Akreditasi Jurusan Kampus Institut Seni Budaya Indonesia Bandung(ISBI)

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kalian suka melukis? Atau main alat musik? Atau suka menari? Yap, itu semua adalah seni. Siapa sih yang tidak mengenal seni di dunia ini? Seni merupakan ekspresi perasaan dari setiap manusia yang memiliki unsur estetika atau keindahan di dalamnya dan dicetak atau di ungkapkan melalui suatu media. Seni terdapat di setiap manusia, tetapi tidak semuanya bisa mengekspresikan / mengungkapkannya.

    Nah, bagi kalian yang ingin melatih bakat seni kalian atau ingin menjadi seniman walaupun tidak memiliki bakat seni sedikitpun, tentunya kalian pasti akan mencari tempat yang bisa melatih ilmu, bakat, dan mengembangkan potensi kalian di bidang seni, bukan? Jangan bingung, karena tempat seperti itu bisa kalian temukan di Indonesia, salah satunya adalah Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI Bandung).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Nah, dari namanya saja kita pasti sudah tahu dimana lokasinya, kan? Yap, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung berada di Bandung, Jawa Barat, lebih tepatnya di Jl. Buah Batu No. 212, Cijagra, Kec. Lengkong. Institute Seni Budaya Bandung (ISBI Bandung) merupakan perguruan tinggi negeri terkenal yang di kota Bandung, yang menyelenggarakan program studi di bidang seni dan budaya.

    ISBI Bandung sendiri memiliki 3 fakultas dan beberapa jurusan. Kalian dapat memilih sesuai passion kalian. Tapi, gimana bagi yang masih bingung milih prodinya? Tenang, kami akan menjelaskan sedikit dari masing-masing studi yang ada di ISBI Bandung ini, yuk langsung kita simak.

    Fakultas Seni Pertunjukan

    1. Seni Tari

    Bagi kalian yang suka menari atau ada impian ingin jadi penari, mungkin kalian bisa pilih program studi ini, nih. Program studi seni tari di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung ini mempelajari tarian yang ada di Indonesia, seperti tarian daerah Sumatera, Jawa, dan khususnya tarian daerah Jawa Barat. Program Studi ini memiliki akreditasi B dan jenjang S1. Masa studi di Seni Tari ISBI Bandung ini lebih kurang 4 tahun atau sekitar 8 semester dengan 146 SKS. Di prodi Seni Tari ini, kalian akan mempelajari penelitian tari, penciptaan (koreographer) tari, dan penyajian karya seni tari.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Bina Sarana Global

    1. Seni Karawitan

    Mungkin beberapa dari kalian bingung apa itu karawitan, karawitan adalah seni suara daerah (jawa, madura, dan bali) secara vokal ataupun instrumental yang memiliki klarifikasi dan pengembangannya dari daerahnya itu sendiri. Kalian tau gending yang biasanya ada di Jawa, kan? Yap, itu salah satu karawitan. Nah, prodi Seni Karawitan di ISBI Bandung ini memiliki jenjang pendidikan S1 dan masa studi lebih kurang 4 tahun atau sekitar 8 semester dengan 145 SKS. Tetapi, untuk akreditasinya belum diketahui.

    1. Seni Teater

    Nah, bagi kalian yang suka berdrama dan main teater mungkin kalian harus ikuti program studi yang satu ini, mungkin suatu saat kalian bisa jadi aktor film juga. Yap, seni teater di ISBI Bandung merupakan program studi yang mengkhususkan pada aktivitas di bidang pengkajian seni pertunjukan, pemeranan, penyutradaraan, penulisan lakon, penataan artistik dan sebagainya. Program studi ini memiliki jenjang S1, masa studi lebih kurang 4 tahun atau sekitar 8 semester dengan 147 SKS, dan akreditasinya B. Sepertinya menarik, nih.

    1. Angklung dan Musik Bambu

    Bagi kalian yang suka main angklung atau alat musik bambu dan ingin melestarikannya, mungkin prodi ini cocok untuk kalian. Prodi Angklung dan Musik Bambi ini diselenggarakan guna memenuhi SDM pada tingkat diploma di bidang angklung dan musik bambu lainnya agar seni ini dapat terjaga kelestariannya. Prodi ini memiliki jenjang pendidikan D4, masa studi lebih kurang 4 tahun atau sekitar 8 semester dengan 146 SKS, dan akreditasinya C. Prodi ini mempelajari pembawaan (aransemen), penciptaan, dan organologi angklung serta alat musik bambu lainnya.

    Fakultas Seni Rupa dan Desain

    1. Seni Rupa Murni

    Program studi cocok untuk kalian yang suka melukis. Prodi ini mempelajari seni rupa yang bersumber pada nilai-nilai budaya Nusantara. Prodi ini memiliki jenjang pendidikan S1 dan masa studi lebih kurang 4 tahun atau sekitar 8 semester dengan 144 SKS, dan akreditasinya B.

    1. Seni Kriya

    Bagi kalian yang suka kerajinan tangan dan pameran, mungkin prodi ini cocok untuk kalian. Prodi ini mempelajari tentang tata laksana pentas (desain pentas), tata laksana kriya (seni kriya), dana tata laksana grafis (DKV). Prodi ini memiliki jenjang pendidikan D3 dan masa studi sekitar 3 tahun 6 Semester dengan 114 SKS.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Tata Rias dan Busana

    Prodi ini cocok bagi kalian yang ingin menjadi desainer busana, prodi ini diselenggarakan guna memenuhi kebutuhan SDM di bidang Rias dan Busana. Prodi ini mempunyai jenjang pendidikan D4, masa studi lebih kurang 4 tahun atau sekitar 8 semester dan akreditasinya B.

    Fakultas Budaya dan Media

    1. Film dan Televisi

    Mungkin beberapa dari kalian bertanya tanya bagaimana bikin film dokumentasi yang semenarik ini dan itu, kalian bisa pelajari cara dan tekniknya di program studi ini, lho. Prodi ini cocok bagi kalian yang ingin terjun ke dunia perfilman dan televisi. Prodi ini fokus mempelajari dan mengembangkan program berbasis kultural (film dokumenter), karena dianggap memberikan peluang untuk digarap, dikemas dan dijadikan media komunikasi yang lebih akrab. Prodi ini memiliki jenjang pendidikan D4, masa studi lebih kurang 4 tahun atau sekitar 8 semester dengan 145 SKS, dan akreditasinya B.(Dimas)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Institut Seni Budaya Indonesia Bandung(ISBI)
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar