PADAN Riau Segera Terbentuk, Datuk Panglima: Mohon dukungan masyarakat

Daftar Isi

    Foto: Jajaran PADAN Provinsi Riau
     
    LancangKuning.Com
    , PEKANBARU
    - Pasukan Dewan Adat (PADAN) Provinsi Riau menggelar rapat pembentukan kepengurusan ditingkat Provinsi sampai ditingkat Kelurahan, rapat dipimpin langsung Datuk Panglima Khairuddin Al-Young Riau berpusat di Jalan Sultan Syarif Kasim no 66, Pekanbaru, Jumat (30/8/2019).

    Tampak hadir tokoh-tokoh muda Melayu dari perwakilan Kabupaten dan Kota se provinsi Riau. Menurut Datuk Panglima Khairuddin Al-Young Riau, S.HI, M.Ag selain agenda pembentukan kepengurusan, pertemuan ini juga sebagai ajang memupuk tali Silaturrahim.

    Sebelumnya, PADAN telah melakukan rapat pada Rabu (07/8) kemarin dengan merangkai mekanisme sebagai rapat awal pembentukan organisasi. Hari ini adalah rapat yang terakhir alias final dalam struktur kepengurusan, pihaknya juga turut mengundang tokoh masyarakat Riau
    seperti Penasehat PADAN Riau Datuk H Ahmad Bebas dan sederetan tokoh Riau lainnya.

     

    Baca Juga: Antusias Peserta, Bupati Siak Harap BMX Local Competition Dijadikan Ajang Tahunan

     

    "Alhamdulillah, hari ini kami akan gesa pembentukan struktur PADAN Riau, dengan melibatkan tokoh Riau, Datuk, Datin, Tuan dan Puas guna menentukan kelengkapan administrasi struktur pengurus," jelas Panglima PADAN Riau, didampingi Sekretaris Dauk Yefrizal, Sabtu (31/8/2019).

    Disamping itu, PADAN Riau akan mengajukan Surat Keputusan (SK) secara resmi kepada Panglima Besar PADAN di Jakarta Pusat melalui Ketua Lembaga Negara Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia Dewan Adat Nasional Republik Indonesia.

    Disisi lain, untuk memaksimalkan pengukuhan dan pelantikan PADAN Riau. Pihaknya beserta jajaran akan terus berusaha memaksimalkan hal-hal yang harus dipenuhi sesuai aturan yang ada di PADAN Pusat. Artinya, pengukuhan ini dianggap sangat penting untuk membentuk kepengurusan PADAN di Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, bahkan ditargetkan sampai ditingkat Kelurahan/Desa.

    Panglima PADAN Riau juga mengajak seluruh masyarakat dan tokoh Melayu, Datuk, Datin, Ninik Mamak, tuan dan puan untuk bergabung sesuai dengan cita-cita, harapan serta kebutuhan kelengkapan struktur kepengurusan PADAN di Provinsi Riau.

     

    Baca Juga: Gubri Ajak Perusahaan Malaysia Jaga Hutan Riau dari Karhutla

     

    Dalam jumpa pers, Panglima Khairuddin Al-Young Riau mengatakan, PADAN Riau hadir untuk menegakan perturan masyarakat adat khususnya masyarakat adat Melayu Riau yang saat ini sangat kecil peraturan itu berjalan. Banyak laporan yang masuk ke PADAN bahwasanya masyarakat Melayu masih tergolong marginal bahkan dimarginalkan.

    "Banyak organisasi Melayu telah dahulu berdiri, namun permasalahan peraturan masyarakat adat dan terkhusus tanah masyarakat masih banyak menjadi permasalahan. Mudah-mudahan dengan hadirnya PADAN Riau bisa memberi solusi bukan menambah polusi permasalahan," ucap Panglima Datuk Khairuddin Al-Young Riau.

    Setali tiga uang, Sekretaris PADAN Riau, Datuk Yefrizal, SE mendukung penuh apa yang di cita-citakan Panglima PADAN Riau, bagaimana Melayu menjadi tuan rumah dirumah sendiri.

    "Kita (PADAN Riau,red) akan bersinergi dengan Forum Juruwarta Melayu Riau (FJMR) serta organisasi Melayu yang masih idealis membela hak Melayu bukan mencari keuntungan pribadi dengan memanfaatkan dana hibah untuk kepentingan pribadi saja," ujar Yefrizal.

    Menurut Datuk Yefrizal, saat ini sudah terbentuk 12 wakil Panglima PADAN untuk mengkoordinir Panglima di seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PADAN Riau Segera Terbentuk, Datuk Panglima: Mohon dukungan masyarakat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar