Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memutuskan untuk Kuliah di Luar Negeri

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagian besar kita tentu saja ada memiliki keinginan untuk menempuh pendidikan di luar negeri, bahkan ada dari kamu yang telah mempersiapkannya. Tidak hanya kualitas pendidikan di luar sana terbilang bagus, juga ingin mendapatkan pengalaman berbeda ketika berada di negara yang menjadi tujuan. Lebih lagi, kita bisa mendapatkan banyak teman dari berbagai negara.

    Meskipun kuliah di luar negeri terkesan menyenangkan, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sebelum memutuskannya.

    1. Sumber Dana

    Bisa dikatakan hal ini adalah sangat penting untuk dipertimbangkan, terlebih lagi negara tujuan kamu memiliki kurs mata uang lebih tinggi dibandingkan rupiah. Pastikan dana kamu mencukupi untuk biaya selama pendidikan, biaya hidup selama tinggal disana serta biaya riset lainnya. Apabila sumber dana kamu tidak memadai, kamu bisa mencari solusi lain yaitu mencari beasiswa.

    Baca Juga : Tips Menghadapi Dosen Pembimbing yang Tidak Responsif

    1. Keluarga

    Keluarga juga menjadi pertimbangan untuk memutuskan kuliah ke luar negeri. Jika kamu belum menikah, mungkin cukup hanya meminta izin kepada orang tua berkuliah di luar negeri. Berbeda halnya dengan sudah menikah. Pilihannya ada dua, kamu siap berpisah atau berjauhan atau kamu mengajak keluarga kamu sekalian. Kalau memang memutuskan untuk mengajak, tentu saja banyak hal yang harus di urus seperti dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan untuk tinggal bersama, selain itu juga memikirkan tempat tinggal disana. Selain itu, kamu juga harus pintar dalam membagi waktu antara pendidikan dan keluarga.

    1. Kesiapan Mental

    Ketika kamu memutuskan untuk kuliah ke luar negeri berarti kamu sudah menyiapkan diri keluar dari ‘zona nyaman’. Berada di negara berbeda, tentu saja akan menghadapi kebiasaan dan iklim berbeda. Selain itu, kita juga harus menghadapi sistem pendidikan yang jauh berbeda dengan di Indonesia. Terlebih lagu, kamu harus siap untuk hidup jauh dari orang tua dan keluarga serta bisa mandiri. Semua ini tentu saja membutuhkan kesiapan mental, siap-siap kuat menahan rindu kepada orang tua dan teman yang biasanya bercengkrama dengan kita.

    1. Pilihan Negara yang Cocok

    Negara tujuan juga hal yang mesti dipertimbangkan, karena ada beberapa hal dan faktor seperti keamanan negara tersebut, bahasanya apakah mudah kamu pahami atau tidak, budaya dalam kehidupan sehari-hari, jauh dekatnya dari negara kita, universitas serta jurusan yang ada serta banyak lainnya. Selain itu, sarana penunjang selama menempuh pendidikan juga harus dipertimbangkan terlebih lagi tempat ibadah apakah memadai atau makanan yang halal untuk kita yang berasal dari agama muslim. Makanan, juga hal yang penting tidak mungkin kita sembarangan dalam mengkonsumsi makanan ketika berada di luar negeri.

    Baca Juga : Tips Kuliah Teknik Elektro

    1. Pilih Universitas dan Jurusan yang Sesuai

    Dalam memutuskan untuk kuliah jauh-jauh, universitas serta jurusan yang sesuai harus kamu pikirkan. Kamu harus pertimbangkan kampus yang bagus menjadi incaran dan menyediakan jurusan yang memang bagus untuk karir kamu ke depannya. Selain itu, cari tahu bagaimana proses mendaftar ke universitas dan jurusan yang telah dituju sehingga kamu bisa mengikuti setiap langkah-langkah tersebut dengan baik. Lalu, kamu harus benar-benar mencari informasi terkait dokumen atau kebutuhan sebagai persyaratan untuk bisa memasuki jurusan di universitas tersebut. tidak hanya itu saja, informasi seperti biaya pendaftaran, jadwal pendaftaran dan lain sebagainya juga harus kita dapatkan.

    Itulah beberapa hal yang mesti dipertimbangkan dan dipikirkan sebelum kita memutuskan untuk kuliah di luar negeri.(Ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memutuskan untuk Kuliah di Luar Negeri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar