Apa Itu Lifi dan Apa Perbedaanya dengan Wifi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Teknologi yang kini semakin berkembang dengan sangat pesat nya membuat kita sebagai pengguna menjadi terbantu dan bisa juga membuat kewalahan juga. Dari sebagian banyak teknologi lainnya yang kemungkinan ada beberapa yang sudah membuat kita terpuaskan. Dan mungkin anda ketahui bahwa diluar sana banyak para ahli yang masih mengembangkan teknologi dan mencari teknologi yang terbarunya lagi.

    Salah satu teknologi yang sangat terpopuler dan diinovasikan ialah WI-Fi. WI-Fi yang sering kita kenal sebagai teknologi nirkabel untuk digunakan di sebuah jaringan internet, dan mungkin sebentar lagi akan berubah. Dan ada salah satu ahli yang meneliti hasil dari penelitian sistem yang bernama Li-Fi, sebuah teknologi yang dijadikan cahaya dalam medium pengantar data yang bisa untuk mentransfer data dengan begitu cepat hingga mencapai kecepatan 100 Gbps.

    Wi-Fi ialah suatu teknologi jaringan yang memanfaatkan perangkat elektronik untuk saling bertukar data secara nirkabel (melalui gelombang radio) menggunakan sebuah jaringan komputer, dan termasuk juga koneksi jaringan internet yang berkecepatan tinggi.

    Sebuah alat yang bisa menggunakan Wi-Fi (misalnya komputer pribadi, konsol game video, telepon pintar, tablet, hingga pemutar audio digital) dan dapat terhubung secara otomatis melalui sumber jaringan misalnya internet melalui sebuah titik jaringan nirkabelnya. Titik akses atau hotspot nya hanya dapat mencakup jangkauan sekitar 25 meter didalam ruangan maupun diluar ruangan. Jangkauan hotspot juga bisa mencakup wilayah yang berkisaran sebesar kamar dengan dinding yang menghalang gelombang radio.

    Kelebihan menggunakan wifi

    Kelebihan menggunakan wifi ini banyak sekali diantaranya adalah : 

    • Instalasi yang sangat mudah

    Instalasi yang mudah ialah pada saat proses instalasinya yang cukup mudah. Karena kamu tidak perlu untuk membeli alat dan bahan yang digunakan untuk instalasi jaringan nirkabel. Jaringan berkabel juga sangat membutuhkan banyak kabel UTP sebagai media transfernya. Dan belum juga kamu memasang konektor Rj-45        secara manual ke kabel UTP.

    • Compatible untuk segala jenis perangkat

    Dan pada saat ini, jaringan Wi-Fi tidak hanya bisa diakses oleh perangkat seperti komputer atau laptop, akan tetapi juga bisa diakses menggunakan telepon pintar, android, smartphone, yang mempunyai akses terhadap jaringan wireless.

    • Bisa digunakan dimana saja tanpa ada batas

    Pengguna dapat berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya. Jaringannya sedikit memberi kebebasan dibandingkan dengan menggunakan jaringan kabel yang mengharuskan kamu terpaku disatu titik saja. Bahkan wi-fi sekarang telah dipasang ditempat-tempat keramaian, misalnya cafe, hotel, hingga tempat refreshing lainnya.

    Kelemahan menggunakan wifi

    Kelemahan menggunakan wifi, tidak hanya kelebihan wifi ini juga memiliki kelemahan diantaranya : 

    • Keamanan yang sangat kurang

    Karena wifi bersifat publik, sehingga siapa saja pun bisa menggunakan nya, yang bahayanya ialah bisa saja dimasukin oleh pengguna yang di bertanggung jawab dan digunakan untuk kepentingan negatif. Walaupun jaringan wifi diperkuat dengan menggunakan password, tetapi tidak menutup kemungkinan ada pengguna yang bisa membobol password tersebut atau diretas oleh pengguna yang tidak dikenal.

    Li-Fi ialah merupakan akronim dari sebuah light fidelity yakni sebuah jaringan nirkabel untuk sistem jaringan komunikasi yang juga menggunakan cahaya sebagai media utama nya. Dan teknologi ini tidak lagi menggunakan frekuensi radio konvensional yang terdapat pada Wi-Fi.

    Keuntungan menggunakan Li-Fi

    Keuntungan dalam menggunakan Li-Fi ialah memudahkan pengguna dalam mengakses internet dimana saja hingga wilayah terpelosok yang tidak bisa dicakup oleh nirkabel. Dan selain itu Li-Fi juga dapat mengontrol kondisi lalu lintas yakni dengan cara menempatkan sebuah teknologi terbaru ini ke LED mobil.

    Kelemahan menggunakan Li-Fi

    Meskipun Li-Fi mempunyai banyak keunggulan, akan tetepi Li-Fi juga memiliki kelemahan dibanding sistem Wi-Fi konvensional. Perangkat ini tidak boleh untuk dipindah-pindahkan. Dan dilihat dari perkembangan yang ada, teknologi Li-Fi juga menyimpan berbagai macam tantangan yakni membutuhkan line of sight yang cukup sempurna untuk mengirimkan data. Dan tantangan berat yang lainnya ialah cara bagaimana mengirimkan kembali data ke pemancar secara optimal.(Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa Itu Lifi dan Apa Perbedaanya dengan Wifi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar