Cara Mengatasi Insomnia Menurut Islam

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Insomnia ialah salah satu penyakit gangguan saat tidur yang bisa menyebabkan penderitanya kesulitan untuk tidur, atau kurang tidur, walaupun banyak waktu kosong untuk melakukannya. Gangguan kesulitan untuk tidur itu bisa menyebabkan kondisi penderitanya tidak sehat atau fit untuk melakukan aktivitas dihari besoknya. Kualitas tidur dan kuantitas tidur akan berdampak mempengaruhi kualitas hidup kita, dan melibatkan juga kesehatan seseorang secara keseluruhan.

    Jika kita tidur tidak cukup atau tidak tepat dengan batas yang telah ditentukan juga akan menyebabkan gangguan terhadap fisik dan mental kita. Dan pada umumnya, tidur yang dianjurkan atau disarankan ialah maksimal 8 jam sehari, bertujuan agar menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan kondisi tubuh tetap fit.

    Gejala insomnia

    Insomnia ini ditandai dengan kesulitannya untuk tidur atau tidur yang kurang puas. Dan akibatnya, penderita insomnia akan mudah untuk marah dan depresi. Gejala itu dapat menyebabkan gejala lain, misalnya:

    • akan merasa mengantuk pada siang hari
    • merasa lelah saat akan melakukan aktivitas
    • kesulitan untuk fokus dalam beraktivitas

    Kesulitan untuk tidur ini akan membuat penderitanya kurang akan konsentrasi, dan sehingga akan berisiko menyebabkan kecelakaan. Insomnia ini juga dapat akan menurunkan daya ingat seseorang dan bisa juga menurunkan gairah seks, hingga dapat menyebabkan gangguan terhadap fisik dan mental.

    Penyebab dan faktor yang disebabkan insomnia

    Penyakit insomnia ini bisa dialami oleh siapa saja, dan tidak memandang umur. Akan tetapi, penyakit ini biasanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, dan seseorang yang sudah mengalami gangguan pada kesehatan. Insomnia ini disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

    • Stres

    Stres ialah penyakit gangguan mental yang dialami oleh seseorang yang diakibatkan adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari sebuah kegagalan yang individu dalam untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya sendiri. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.

    • Depresi

    Depresi ialah salah satu kondisi medis yang berupa suatu perasaan menyedihkan yang berdampak negatif terhadap suatu pikiran, perasaan, tindakan hingga kesehatan mental seseorang. Kondisi depresi ialah dimana suatu reaksi normal sementara terhadap peristiwa-peristiwa hidup yang misalnya kehilangan seseorang yang dicintai. Depresi juga dapat merupakan gejala dari suatu penyakit fisik dan efek samping dari pemakaian obat dan perawatan medis yang tertentu.

    • Gaya hidup yang tidak sehat

    Gaya hidup memang sudah tidak asing kita dengar, dan di Zaman modern seperti ini, tentulah sudah wajar saja dengan pola gaya hidup sekarang. Orang berlomba-lomba untuk bergaya hidup yang. Apabila seseorang itu terlalu berlebihan dengan pola gaya hidupnya, akan meninmbulkan gaya hidup yang tidak sehat.

    Untuk gangguan insomnia, ada banyak hal yang menyebabkannya seperti yang diatas. Ada cara-cara untuk mengatasinya, bisa secara umum maupun religius. Untuk hal religius, ada cara menurut agama islam, yaitu:

    • Berwudhu

    Berwudhu dalam islam biasanya dilakukan untuk menghilangkan hadats kecil. Tapi ada kegunaan wudhu untuk hal lain, yakni terapi untuk mengurangi insomnia atau susah dalam tidur. Terapi ini biasanya dilakukan sesaat sebelum tidur. Hal ini berguna untuk meningkatkan kesegaran dalam hal pikiran serta ketenangan dalam jiwa. Jika pikiran dan jiwa sudah tenang maka kita pun akan mudah untuk tidur, karena biasanya insomnia berwujud dalam stress pikiran serta jiwa tidak tenang. Maka dari itu berwudhu bisa menurunkan insomnia.

    • Sholat sebelum tidur

    Sholat ialah salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi susah tidur, dengan sholat pikiran kita menjadi tenang dan lapang. Maka dengan itu sebelum kita tidur kita dianjurkan untuk sholat malam terlebih dahulu, agar tidur kita menjadi nyenyak.

    • Posisi tidur yang baik

    Ketika kita hendak tidur, sebaiknya usahakan dengan posisi yang baik, karena kalau posisi tidur kita tidak baik akan mengakibatkan tidur tidak nyenyak. Justru itu sebaiknya tidurlah dengan posisi yang nyaman.(Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Insomnia Menurut Islam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar