NAMA Fondation-Dompet Dhuafa Kembangkan Etosers untuk Bangun Ekonomi Masyarakat Mandiri

Daftar Isi

    Foto: Dok. Fondation-Dompet Dhuafa

    LancangKuning.Com, PADANG, SUMATERA BARAT— Kemajuan pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari berbagai peran pemerintah maupun swasta bahkan lembaga-lembaga kemanusiaan yang turut mengembangkan pendidikan di Indonesia.

    NAMA Foundation dan Dompet Dhuafa Ini merupakan tahun ketiga bermitra strategis, khususnya dalam bidang pendidikan dan kebencanaan. Berbagai program telah tercetus dengan kerjasama tersebut, diantaranya, Program Sekolah Guru Indonesia di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Aceh, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara.

    Foto: Dok. Dompet Dhuafa (Istimewa)

    Disusul, Program Sekolah Literasi Indonesia di Ogan Ilir – Sumatera Selatan, Indramayu – Jawa Tengah, Semarang – Jawa Tengah, Bima – NTB, Halmahera Selatan. Kemudian, Program Desa produktif di Padang – Sumatera Barat, Semarang – Jawa Tengah dan Bogor – Jawa Barat  dan Program kebencanaan di Sulawesi Tengah dan Banten.

    Pada kali ini NAMA Foundation bersama Dompet Dhuafa menargetkan penerima manfaat beastudi etos dengan mampu melakukan kegiatan pemberdayaan melalui ragam inovasi untuk memajukan masyarakat sekitar.

    Foto: Dok. Dompet Dhuafa (Istimewa)

    Melalui social project Desa Produktif diharapkan Etoser bisa memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kualitas masyarakat. Pada periode 6 bulan pertama program difokuskan pada serangakaian pembinaan antara lain, peningkatan kapasitas diri, pelatihan soft skills dan pemberian materi Training of Trainer (TOT).

    Desa Produktif Padang mengambil tema wisata komprehensif masyarakat yang berlokasi di desa Batu Busuak. Etoser Padang dibantu oleh DD Cabang Padang telah melakukan  diskusi dengan stakeholder setempat, sosialisasi dengan masyarakat dan ikatan kerjasama dengan LPPM  Universitas Andalas.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Proses inkubasi selanjutnya yang akan dilakukan adalah mengadakan edukasi dan pelatihan terkait pengelolaan kawasan pariwisata kepada masyarakat setempat dan melakukan audiensi dengan stakeholder seperti walikota dan dinas pariwisata setempat. Saat ini yang sedang dilakukan bersama masyarakat adalah perbaikan kondisi fisik kawasan desa.

    “Kerjasama dengan NAMA Foundation diharapkan dapat menggerakan ekonomi serta pemberdayaan masyarakat sekitar melalui para etoser sehingga para etoser tidak hanya terasah dalam kampus dan studi, namun dapat menciptakan lingkungan edukasi yang mandiri serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar," ujar Yuli Pujihardi Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa.

    TENTANG DOMPET DHUAFA

    Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 26 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

    Untuk Informasi press release, dapat menghubungi :
    Public Relations Dompet Dhuafa
    Philanthropy Building
    Jl. Warung Jati Barat No.14
    Jakarta Selatan 12540, IndonesiaTentang Dompet Dhuafa
    U.P : Corcom Dompet Dhuafa, Bani (+6285770424310), Fatzry (+6282122182919)
    www.dompetdhuafa.org. (LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel NAMA Fondation-Dompet Dhuafa Kembangkan Etosers untuk Bangun Ekonomi Masyarakat Mandiri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar