Tips untuk Mahasiswa Teknik Informatika dalam Belajar Pemrograman

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagian kita mungkin masih merasa asing dengan pemrograman, namun memilih jurusan Teknik Informatika untuk melanjutkan study kamu. Tentu saja yang baru mengenal Teknik Informatika awalnya akan merasa asing dengan jurusan ini, karena disibukan dengan kodingan yang sulit dimengerti.

    Nah, bagi kamu yang saat ini sedang berfikir untuk mengambil jurusan ini atau masih semester baru serta menjadi calon mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam menambah pengetahuan apa saja yang harus dilakukan sebagai calon mahasiswa Teknik Informatika.

    1. Mengetahui Dulu Apa yang dimaksud Pemrograman

    Sebagai calon mahasiswa Teknik Informatika ketika mengetahui kata Pemrograman, tentu saja langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Pemrograman tersebut. Kamu bisa mencari artikel seputar pemrograman, agar ketika memulai perkuliahan kamu tidak kebingungan lagi dan bahkan kamu bisa mengikut pelajaran dengan baik.

    1. Pilih Fokus Bahasa Pemrograman Kamu

    Setelah kamu mencari tahu apa itu pemrograman, disitu kamu akan dapati bahwa beragam pemrograman yang ada, tentu saja kamu tidak akan mampu jika ingin menguasai semuanya dalam tahap awal. Kamu harus menentukan bahasa pemrograman apa yang ingin kamu fokuskan dan yang lainnya bisa hanya sebagai pengetahuan. Bisa dikatakan fokus dengan satu bahasa pemrograman ini adalah langkah awal kamu.

    1. Mencari Referensi Tentang Pemrograman

    Setelah kamu sudah menetapkan bahasa pemrograman apa yang ingin kamu fokuskan, langkah selanjutnya kamu mencari referensi tentang pemrograman tersebut. Kamu harus memiliki sumber yang detail dalam belajar agar bisa memahaminya, karena pemrograman ini bisa dikatakan materi yang sulit. Referensi bisa kamu dapatkan melalui internet atau mencari buku terkait atau kamu bisa menemukan video tutorial agar bisa memahami pemrograman tersebut.

    1. Mulai Belajar dan Berlatih

    Ini bisa dikatakan langkah penting yang harus kamu lakukan. Setelah kamu menetapkan satu bahasa pemrograman yang ingin menjadi fokus kamu dan mendapatkan referensi untuk belajar, maka kamu harus berlatih dan terus berlatih. Suksesnya kita dalam sebuah hal itu disebabkan karena rajinnya kita berlatih dan mencoba. Semakin kiat mencoba maka tentu saja kita akan bisa. Kamu bisa mulai berlatih dengan kodingan dasar hingga kamu bisa ke tingkat yang lebih atas lagi. Sehingga, ketika menghadapi perkuliahan di Jurusan Teknik Informatika, kamu siap untuk bertempur.

    1. Mencari Mentor untuk Belajar

    Ini juga hal yang penting, selain mencari referensi dari buku atau internet. Terkadang kita butuh tutor atau orang yang paham pemrograman untuk mengajarkan kita. Karena, tidak semua orang bisa belajar sendiri secara otodidak dan dia membutuhkan orang lain yang mendampinginya. Kamu bisa saja belajar dengan mencari orang yang lebih senior, atau lebih dahulu kuliah di bidang yang sama dan menguasai bahasa pemrograman yang sama dengan yang kamu ingin fokuskan.

    Selain mencari senior, langkah lainnya kamu bisa mencari lembaga atau tempat yang menyediakan kursus belajar pemrograman. Cara lainnya kamu bisa menemukan komunitas belajar seputar pemrograman dan kamu bergabung ke dalam komunitas tersebut.

    Nah, itulah beberapa tips awal yang harus kamu persiapkan sebagai calon mahasiswa Teknik Informatika. Pada intinya, apapun jurusan perkuliahan tersebut sama sulitnya dan membutuhkan keinginan yang kuat untuk belajar. Pastikan kamu selalu memiliki niat mau belajar dan pantang menyerah serta terus berlatih agar bisa berhasil menekuni kuliah di bidang pemrograman.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips untuk Mahasiswa Teknik Informatika dalam Belajar Pemrograman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar