Awali Hari dengan Berjalan Kaki dan Rasakan Manfaatnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi sebagian kita ketika bangun di pagi hari mungkin tidak memprioritaskan gerakan pemanasan. Ketika kita bangun dan membuka mata, kita lebih memilih mencari gadget atau gawai yang di sekitar kita, setelah itu mungkin kita berangkat kerja menaikan kendaraan atau hanya langsung sarapan. Namun, tahukah kamu ada aktivitas yang dilupakan padahal memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita dan kesehatan, yaitu jalan kaki.

    Ketika kita memulai aktivitas di pagi hari dengan berjalan kaki ternyata banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita. Kita bisa berjalan kaki terlebih dahulu di sekitar komplek rumah atau berjalan kaki menuju tempat kerja. Selain itu bisa juga berjalan kaki menuju tempat bus ketika hendak berangkat kerja. Lalu apa saja manfaat dari mengawali aktivitas dengan jalan kaki ?

    1. Memperbaiki suasana hati

    Banyak yang mempercayai bahwa dengan berjalan kaki bisa memperbaiki mood (suasana hati), meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi kelelahan, mengurangi kecemasan serta mampu menurunkan resiko depresi. Cobalah membiasakan diri berjalan kaki dalam seminggu minimal 5 kali yaitu selama 20-30 menit.

    1. Meningkatkan energi

    Selain memperbaiki suanasa hati, ternyata mengawali pagi dengan berjalan kaki juga bisa memberi lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang dewasa yang berjalan kaki di luar ruangan selama 20 menit, memiliki energi lebih banyak dibandingkan yang berjalan kaki 20 menit di dalam ruangan. Selain itu juga ada studi yang membuktikan bahwa berjalan di tangga selama 10 menit bisa memberi energi untuk wanita yang kurang tidur dibandingkan dengan secangkir kopi.

    1. Membantu menurunkan berat badan

    Berjalan kaki juga terbukti mampu menurunkan berat badan, karena ketika kita berjalan kaki dengan kecepatan yang sedang selama 30 menit mampu membakar hingga 150 kalori. Tentu saja hal ini sangat bagus untuk menurunkan berat badan jika dikombinasikan dengan diet sehat dan latihan lainnya.

    1. Memperkuat otot

    Jika berjalan kaki biasa saja mampu memperkuat otot, sehingga jika berjalan kaki dengan kecepatan sedang hingga cepat tentu saja akan lebih bagus dalam memperkuat otot. Kita bisa melakukan aktivitas harian dengan berjalan lebih banyak menggunakan tangga atau naik turun bukit agar otot kita bisa kuat

    1. Menjaga kondisi kesehatan

    Seperti yang kita lihat di atas bahwa banyak sekali manfaat yang kita rasakan dengan berjalan kaki, dan berjalan kaki juga bisa meningkatkan sistem imunitas selain itu juga bisa membantu dan mencegah tubuh mengelola beragam kondisi kesehatan tubuh. Dalam sebuah studi dibuktikan bahwa resiko penyakit jantung hingga 19 persen bisa dikurangi dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya.

    Selain itu dengan berjalan kaki juga bisa membantu dalam menurunkan kadar gula darah sehingga penderita diabetes sangat disarankan untuk berjalan kaki. Berjalan kaki juga akan mengurangi adanya resiko penumpukan kolesterol jahat yang akan menyebabkan penyakit seperti stroke atau hipertensi.

    1. Meningkatkan kejernihan mental

    Manfaat lainnya dari berjalan kaki adalah bisa membantu meningkatkan kemampuan kita untuk fokus dalam menjalankan aktivitas serta kejernihan mental.

    1. Membuat tubuh terasa lebih bugar

    Jika kita mengawali pagi dengan berjalan kaki, tentu saja akan membuat kita merasa lebih sehat sepanjang hari. Pasalnya, setelah berjalan kaki kita tentu saja akan merasa memiliki energi dan merasa lebih bugar karena aktivitas jantung dan paru akan meningkat. Nah, untuk hal ini kita harus mengimbangi dengan memakan makanan sehat seperti buah dan sayuran

    1. Mendapati tidur yang nyenyak di malam hari

    Manfaat yang lebih bagusnya dari mengawali hari berjalan kaku adalah membuat tidur di malam hari akan lebih nyenyak. Sehingga, kamu yang mengalami kesulitan tidur di malam hari atau insomnia ringan, sangat disarankan untuk mencoba mengawali pagi kamu dengan berjalan kaki.

    Nah, itulah manfaat yang akan kamu rasakan jika mengawali pagi dengan berjalan kaki. Besar sekali manfaatnya, mari kita membiasakan diri berjalan kaki untuk mengawali aktivitas kita agar kita bisa tetap menjalankan pola hidup sehat untuk fisik maupun mental kita.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Awali Hari dengan Berjalan Kaki dan Rasakan Manfaatnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar