bisa dikurangi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Membuat penglihatan menjadi lebih baik

    Mata bisa terus terjaga serta mencegah selaput lendir di sekitar mata kering dan penglihatan kabur ketika setiap kali seseorang berkedip mengeluarkan air mata basal. Sehingganya, air mata tersebut bisa membantu penglihatan kita lebih jelas.

    Meskipun uraian di atas menyatakan banyaknya manfaat dari menangis, bukan berarti anda menangis keseringan. Hal itu justru tidak baik, karena itu bisa menjadi gejala awal depresi. Jika kita memang benar merasa lelah dan penat dengan beban tidak apa sesekali kita menangis, dengan cara itulah emosi kita bisa terluapkan merupakan hal normal dan memiliki banyak manfaat.

    Namun tetap saja, jangan sampai merasakan stress menumpuk dalam diri Anda karena bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan mental kira. Ketika menghadapi masalah tidak ada salahnya bercerita kepada kerabat, teman, pasangan atau keluarga. Pada nyatanya menahan sendirian memang sedikit sulit.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menangis bukan Berarti Lemah, ini Manfaatnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar