Tips Kuliah Teknik Elektro

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jurusan teknik elektro atau teknik elektronika adalah disiplin ilmu yang mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan elektro atau listrik seperti mikroprosessor, teori dasar kelistrikan, elektromagentik, sinyal listrik, dan juga teknologi-teknologi baru yang berhubungan dengan listrik.

    Prodi ini juga bisa dibilang salah satu jurusan teknik yang tertua dan memiliki pengaruh ke jurusan atau prodi-prodi lainnya. Prodi teknik komputer contohnya, adalah teknik elektro yang berfokus kepada hal-hal yang berhubungan dengan komputer.

    Sebagai prodi yang memiliki cakupan studi dan pemanfaatan yang sanagat luas, teknik elektro biasanya dipecah ke berbagai konsentrasi seperti, teknik listrik, teknik elektronika, teknik komputer, bahkan juga teknik instrumentasi.

    Orang-orang yang memiliki kemampuan dan skill mengenai kelistrikan pastinya sangat dibutuhkan di masyarakat mengingat masifnya penggunaan listrik di berbagai sektor. Bahkan dengan perkembangan teknologi yang sangat bergantung pada listrik sebagai sumber tenaga utamanya, bahkan semakin membuat seorang lulusan teknik elektro semakin relevan.

    Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu mahasiswa-mahasiswa teknik elektro dalam menjalani perkuliahannya:

    • Buatlah catatan, dan tetap simpan mereka dengan baik

    Buku-buku teknik elektro biasanya sangaat sulit dipahami, dengan kalimat-kalimat yang sangat teknis, dan kaku. Namun hal tersebut tidak membuat buku itu kurang penting, bahkan memahami buku tersebut merupakan hal yang penting jika ingin betul-betul memahami mata kuliahnya. Jadi siapkan catatan dan catat semua hal yang penting agar dapat membantumu memahami bukunya dengan lebih mudah. Jangan lupa menandai paragraf-paragraf yang kamu anggap penting dan berikan catatan yang kamu anggap perlu.

    • Cobalah untuk dekat dengan dosenmu

    Kembangkan hubungan baik dengan dosenmu sehingga kamu dapat dengan nyaman mendekati mereka dan memintai tolong jika kamu kesusahan. Kenal dengan satu atau dua dosen yang mengajar mata kuliah penting pasti akan membantumu, dalam mengerjakan tugas-tugas atau laporan-laporan, bahkan mereka juga dapat membantumu mendapatkan informasi mengenai industri yang berhubungan dengan jurusan teknik elektronika.

    • Belajar bahasa inggris

    Buku-buku dalam bahasa Indonesia tidaklah cukup jika ingin mempelajari teknik elektro. Kebanyakan buku-buku dan tulisan-tulisan ilmiah terlengkap mengenai teknik elektro menggunakan bahasa inggris. Dengan menggunakan bahasa inggris kamu dapat mengakses pengetahuan-pengetahuan terbaru mengenai teknik elektro. Jadi mempelajari bahasa inggris dapat banyak membantumu dalam mencari sumber-sumber bacaan.

    • Sering-sering bertanya

    Terkadang dosen, dan para senior tidak memberikan semua pengetahuan yang mereka ketahui. Hal ini biasanya dikarenakan keterbatasan waktu atau mereka menganggap pengetahuan-pengetahuan yang mereka miliki kurang penting bagi kamu. Jadi tidak ada salahnya jika kamu bertanya kepada mereka perihal sesuatu yang tidak kamu ketahui. Besar kemungkinan kamu akan mendapatkan pengetahuan baru.

    • Asah kemampuan berkomunikasimu

    Tidak ada gunanya jika kamu memiliki pengetahuan yang luas dan kemampuan yang mumpuni mengenai teknik elektro jika kamu tidak dapat menyampaikannya kepada orang lain. Selain itu saat di dunia kerja nani kamu pasti akan bekerja sama dengan orang lain, yang pada akhirnya memaksa kamu untuk berkomunikasi dengan sekitarmu. Asah kemampuan berkomunikasi kamu agar kamu dapat dengan mudah menghadapi berbagai situasi baik di dunia kampus maupun di dunia kerja.

    • Bangun jaringanmu sendiri

    Jangan menunggu sampai wisuda baru mulai mencari pekerjaan. Carilah kenalan-kenalan yang akan mendukungmu dalam karirmu selepas kuliah nanti. Hal ini bisa kamu dapatkan melalui organisasi, kegiatan diluar kampus, membangun portofolio, ataupun dengan program magang. Maksimalkan semua kesempatan yang ada dengan maksimal agar karir ke depannya terjamin.

    Itulah beberapa trik-trik penting dalam menjalani perkuliahan teknik elektronika, meskipun tidak menjamin 100 persen, namun setidaknya saran-saran diatas akan membantumu dalam berkarir di industri elektronika.(Randi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Kuliah Teknik Elektro
    Sangat Suka

    80%

    Suka

    20%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar