Daftar Pekerjaan Startup yang Paling Dibutuhkan RI beserta Gajinya

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Starup

    LancangKuning.com, Jakarta --  Pesatnya perkembangan ekonomi digital membuka peluang-peluang lapangan pekerjaan, dan jenis pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada.

    Bahkan berdasarkan data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kebutuhan tenaga kerja untuk sektor digital sekitar 600 ribu orang per tahun dan masih belum bisa dipenuhi. Tingginya kebutuhan karena banyak perusahaan teknologi yang lahir beberapa tahun belakangan.

    Baca Juga: Sempat Direncanakan Namun Gagal, Kali Ini Ayah Khabib Undang McGregor Bertarung di Rusia

    Lalu jenis pekerjaan apa saja yang paling dicari oleh startup di Indonesia? Softaware Enigeer Gojek Giri Kuncoro mengatakan yang paling dibutuhkan di sektor digital adalah engineering secara luas.

    Giri menyebutkan sektor ini membutuhkan tenaga ahli yang terlibat dalam pengembangan produk. Misalnya saja engineer, data scientist, product manager, product designer, dan researcher.

    Baca Juga: Sosok Mahasiswa ini Viral karna Review Makeup Demo

    Meski berkembang pesat, ekonomi digital masih sangat muda dan kurikulum yang ada saat ini masih belum cukup mumpuni untuk mencetak SDM sesuai kebutuhan industri digital.

    Bahkan pemerintah memproyeksikan pada 2030 dengan pesatnya perkembangan ekonomi digital, tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai 17 juta orang.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Sebelumnya berdasarkan laporan terbaru dari Temasek, Google dan Bain Company bertajuke-Conomy SEA 2019 menyebutkan bahwa Indonesia dan Vietnam merupakan dua negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat di Indonesia.

    Laporan tersebut menyatakan Ekonomi digital Indonesia akan memiliki nilai US$ 40 miliar atau setara Rp 560 triliun (asumsi kur Rp 14.000). Ekonomi digital Indonesia telah tumbuh empat kali lipat sejak 2015. Rata-rata pertumbuhannya mencapai 49% per tahun.

    Baca Juga: Walikota Dumai Keluar Gedung KPK Pukul 21.30 WIB, Tak Ditahan Usai Diperiksa KPK

    "Sebagai ekonomi internet tercepat dan paling cepat berkembang di kawasan, Indonesia berada dijalur yang tepat untuk menembus [nilai ekonomi digital] US$130 miliar tahun 2025," tulis Temasek, Google dan Bain Company dalam laporannya seperti dikutip dari CNBC Indonesia Kamis (3/10/2019).

    Gaji di Startup      

    Pertanyaan yang sering muncul ketika ada sebuah lowongan pekerjaan adalah masalah gaji. Laporan Kelly Services bertajuk Indonesia 2019 Salary Guide mungkin bisa rujukan.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Berikut daftar gajinya:

    Software Developer Rp 15 juta hingga Rp 40 juta.

    Software QA/ Test Analyst Rp 8,8 juta hingga Rp 13 juta.

    System Engineer Rp 16 juta hingga Rp 50 juta.

    Data Analyst Rp 11 juta hingga Rp 27 juta

    Java programmer Rp 10 juta hingga Rp 20 juta

    Product Manager Rp 27 juta hingga Rp 55 juta.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Daftar Pekerjaan Startup yang Paling Dibutuhkan RI beserta Gajinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar